Assalamualaikum wr wb.
Akhirnya libur panjang ini membuat AMI memiliki kesempatan lagi untuk menulis di blog ini.
Semua masyarakat pecinta motor tentu sudah mengetahui bagaimana kondisi Yamaha di peta persaingan khususnya di Indonesia. Bisa dikatakan Yamaha sudah kalah telak.
Bagi anda petinggi Yamaha, karyawan,orang dalam atau apalah namanya, inilah penyebab hancurnya persaingan perusahaan Anda versi AnalisaMotorIndonesia:
(maaf jika bahasanya terasa tajam bagi Yamaha)
1.Dibanding kompetitor, petinggi dan karyawan Yamaha merupakan orang yang pemalas! Mengapa dikatakan pemalas? karena dalam mempersiapkan produknya, Yamaha mempersiapkan kualitas produknya dengan sealakadarnya aja, tidak mau capek berurusan dengan membuat design yang wah, keampuhan peforma motor yang oke, canggihnya sistem teknologi yang terdapat pada motor itu. ya, tidak mau capek mempersiapkan motor yang benar-benar unggul, hanya menyiapkan alakadarnya dengan harapan penjualan motor tersebut bombastis. Namun kenyataannya penjualannya terseok-seok. Ingat, konsumen sudah cerdas bung! contoh kecilnya aja: Apakah terpikirkan oleh Yamaha membuat sistem penerangan headlamp pada motor maticnya seperti sistem yang digunakan vario 125 yang sudah DC? AMI rasa tidak akan pernah, Yamaha tidak bakal kepikiran untuk hal-hal yang sampai sedetail itu! Melengkapi dengan fitur yang mudah terlihat aja ogah, apalagi hal yang sedetail itu?
2.Yamaha menerapkan strategi usang! kenapa usang? Yamaha masih ngotot menerapkan strategi melengkapi motornya dengan fitur yang minim, yang akan di upgrade sedikit demi sedikit jika motor tersebut kurang laku. Strategi ini sudah usang bung! karena kompetitor anda telah menyiapkan kelengkapan fitur yang lebih pada motor pertama produksinya dibandingkan dengan motor anda. Adalah hal lumrah jika pabrikan mengupgrade sedikit demi sedikit motornya pada saat penyegaran selanjtnya, namun masalahnya, untuk motor generasi pertamanya, motor Yamaha sudah keliwat minim dibanding kompetitor, inilah inti permasalahannya!
3.Penyebab utama kehancuran Yamaha adalah SALAH STRATEGI ANTARA CITRA MOTOR DENGAN PEMASARAN MOTOR!!! yups, ini yang paling fatal dari semuanya. maksudnya apa? begini, jika anda menjual motor, yang dijual adalah motor itu sendiri. Jika keseluruhan strategi antara motor dan pemasarannya adalah 100%, AMI memberikan nilai 30% untuk Yamaha dalam menyiapkan motornya dan 70% dalam menyiapkan strategi pemasarannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa strategi pemasaran/teknik iklan Yamaha jauh lebih superior/cerdas dibanding kompetitor, namun sangat berbanding terbalik dalam hal menyiapkan motor itu sendiri. Dalam contoh bahasa yang sederhana dapat diungkapkan seperti ini: Ada dua salon kecantikan yang ikut kompetisi kecantikan dengan menurunkan model andalannya masing-masing. Salon A memiliki strategi menyiapkan model yang pas-pasan (jelek) namun akan dipoles dengan teknik salon dengan make-up yang super. Sementara salon B memiliki startegi menyiapkan model yang sangat cantik benar-benar memiliki inner beauty dan akan dipoles dengan make-up yang baik (tidak super). Masalahnya, penonton yang akan menjadi dewan juri dalam menentukan siapa yang paling cantik diantara keduanya itu SUDAH TAHU KONDISI ASLI DARI KECANTIKAN MODEL TERSEBUT SEBELUM DI MAKE-UP HABIS!!! penonton sudah tahu benar bahwa model oleh salon B lah yang paling cantik. Yang namanya orang jelek walau dimake-up secara super akan tetap kelihatan jelek sementara orang cantik walau tanpa make-up saja sudah terlihat cantik apalagi jika di make-up dengan baik! ditambah lagi kondisi kecantikan model tersebut sudah diketahui aslinya bagaimana sebelum di make-up. Yang namanya kontes cantik tentu hal yang berkaitan dengan cantik. atau contoh lainnya. Ada dua kelompok pasukan perang yang akan berperang. yaitu pasukan A dan pasukan B. Pasukan A oleh komando militernya hanya dilengkapi dengan pedang. Sementara pasukan B oleh komandonya dilengkapi dengan pedang dan juga senapan otomatis. Perang berlangsung secara head to head dilapangan terbuka yang saling berhadapan. walaupun pasukan A dipoles dengan formasi yang unik tetap saja akan kalah oleh pasukan B, karena pasukan A sebelum menggunakan pedangnya sudah di tembak duluan oleh pasukan B. Intinya apa, pasukan A kalah dalam persiapan keunggulan yang dimiliki dibanding pasukan B. Yang namanya perang tentu keunggulan senjata, yang namanya motor tentu keunggulan motor itu sendiri!
4.Di segment matic Yamaha memiliki kesalahan dalam strategi penetapan harga tapi tidak berusaha memperbaikinya. Sudah taukan matic apa yang AMI maksud? Tapi tetap saja Yamaha tidak mau berbenah, sehingga kesalahan dalam penetapan harga ini menjadi boomerang bagi Yamaha dengan dicap overprice. Sebuah kesalahan yang harus dibayar mahal.
5.Yamaha saat ini kurang serius dalam riset teknologi peforma mesin, sehingga motor yamaha sekarang peformanya serba nanggung. hal ini menurut AMI karena efisiensi peforma pada mesin kurang bagus. Mungkin akan lebih jelas jika AMI contohkan dalam bahasa simple begini: Tenaga mesin Yamaha 10 PS namun sampai diroda hanya 8PS, sementara tenaga mesin Honda 9,8PS namun sampai di roda 8,8 PS. Artinya, silahkan disimpulkan sendiri.
Demikianlah tulisan ini, semoga masukan dari bloger/konsumen dapat dijadikan cambukan oleh pabrikan motor yang ada di Indonesia untuk dapat lebih kompetitif lagi. Untuk Yamaha, segera berbenah, untuk Honda jangan mudah puas, untuk pabrikan lain jangan mau kalah!
pertamaxxxxxxz……..
amunisi honda blm padam, siap2 pesaing soul GT. pake radiator. AGC..dan pesaing vixion pake double disk, digital spedo, led stop lamp, ban besar, tenaga mantab,
masing2 produsen memiliki kelebihan dan kekurangan…
contoh forged piston pada motor yamaha….piston tempa lbih baik dri piston biasa…forge piston digunakan jg pda motoGp, mobil2 supercar dll…
soal fitur : yamaha memang kurang pada fitur…kebanyakan lbih fokus ke sektor mesin…
soal power matic yg lbih rendah….power lbih rendah nmun gimna dgn torsinya / akselerasi….kebutuhan konsumen pda matic adalah untuk harian perkotaan yg padat…mka akselerasi dipndang lbih dbutuhkan power yg bth RPM tinggi sdng jalan ngga nyampe….power biasanya lari ke top speed…
apakah piston forgen akan menjamin
motor awet sesuai garansi…???? lain
orang lain cara berkendara lhoo…. tidak
sedikit kok mesin motor yamaha lebih
cepet turun mesin dibanding mesin
honda, suzuki, kawasaki…. dengan
umur motor yang sama dan pemakaian
yg sama….. pengalaman sy punya
motor merk x (bkn yamaha) yg
umurnya sdh sembilan tahun masih
mantab buat naik tanjakan terjal
dikampung…. apakah anda tidak sadar
bahwa yamaha jupiter mx sdh
mengalami brp kali upgrade mesin..?
sdngkn honda sangat pede dengan
mesin supra x 125 masih memakai
mesin yg sama dari generasi awal……………. maaf jika kurang berkenan….
yoi masing2 org beda perawatannya, ada yg rutin ada yg males, terbukti tu pnh liat jupi mx ngebul body dh ringsek ada jg yg masih terawat body masih konclong. smuanya tergantung pribadi masing2.
siiiiiippp…..
kalo syamh ttp j pilih yamaha…
keren keren motornya gk kya honda kesannya bapak bapak bgt,dah gitu baju bajunya rapuh bgt dan catnya cepet luntur.amit amit deh pokonya klo sma honda mh ga ada srek coyyy…..sorry y.
maunya cuman upgrade baju macem Honda begitu
forged slinder itu menjamin bos, logikannya kalo emang forged slinder tidak menjamin, tidak akan sampai di pakai di moto gp/ type2 mesin yg penggunannya lebih extrime,
bukan masalah PD bos hehe, secara dasarnya honda yg bermonoton pada mesin itu saja bos dan tidak mau melakukan perkembangan mesin,
melainkan yamaha bukan karna tidak PD, tapi karna perubahan dan ia tidak stak di mesin itu2 saja, selalu membuat percobaan dan riset
Tul itu
Krna selain mengandalkan mesin, motor honda model2nya tdk membosankn kawan, beda dengan yamaha, hanya waktu baru muncul aja kliatannya wah, setahun kemudian terlihat usang modelnya,
kadang mas thole ini sip bgt ya klu koment…. Soal supra125 dan mx itu terlepas dr perawatan masing2 emang kompresi yg cukup tinggi itu menjadi salah satu penyebab utama mx banyak yg ngebul. Buktinya ane ada punya jupiter burhan ane genjot sampe pol2an jg masih ok ampe skrg. Kompresi mesin emang ikut menyumbang
yg penting meraup rupiah sebanyak2nya. serba minim saja Yamaha dah laku, apalagi komplit! satu lg, sumber daya AHM jauh jauh lebh besar dari YIMM. misal modal AHM 10rb n dapat laba 15rb, maka modal YIMM 5rb dg laba 10rb, apakah itu bs diblg hancur? duit 1 M bagi yg punya 1 T tentu nilainya kecil, tp duit 1rb untuk yg kekayaannya 10rb jelas besar. jadi, sudut pandang mana yg diambil untk melihat sebuah kegagalan atau keberhasilan mutlak sangat penting. IMHO
ijin nyimak aja gan,
salam kenal
Di tingkat sales juga yamaha melakukan blunder yakni memprioritaskan yg kredit, contoh tetangga mau beli byson dg cash kudu indent ampe 3bln begitu barang dateng eh yg kridit diduluin. Apa gak mangkel yg inden byson?
memang lelet sih……
widiiiih emang gitu ya…..
http://ochim12.blogspot.com/2012/05/jalan-tembus-membelah-perbatasan.html
apakah piston forgen akan menjamin motor awet sesuai garansi…???? lain orang lain cara berkendara lhoo…. tidak sedikit kok mesin motor yamaha lebih cepet turun mesin dibanding mesin honda, suzuki, kawasaki…. dengan umur motor yang sama dan pemakaian yg sama….. pengalaman sy punya motor merk x (bkn yamaha) yg umurnya sdh sembilan tahun masih mantab buat naik tanjakan terjal dikampung…. apakah anda tidak sadar bahwa yamaha jupiter mx sdh mengalami brp kali upgrade mesin..? sdngkn honda sangat pede dengan mesin supra x 125 masih memakai mesin yg sama dari generasi awal…..
koment diatas buat yg koment dibawah ini :
ipy pada Mei 17, 2012 pada
10:53 am berkata:
jadi intinya, kualitas produknya kurang oke yah dibanding kompetitor? saya jadi ingat dua hal :
– salah satu alasan pengusaha/investor nasional untuk bermain di sepeda motor adalah, karena belum masuk pasar pun, sudah tertinggal dalam riset prouk.
– steve jobs, pendiri Apple Inc, pernah bilang, jangan keseringan orang marketing jadi bos, nanti kualits produk lama-lama bisa turun (karena kurang perhatian, maksudnya). jadi keunggulan produk memang keunggulan jangka panjang perusahaan… 🙂
Dari strateginya aja sudah kelihatan kalo managemen yamaha indonesia memang bobrok
uniknya mereka terlalu pede dan sombong seperti orang autis yg hidup di dunianya sendiri dan gak bisa melihat kenyataan
Dari segi mana strateginya yamaha bobrok bos, sekarang kita lihat secara mendasar, tanpa di adakan panggung2 dangdut/atau promosi, yamaha sanggup bersaing dgn vendor, apalagi di adakan event2 promosi?
logika
oo emang begitu ya di dalem manajemen Yamaha??.. sbenere forged piston itu memang bagus n layak dipertahankan tinggal fitur2 lain yg canggih & KREATIF yg harus ditambahkan banyak… tergantung nniat untuk berubah apa nggak… sperti contoh dunia smartphone android (SAMSUNG) vs blackberry… 2 kompetitor itu kalo gak saling memperbarui model/keluar model baru (berarti menciptakan standard baru) dah pastiii ditinggal ama konsumennya.. Blackberry masih bertahan dengan BBM sedang android teknologinya dah kemana-mana->google gitu loh.. harga juga android lebih murah tp kaya fitur teknologi… nah sebenere di dunia industri istilah KAIZEN itu harus terus dilakukan yaitu improvisasi terus menerus sehingga tercipta sebuah standard baru dan konsumen dimanjakan dg hal itu sehingga menjadi kebutuhan, contoh lagi teknologi ramah lingkungan liat aja besok kendaraan2 yg paling ramah lingkungan udah pasti banyak dicari krn suatu saat itulah yg kita cari di bumi kita yg penuh polusi ini (standard baru lagi kan??)teknologi karburator–>injeksi–>hybrid–>elektrik solar cell–> dll… sekarang tinggal SDM nya mau melakukan / tidak… jadi marilah saling berkompetisi yg sehat.. salam industri “go green”
klo masalah pengukuran power via dynotest merek dyno jet 250i buatan amerika,saya setuju sekali pengukuran power melalui roda belakang,rata2 motor2 honda memang unggul di banding motor yamaha kususnya,padahal dalam kelas yg sama cc motor honda lebih kecil,klo mau bukti silahkan test sendiri,bisa di brt/di taruna motor solo,(yg punya dynojet 250i
Yamaha beli bautnya dari GM5 sih… Coba dari GM1 atau GM2 …. Pasti OK..dijamin deh…hehehe
ga ngaruh orang mau bilang apa,w hobby sama yg mana’a oprek mesin dan vega r new yg w pake sekarang blm ada yg bisa gantiin sama bebek lainnya kelas 110-125cc. Untuk kondisi standar aja udah enak dipakenya. Apalagi untuk di korekk,udah jadi rahasia umum klo banyak mekanik balap yg suka sama mesin generasi crypton-vega-jupiter dan sampe sekarang masih tetep eksis. Klo lu orang yg tau/hobby sama yg mananya mesin motor ga mungkin ngomong mesin generasi crypton-vega-jupiter itu jelek,apa lagi cuma di bandingkan sama jenis astrea/blade,sama mesin karisma125/shogun125 aja masih mampu disejajarkan. Kecuali klo yg ngomong tukang ojek/bapak2 yg setengah baya pasti bakalan milihh honda karena terkenal agak irit. Jujur untuk kualitas mesin generasi vega zr-jupiter z new memang masih sedikit dibawah generasi crypton-vega-jupiter,lewat jupiter z1 yamaha kembali meng-upgrade kualitas mesinnya. Tpi klu untuk ketersediaan part mulai dari standar sampe yg racing yamaha masihh nomor 1 dibandingkan motor lain.
bahasa kasarnya:
klo tukang ojek/bapak cocok pake honda
Klo anak muda cocok pake yamaha/suzuki
kalo lu tukang becak wakakakaaka
hiduup SUZUKI
KONTOL
ane sering perhatiin club” motor dari motor bebek sampai motor sport paling banyak orang tua tuh motor ninja/vixion,kalau cbr malah banyak yg sekolah/kuliah
Joz artikelnya,maju truzz…
Yamaha hrus intropexi diri…
anda yg intropeksi, sejago apa anda buat motor?
klo emang ga bsa ga usah usil, kadang teori tak semudah praktek
Hahaha ada yg marah…karyawan yamaha ya??? ^_^
karena yamaha mempromosikan hal yang gak keliatan.contohnya forged piston,tapi tenaganya kalah dari honda. konsumen perlu bukti nyata, bukan bukti yang cuma skedar diklaim bagus tapi nyatanya masih kalah dengan kompetitornya. kelebihan yang bisa dikatakan semu..dan tak bissa dibuktikan
soal tenaga sih boleh agak lamban,sing penting trek lurusnya brow….
wekekekek lagi sakau ya, tuh power DOHC kok bisa KO melawan power SOHC, tuh si cibi, kok bisa kao dengan NVL aneh bin ajaib kalau bilang Yamaha itu kalah dengan kompetitornya
hidu DUCATI Monster
ni pasti yang punya honda bapa bapa samuo yo….
kayanya sih begitu HAhahahahaha
Ranca bano
Takana juo
setres
Waduh rame bngt, kayak pasar. klo Saling ngotot gontok- Gontokan ga ada habisnya, yg ada malah tawuran antar geng motor hahaha……! SEMUA ADA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA! biar fakta dan masyarakat yg menilainya. namanya org klo dah suka atau hoby dngan kesukaanya kalian mau apa? ga ada yg nglarang sElamA ga melanggar UUD dan HAM. mang situ mau maksain produk masing2? yg ada masyarakat malah akan membenci produk anda.
halah buktinya indonesia mnang hanya pkai bambu runcing.belanda dgn senjata yg serba canggih
yamaha lebih unggul dari sektor mesin.buktinya yamaha rx king tahun 1997 pnya gw makin tua makin yahut tu motor.yamaha vixion gw juga mantap di acelerasinya mesinnya pun mantap
dan yang jelas gak kenal tuh yamaha dengan tanki bocor atau tanki kemasukan air
dan honda dengan body yang gampang getar dan cat yg cepat pudar, macam lagu rossa
Kalian komentar pada ga bisa bikin motor sm cuma bisa makai aja…banyakan mulut ngoceh wae cocote..tetap bersaing secara sehat mas bro..Koooplak semua.
silahkan dilihat n dikunjungi masbro
tAi ucing
g kebalik tuh analisa
liat tuh body honda,bobrok gampang peach,kualitas plastiknya,Ky plastIK es.. itu Yang namanya kualitas….. Dan siapa yg ngekor matic Ama vision….? analisa Nya g liat fakta….
liat tuh body honda,bobrok gampang peach,kualitas plastiknya,Ky plastIK es.. itu Yang namanya kualitas….. Dan siapa yg ngekor matic Ama vixion….? analisa Nya g liat fakta….
yang ngekor siapa ya?fino ngikutin scoopy, vixion ngikutin CBR …….. kaya handphone aja permasalahin bentuk body, b3g0…..b3g0…..
hah vixion ngekor sama cbr?
hahaha
orang satu ini ga tau motor
logika klo vixion ngekor sama cbr, yg jelas2 memakai vairing, berarti cbr ngekor sama rxz dong, dan seterusnya saling ekor mengekor haha
pikirr
Ini yg posting bloon n bego jga orgnya.
Kmu jga konsumen doank, ngomongnya selangit.
Sok tau u!!
Itu semua postingan, tw drimana u.
U bnyak ngarangnya.
Fuck
tanyain bos, emang dia udah punya riset atau bukti otientik sampai bsa menyimpulkan seperti itu? haha
terimakasih pembahasan sampahnya.gue berani taruhan,elu gak sanggup beli,ato ditolak leasing,elu jadi begini,kekanak-kanakan,kalo mau motor sempurna,elu buat aja sendiri.
apapun komentar,y…!
Yamaha semakin didepan..!
yang bikin tulisan ini kykx gak punya otak, bisax cm kritik n menghasut ngomong doang ngalur ngidul, coba ente yg bikin motor, bisa gak? cm dapat beli n pake aja dah sombong! dasar o’on ente.
honda = mesin dari masa ke masa, semua jenis motornya hampir pny basis yg sama, hny size aja yg bedain. body cepet ancur, getarnya bikin malu. catnya gampang pudar, mending bikin warna kyk bunglon yg gampang berubah. dasar murahan.
berani bertaruh deh gwa bang, yg buat ni artikel pasti EFBEHA
liat yang ada aja mas bro, forget piston dipilih karna awet
diasil cylinder dipilih karna tahan terhadap panas.
b3go b3go
Akh honda gk kreatif sllalu ikut dsain yamaha
konsumen yg tahu mana motor enak power bawah,menengah,atas.mana motor yg enak stop and go,mana yg irit ,yg enak handling ,performa dan pengereman.
asal jangan jadi fanatik merek.
mendewakan produk,semua punya kelebihan dan kekurangan.