Terkejut Dengan Peforma riil Vario 125 PGM-Fi vs Xeon 125 Head to Head di Jalanan!

Assalamualaikum wr wb.

Selamat siang.

(Tulisan ini tidak bermaksud negatif, hanya murni dari rasa penasaran AMI sebagai konsumen dan masyarakat umum.)

Baiklah, tulisan berikut termasuk dalam tema “komparasi motor”. Kebetulan dapat momentum yang tepat untuk membuat tulisan. Mungkin banyak masyarakat atau biker yang penasaran akan peforma dari skutik baru honda, Vario 125 PGM-Fi, secara dari design sangat oke mengungguli design kompetitor lainnya, secara teknologi dan harga sudah oke banget. Tentu yang membuat penasaran adalah bagaimana peformanya? karena ulasan para blogger yang sudah melalukan test drive vario 125 mengaku cukup puas akan peformanya. Bukan hal mustahil bagi rider yang tidak memiliki Vario 125 menjadi sangat penasaran.(Tentunya bagi pemiliki Vario 125 sendiri juga penasaran pengen diadu dengan kompetitornya:p)

Membaca tulisan ini mengingatkan AMI akan gaya  tulisan Mas Rudi Triatmono dengan test drive motor ala anak jalanannya. Dalam tulisan inipun komparasi  secara tidak sengaja dan tidak direncakan terjadi di jalanan. Ketika speed freak ketemu speed freak dengan merek motor yang berbeda ketemu di jalan, sudah terbayang apa yang akan terjadi. ( harap jangan ditiru perilaku seperti ini, hal ini hanya boleh dilakukan pada saat dan kondisi tertentu saja yang memungkinkan.)

Dulu, ketika Vario masih 110 CC, rasanya bisa dikatakan bukan lawan yang seimbang terhadap Xeon 125 CC. Nah, sekarang Vario sudah menjelma menjadi 125 CC dan sudah selayaknya menjadi penantang yang sepadan terhadap Xeon, Hayate dan Skywave 125.

Honda Vario 125

Yamaha Xeon 125

Suzuki Skywave 125

Sudah 3 bulan semenjak launchingnya Vario 125, baru minggu ini ketemu dengan rider yang agresif(speed Freak). Dirumah, AMI ada beberapa motor dari merek yang berbeda , Honda dan Yamaha. Jika lagi pengen praktis, AMI menggunakan motor matic, Xeon.Kebetulan, ketika hari Rabu kemaren, ketemu rider Vario 125 yang agresif, wah sepertinya bisa nih di godain untuk tarikan, cuma sekedar memenuhi rasa penasaran akan peforma Vario 125. Langsung aja betot gas memburu rider tersebut, dan ketika dia akan menyalip mobil, langsung AMI potong duluan jalurnya, jika sang rider adalah speed freak yang lagi buru-buru, tentu dia akan terpancing dan akan mengejar AMI yang tidak sopan memotong jalurnya ketika hendak menyalip kendaraan di depannya. Ternyata benar, rider Vario 125 warna hitam putih menguntit dari belakang, bahkan sempat menabrak buntut Xeon, mungkin karena telat nge-rem, tapi it’s oke.

Suasana makin mendukung ketika kami terjebak di lampu merah dan berada pada baris paling depan. Akhirnya kesampaian juga keinginan untuk hal yang satu ini. Menunggu lampu merah berubah hijau rasanya membuat jantung berdebar dan adrenalin naik, karena baru kali ini mencoba tarikan dengan Vario 125, yang AMI sendiri belum ketahui sepak terjangnya :p.  Jujur, sempat terpikiran rasanya akan kalah, karena ulasan dari berbagai bloger mengatakan tarikan Vario 125 sangat enteng dan hal ini sempat membuat down juga.

Tapi, keinginan untuk memenuhi rasa penasaran sudah mendapat momen yang tepat dan di depan mata, hadapi aja dengan senyuman. Ntar kalau kalah cukup dikasih tanda jempol aja, selesai perkara. :p

Detik-detik perubahan lampu hijau makin dekat, kami berdua sudah siap-siap dengan posisi masing-masing. Kami berdua berada sedikit di depan pengendara yang lain. Jadi, rasanya sudah sangat jelas kalau kami berdua sudah deal tanpa isyarat untuk tarikan.

Dan ketika lampu menyala hijau….

Brrrrrrr,,, berbarengan langsung betot gas poll melewati jalan lurus yang sepi. Apa yang terjadi????

Vario 125 tertinggal cukup jauh di belakang. Ketika di awal-awal Vario tertinggal sekitar 2 body di belakang, dan ketika sampai diujung jalan yang berkisar 170-an meter dari titik awal, terlihat dari spion Vario tertinggal sekitar  5 meteran, AMI tidak tahu berapa pastinya tapi menurut feeling sekitar 5 meteran kurang atau lebih. wow benarkah dengan apa yang terjadi? Rasanya AMI sangat tidak puas, malah tidak percaya dan penasaran makin menjadi. Pertarungan berlanjut di jalan Salemba raya yang lurus namun agak ramai. Nah, disini, lagi-lagi AMI mendapat informasi tambahan,sang rider Vario agak kesulitan bermanuver di keramaian, selap-selip diantara kendaraan lainnya. Mungkin karena body motor yang lebih besar dari Xeon sehingga kelincahan menjadi terganggu. Ketika AMI terjebak kendaraan dan diovertake oleh Vario, rasanya dengan mudah lagi oleh Xeon untuk mengovertake Vario karena kalah dalam hal kelincahan manuver. Pertarungan berhenti si lampu merah menjelang mangga dua sebelum pelintasan rel kereta api, dan sejauh itu terlihat Vario kesulitan untuk mengejar Xeon. Terus terang AMI tidak puas karena ini baru 1 sampel, dan jalannya pertarungan lebih didominasi dengan kondisi jalan yang ramai lancar, yang mana dengan kondisi ini faktor skiil dan kelincahan manuver sangat menentukan. Yang AMI inginkan adalah benar-benar riil dari peforma motor bukan faktor skill.

Mungkin minggu ini AMI cukup beruntung, karena pada hari Jumat nya, AMI memiliki kesempatan lagi untuk mencoba peforma Vario 125 vs Xeon. Yup, bertemu di stasiun lenteng agung arah kedepok, motor Vario 125 warna biru putih yang terlihat mengejar Vixion. Tidak menyiakan kesempatan karena kurang puas dengan hasil sebelumnya, langsung saja ikut nimbrung. Kondisi jalanan lagi-lagi ramai lancar. Menjelang Margo City, antara Xeon dan Vario 125 saling bergantian overtake, hal ini tidak lain disebabkan oleh faktor kendaraan yang menghambat. Vixion sendiri sudah jauh meninggalkan kami.

Nah yang menarik selepas Margo City, terbantu oleh lampu merah. AMI berusaha mengambil posisi paling depan dari pengendara lainnya melalui jalur sebelah kiri. Sementara rider Vario agak terjebak oleh motor yang berada di depannya, namun termasuk posisi depan. Seiring waktu, rider Vario mampu keluar dari hambatan kendaraan yang berada didepannya. Dia mengambil posisi paling depan di sebelah kanan.

Ketika lampu berubah hijau, rider Vario sedikit lebih dulu membetot gas motornya dan disaat itu posisi Vario berada sekitar 3 meteran di depan Xeon. Disinilah, lagi-lagi antara percaya dan tidak, dijalan yang lurus, sepi tanpa adanya kendaraan yang menghambat, Vario sangat gampang di overtake! Rasanya tarikan awal Vario 125 tidak ada bedanya dengan Vario 110, bahkan mungkin lebih nendang tarikan awal beat! Sampai SPBU Shell, Vario 125 sudah tertinggal dibelakang tapi AMI tidak tahu berapa, mungkin sekitar 2 atau 3 meteran. Apakah itu yang dimaksud blogger yang mengatakan kalau tarikan Vario cukup smooth (maaf lemot)?  Apakah itu pengaruh bobot Vario yang mencapai 112kg(kosong)sementara Xeon 103kg(isi). Ataukah jalur lintasan yang kurang panjang? Ada yang bisa memberi masukan?

Menurut analisa AMI pribadi, mungkin karakter Vario 125 ini sama persis dengan Skywave 125, yang mana motor ini akan terasa galak jika kecepatan motor sudah masuk kecepatan diatas 100km/h.

Dan ketika ada ulasan blogger yang mengatakan top speed Vario 125 adalah 126km/h, hal ini sangat membuat kagum, namun pertanyaannya apakah ini didapat saat kecepatan menurun, ataukah karena deviasi speedo Vario 125 yang terlalu besar? Menurut AMI, deviasi Vario 125 cukup besar, mungkin sama halnya seperti deviasi speedo Mio lawas. Silahkan bagi blogger untuk menguji berapa deviasi Vario 125.

AMI pernah melihat video top speed Vario 125 dengan standar tengah yang diupload oleh blogger. Disana terlihat topspeed mentok di 120km/h. Namun itu dengan kondisi tanpa rider, jika ditambah dengan bobot rider, mungkin top speed Vario 125 akan mentok di 110km/h dan 115km/h jika lintasannya lumayan panjang. Di Video itu juga terlihat pergerakan speedo dari 100km/h menuju 120km/h cukup cepat, sehingga menurut AMI karakter Vario 125 kurang lebih sama dengan Skywave 125.

Sekarang, bagaimana karakter Xeon 125? Xeon memiliki karakter cepat dari 0-80km/h, sangat galak dari 80-100km/h, dan kedodoran (lemot) dari 100-110km/h. Top speed mentok di 110km/h.

Dari pengalaman, antara Xeon vs Skywave, Xeon kalah setelah memasuki kecepatan 105km/h, disaat itu Skywave 125 terus melenggang meninggalkan Xeon. Namun, dibawah kecepatan itu Xeon unggul jauh dibanding Skywave. Top speed Skywave 125 menurut feeling AMI sekitar 115km/h.

Selanjutnya, dari dua kali pengalaman AMI Xeon vs Vario 125,  terlihat Xeon mengungguli Vario, namun uniknya, ketika Xeon sudah memasuki 100km/h on speedo, belum terlihat adanya tanda-tanda Vario mulai mengovertake. Tapi menurut prediksi AMI, Xeon akan kalah dalam segi top speed. Pertanyaannya sekarang, butuh panjang lintasan yang berapa untuk Vario mulai mengovertake?

Sekian dulu tulisan ini, nanti jika mendapat kesempatan lagi  akan AMI tulis lagi hasil selanjutnya yang head to head, dan pertanyaan yang belum terjawab di jalanan adalah  pada kecepatan berapa Vario mulai mengovertake Xeon?.Ataukah imbang? Silahkan berbagi pengalaman. Sekali lagi, tulisan ini bukan untuk alay-alay-an, tapi hanya untuk memenuhi rasa penasaran akan peforma motor.

regards.

About these ads

456 thoughts on “Terkejut Dengan Peforma riil Vario 125 PGM-Fi vs Xeon 125 Head to Head di Jalanan!

  1. Untuk Vario 125, Teknologi yang diusung memang top, akselerasi memang ok, tp untuk desain masih suka vartech lama, untuk akurasi speedo, penyimpangannya memang terlalu jauh, pernah touring bareng rekan, cibier ane jalan di kisaran 108 -110 km/h gak pernah lebih, vario rekan katanya jalan 115 dan gas sudah mentok, tapi kq berada di blkang cibier, malah lama2 tmbah jauh dan semakin jauh, yang ada cibi nurunin speed di kisaran 100 – 105 km/h biar bisa memperpendek jarak dengan rekan.

    Salam One Heart,,

  2. xeon emang galak untuk akselerasi, redponsf dan lincah untuk manuver.
    sayang masih pake 2 klep, andaikan 4klep kaya mx dan vixi.. tambah ajib lagi performanya

    • Gua pke xeon..pas djln tarikan apa vartech 125…
      Busyet dah gua gak terkejar…vartech jauh d blkng…eh bru sadar gua klu tnaga vartech ntu galak banget ….lama-klamaan gua ktinggalan jauuuuuuh banget …karna gua brenti ngisi mnyak d spbu….wakakak…huahaha …..
      Vartech mnang iritnya gua akuin..mklum …injeksi…

      • Ga tuh mas. Xeon karbu ga boros2 amat. Gw pake pertamax bisa dapet 1: 35. Mungkin dari cara bawa juga. Sperti kita ketahui. Klep xeon tuh paling gede di banding semua rivalnya. Seukuran klep sonic. Tapi, saran buat teman2 pemilik xeon, sebaiknya pulleynya dicustom deh. Udah banyak bengkel yang tau. Xeon karbu saya bisa dapet 120 km/h pada trek 400m. Just info, xeon karbu saya keluaran 2010. Km8033. Mesin full original. Cuma cvt doang di custom. Dan vario juga bisa tuh di buat sebengis xeon akselerasinya. Tengan teknik custom yang sama dengan xeon. Vario saya dengan di custom cvt bisa imbangi akselerasi xeon rc yang terbilang galak. Tanpa mengorbankan topspeed dan oprek mesin. Tk

    • Gw pake xeon injeksi, tarikannya ama beat injeksi adik gw aja kalah, apalagi ama vario 125 injeksi adik gw juga….gw masih ga tau bagaimana agar xeon gw tarikannya kayak Honda. Gw pengen jual aja nih xeon….

      • Itu ga mungkin mas. Aku juga ud nyoba. Beat bukan tandingan xeon. Dan fakta, gw uda banyak komparasikan motor. Kita ga boleh merusak blog dengan menjelek2kan sesuatu.

  3. tu kan xeon menang, ayo bli xeon skrg…tp bro AMI karakter honda galak di Rpm atas…dan ymh lemot di rpm atas, ibarat kata honda bangun saat teriakan mesin menjerit smtra yamaha tidur.

  4. wk wk wk wk wk wk …. kirain MENGEJUTKAN = MENGAGUMKAN. Taunya ….. (riview para blogger tentang Vario 125 terlalu berlebihankah ???)

        • klu di xeon CDI nya limiter mas, kebangetan tuh yamaha. 110km/h udah mentok ga naik2 lagi. malah banyak xeon yg lain mentok di 100-105km/h.
          tp klu menggunakan CDI non limiter, mungkin naiknya kurang lebih 5km/h aja.
          klu ingin top speed naik, ganti dengan CDI non limiter, knalpot racing, velg jari-jari, ganti per kopling/CVT, imbangi dengan BBM pertamax/plus atau Shell super/extra, gunakan roller berat(top speed), roller ringan (akselerasi), gunakan PJ/MJ yg 1 step diatas standar dan baguskan sektor pengapian.
          selain top speed, akselerasi bakal meningkat.

          • tambahin lagi..katanya sih klo mau cari TOP speed pada yamaha xeon.coba ganti per cvt variasi pny vartech 110, bisa napas lebih panjang cm akselerasi kurang, begitu juga vartech klo mau akselerasi nendang coba subtitusi per cvt variasi yamaha xeon, yg katanya bakal ningkatin akselerasi bawahnya.cmiiw

          • tp kok xeon ane mentok di 115 ya gan??? :D
            tarikan dr 100 sampe 115 juga gak lama…
            tu pun di jalan yg gak terlalu ramai, nyelipnya sumpaaaah, bikin panas rider jalanan tp gak ada yg bisa ngejar..

      • yang gw rasain sama, kebetulan dirumah ane ada BEAT(adik), VARIO CBS(adik), SKYDRIVE(bini), XEON(adik), MX Kopling(gw) DAN CS1(gw). akselerasi yamaha 0-90km, memang oke tapi untuk selebihnya memble, mungkin ini karakter pabrikan kali ya, soalnya ane rasain yang sama untuk MX vs CS1. tarikan MX enteng banget untuk sampai pada 90KPj, selanjutnya memble. Kalo CS1 berat banget untuk sampai 90KPJ, selanjutnya enteng banget. gw selalu pakai BBM oktan 95, apapun motor yang gw pakai. ada pengalaman lain yg gw alami, kalo MX gw sdh panas banget, gak bisa lari, gas mentok cuma 95KPJ

        • ane pernah punya cs 1 2008 top speed 109kpj berat ane 90kg
          trus dijual k karyawan di bawa pulang kampung 140kpj beraT 50KG AN
          kondisi jalan semua lurus….thx

      • sekarang anda cari lagi yang sudah lebih dari 4 bulan beli vario 125, nanti akan terasa perbedaannya, motor baru masih sayang untuk di trex

    • yamaha paling baik d ajang road race jg,honda cuma jd penonton..haha.wlaupun sy pnya mtr hnda sy mengakui..yamaha the best,contoh speed,striping ,body,sperpart mrh,cuma aneh honda mtr sederhana laku y?bingunyamaha paling baik d ajang road race jg,honda cuma jd penonton..haha.wlaupun sy pnya mtr hnda sy mengakui..yamaha the best,contoh speed,striping ,body,sperpart mrh,cuma aneh honda mtr sederhana laku y?bingunyamaha paling baik d ajang road race jg,honda cuma jd penonton..haha.wlaupun sy pnya mtr hnda sy mengakui..yamaha the best,contoh speed,striping ,body,sperpart mrh,cuma aneh honda mtr sederhana laku y?bingunyamaha paling baik d ajang road race jg,honda cuma jd penonton..haha.wlaupun sy pnya mtr hnda sy mengakui..yamaha the best,contoh speed,striping ,body,sperpart mrh,cuma aneh honda mtr sederhana laku y?bingung..

  5. Emang karakter vario 125 itu galak di putaran atas kayanya…
    Soalnya ane ngerasain bawahnya emang agak lemott..
    Mungkin krn aplikasi roller berat juga (18 gr)..

    Baru pernah test speed sma beat, vario 110 n mio cw..
    Bawahnya malah kalah ma ketiga mtr diatas, tpi jarak lewat 50km langsung overtake.. :D

    Nb : pada saat test kondisi malam dan jalan sepii..
    Takut bikin celaka klw jalan rame adu kebut.. :D

    Klw msh penasaran om AMI bisa ngetest sma vario 125 ane.. :D

  6. nih ada yg mau test…
    kayaknya kemarin yg di lawan masih punya penyakit ngempos..
    tp aq masih sangsi vartech bisa ngalain xeon kuali dah di racuni..

    • jangan lupa yah racun vixi nya dikasih tau? hehe ngarep.bgt.com….:p
      vartech yang mana mas? 110 apa 125?
      klu yang 110 cc, sepertinya susah dh ngalahin xeon jika keduanya sama-sama standar.
      untuk 125 cc, saat jarum speedo xeon menunjukkan angka 100km/h lebih sedikit, belum ada tanda-tanda vario mulai mengovertake. itu dari 2 sample vario 125 yang telah AMI “coba”.

      • Ya itu bro..yg namanya motor injeksi bebek ato matic..dr pabrik pasti dibuat irit…kecuali injeksi buat sport..jd g fair kl nyandingin antara karbu standar dgn injeksi standar..udah pasti kalah akselerasi yg injeksi..

        • jelas xeon unggul kan udah teknologi mesin balap, di udah pake diansil cilinder dan forget piston ( putaran rendah, tenega besar), nah kalo vario 125 cuma menang injeksi aja. lg ngapain topspeet yg di andelin mending aseleresi bang,,, lg juga jalan jakarta macet,,,

  7. hem…kayaknya tuch rider vario 125 terlalu ngurut gasnya (masih baru sich :p)…aq justru byk tahu dari mekanik Yamaha di Jogja untuk matic injeksi baik Yamaha maupun Honda kalo mo cepet akselerasinya harus berani bejek gas langsung soalnya kalo ngurut gas pasti ada gejala nahan di kisaran 55 – 60 km/jam (economic speed) en belt terasa getar karena memang seperti itu cara kerja injeksinya yg kejar efisiensi irit bbm…beda banget kalo gas langsung dibejek habis cmiiw

    • kalau AMI dulu waktu xeonnya masih baru, memang sering bejek gas langsung, ga manjain motor. sampai sekarang tidak ada efek dari inreyen.
      xeon ini karakternya sedikit aneh, kalau dibawa pelan, lama-lama akan terasa berat tarikannya.

        • Saya jg pake xeon 2011 standar..kendaraan khusus telat ngantor..prnah ngasepin tiger start lampu merah..tp ya cma jarak 500m..udah gas abis tetep mentok..akhirnya d over take..tp kayaknya pengaruh velg yg cma 14inch..tp dibandingin dgn matic yg injeksi..emang gak bsa dibandingin dgn matic karbu bos..standar karbu suply bensin udah tinggi di putaran bawah..apalagi xeon pake cuk otomatis..kl injeksi..semuanya dibatasin oleh sensor..kan standar injeksi dibuat untuk irit dan ramah lingkungan..kecuali injeksi motor sport..emang dsetting buat ngebut..kl xeon smakin dibawa ngebut..emang ngebut..akselerasi mantap..tp ya itu bensin brasa borosnya..full tank..k kantor 12km paling buat 3 hari dgn catatan pulang pergi gas pol..

  8. emang mas tarikan bawah var125 payah ,,, ane dh coba langsung var125… lbh cocok utk turing kayanya.. tenaga kerasa asik pas speed lewat 80km/jam. ane dh tes motor var125 ane bru nyampe top speed 110km/jam dispeedo. pas ane tes ane jg pke hp android yg udh di install gps speed. di gps speed terekam max speed motor ane cm 100km/jam pd saat itu.

    • lumayan jauh ya penyimpangan speedonya. sama persis dengan speedo mio lawas, yang penyimpangannya sampai 10km/h.
      jadi, yang AMI simpulkan dari informasi Mas Febri ini, tarikan vario baru enak mulai dari 80km/h dan top speed 110km/h, sementara tarikan bawahnya agak kedodoran. kalau begitu agak susah kyknya vs xeon, karna dari 0-80km/h xeon lebih unggul dr vario, xeon lebih galak dari 80-100km/h, pada kecepatan segini agak susah buat vario overtake xeon, namun xeon mulai kedodoran dari 100km/h dan top speed mentok juga sama di 110km/h. mungkin peluang vario agak tipis untuk overtake di atas 100km/h, karna top speed sama di 110km/h plus deviasi speedo.
      thanks infonya.

      • nampaknya bro AMI belum paham soal mesin. saya coba jelaskan yamaha menggunakan kruk as model bulan sabit (klaimnya C teknologi balap) karakternya lincah di tarikan awal sedangkan rpm atas lama naiknya sedang honda kruk as bulat karakternya enak di RPM atas. honda mendesain tarikannya smoot supaya mesin (CVT/Roler dll) lebih awet. padahal kalo nemu performa v125 sebenarnya mungkin xeon akan mudah diovertake walaupun kubikasinya tdk berubah.

        • Bung amat (@pengamat) lam kenal sebelumnya.. posting yg ditulis oleh bang AMI adalah ulasan seputar performa motor yg mempunyai kelas yg sama yang kemudian dinilai olehnya dr uji lapangan..rasanya anda kurang tepat klo menyombongkan diri hanya utk mnginformasikan masalah jeroan mesin ! jelas berbeda ! terlebih motor yg beda pabrik,.
          Thanks

  9. Jawabannya sangat simple…. Yaitu, pemilik vario sayang sama motornya yang masih baru… Jawaban lainnya yaitu… Orang ngebut bukan berarti mau ngetrek… Tapi cuma ngejar waktu… Masa bodo yg lain nganggep adalah lawan ngetrek… Lewat…lewat aja nyet… Sebodo amat….

  10. next xeon injeksi dgr2 pake mesin nouvo sx ya?kompresi sama 10:9, power 10,42 hp dan torsi 10,47 Nm. tunggu xeon injeksi aja ah tahun depan hihihihihi, katanya sih major change total perubahan ke injeksi+Desainnya…

        • YIMM suka nunggu kecolongan baru bertindak, masih merasa pelopor matic padahal udah tinggal kenangan.

          Sebetulnya banyak model Yamaha yg mumpuni di luar kayak Nouvo SX (matic) dan R15 v.2 (batangan), sayang yamaha sini sukanya keluarin model2 yg ketinggalan jaman makanya dilibas Honda dengan sukses.

  11. hehehe….
    padahal pada berkoar2 tarikan vario 125 kencang, bahkan ada testimoni dari peserta tes ke bali dulu kalau tarikannya kayak di jambak……

  12. SERUNTULAN DIJALAN SAJA SAMPAI DI POSTING.

    KALAU ADA ORANG LAIN JADI KORBAN / MENINGGAL KARENA KETOLOLAN ANDA DI JALAN UMUM BAGAIMANA ??

  13. tapi xeon memang ok kok brow,dari segi body lebih stabil karena gak terlalu tinggi/nungging kayak vario menurut ane,kalo tes speed pernah sich…to xeon ngajak speed di jl sepi…mantap juga kok,mungkin sekitar 117 kpj,karena di spedo motor ku waktu to jl 125 dia satu body di belakang,kenceng juga to ya si xeon hehehehe….

  14. Gue tidak terkejut dengan performa vario 125 kalah sama xeon 125. Karena memang menurut gue Vario 125 itu dibuat bukan untuk mengejar performanya saja. Bisa dibayangin Helm in + bodi gambot + suspensi tinggi + injection + jok lebar Dll (berat) Vario 125 dibuat untuk Pas performanya dijalan raya and Pas bisa bawa barang2 banyak and pas Iritnya. dulu pernah punya Xeon memang xeon sangat unggul di performa tapi cuma itu saja..kalau gue beli belanjaan bingung taronya kalau konsumsi bensin masih lebih boros xeon gue dari pada ninin 150 gue.

    • ya, dari fisik memang sudah terlihat karakter/fungsi dari motor tersebut.
      carilah motor yang karakter dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan kita.
      boros juga ya xeonnya? :p
      kalau AMI 1:40 – 1:42 per liter. ga ada yang istimewa dari komsumsi bbm nya.

      • Tau tu Xeon gue aneh. gue kira karena masih baru jadinya boros. Setelah 1 tahun lebih pakai aga lebih irit dibanding dulu masih baru jadi 1:30. Akhirnya gue jual ajalah kebetulan Vario 125 baru keluar. jadilah sekarang pakai vario 125.

  15. Kalo ane perhatiin, roller xeon 10 gr buat ngimbangi rasio cvt teringan kl ga salah 2,3 an. Cuma efeknya top speed yg melempem karena roller terlalu ringan. Kalo rasio belt cvt vario 125 sekitar 2,6 an (jauh lebih ringan banding xeon) makanya bisa dipake roller berat 18 gr. Kemungkinan AHM nyeting vario buat touring di jl tol ya, hehe…
    Salam kenal…!!

  16. Iya sih om, menurut ane Vario emang diseting buat jalan jauh.. Ane make vario 125 dari Karawang ke Depok rasanya nggak ada capek sama sekali, suspensi juara lah pokoknya, udah gitu irit, di speedo sih dapet 115kpj lah (fyi ane jalannya malem).. Tapi ane kurang yakin kalo vario 125 ane bisa ngasepin xeon, soalnya belum di test :D ada sih 2 temen pake xeon tapi yang satu udah gak std lagi, yang satu lagi std tapi nggak dirawat.. Salam kenal om dari Tria :D

    • Salam kenal juga Mas Tria.
      kalau soal enaknya suspensi n halusnya tarikan emang bagus matic honda. bantingannya lembut. kalau untuk top speed rasanya sih nyaris imbang deh, tp ga tau yah karna juga belum di coba. menurut AMI mungkin 115kpj di speedo vario sama dengan 105 atau 107kpj d speedo xeon.
      btw, jauh amat om perjalanannya karawang-depok? dalam rangka apa tuh? malam2 lg. hehehe.
      saran aja nih, dengan kompresi motor 11:1, sebaiknya vario jangan terlalu sering diisi premuim, selingi dengan pertamax plus/ shell super extra 3x seminggu.

    • jiahaha ada om Tria. xeong ane standar kok bro, masih pelan heheu makspid cuma 107km/h on gps speed record.. pelan-pelan aja deh, pertamax mahal coyyy. sayang buat digeber-geber. cepet bais. sayang nyawa juga cuma punya atu -_- slow but sure wae lah bro :]

        • abisnya songong sih, kalo ga songong mah dibiarkan melaju saja lah om heheu pepatah mengatakan ngebut adalah ibadah, semakin ngebut semakin dekat dengan tuhan~ but keep safety riding. ntong seseledeukan pisan mawa motorna.

  17. keluargaku pny skywave dan skydrive, dan top speed keduana cm 105 km/jam, berat rider 72 kg. Dah berkali2 dicoba mentok cuman segitu tp tarikan awal jgan ditanya..ban blkng sering spin

    • motor matic itu sangat sensitiv dengan berat Mas, so, jika motor skywave ada yang dapat 115kp ataupun 105kpj, itu semata-mata karena perbedaan berat aja. mungkin jika Mas bawa xeon atau vario mentoknya di 100kpj. :P

  18. acara balapnya mantap bro.. Kl pake motor high speed malah joss. Tak doain smg ente pny ninja rr atau 250r biar bs nyoba kec 170 km/jam. Para bloger blm ada yg ngetes ninja rr ampe 190 km/jam atau 250r ampe 170 km/jam

    • Udah pernah bro icip 848 Evo nya sohib ampe 240km/j , gak berani tambah barang pinjeman sih wkwkwkwk tp itupun pas msh di Jogja jalan sepi ringroad aspal baru hehe

    • ntar jadi ga standar dunk motornya?
      pengen perubahan yang ekstrim apa yang sedang2 aja?
      klu pengen yang sedang2 aj, nih resep dari AMI:
      1.ganti PJ/MJ kepunyaan New jupiter MX(yg 5 speed) Rp. sekitar 105 ribu
      2.pakai 9power 2 biji. Rp. sekitar 80 ribu
      3.ganti oli tiap 1500km
      4.bbm minimal pertamax.
      dijamin peforma naik sekitar 15%
      jika pengen hentakan di putaran bawah, ganti per kopling dengan kepunyaan nouvo Rp. sekitar 10 ribu ( 3 per)
      total peforma akan naik sekitar 20%.

      dengan spek ini, tak jamin motor sdr Rangga ga bakal kalah dr matic lain yg std, dan akan mudah mengalahkan motor 110/115 CC yang sudah pakai knalpot racing pd kec di atas 80kpj.
      bagaimana dengan motor 125 cc pakai knalpot racing? 0-80 kalah tipis, imbang pada kec di atas
      80kpj-90kpj. menang tipis di 90-105kpj, akhirnya akan sedikit kalah jika xeonny udh mentok d top speed akibat pembatasan rpm.
      tp, harus siap dengan konsekwuensi BOROS. 1:30 klu ngebut, tp klu bawa
      santai tidak begitu jauh berbeda dengan kondisi standar.

      resep ini harap jangan salah digunakan untuk alay-alayan. tp klu sekedar hobi dan sensasi aj sih gpp.

      sebenarnya kondisi topspeed motor standar berbeda-beda tergantung perawatan dari ownernya. banyak kok xeon standar yg topspeednya 110kpj atau bahkan 115kpj tanpa menggunakan resep/racun apapun. tp kalau dirasa kurang, silahkan gunakan saran diatas.

      kalau masih kurang puas, nanti tak kasih resep level 2. kalau masih kurang puas juga, masih ada senjata rahasia level 3.

      oke, salam kenal jg.

  19. Hehehe, abis jenguk temen om.. Vario ane sih minum shell super, kalo shell gak ada ya pertamax.. Gimana Xeonnya om? Sehat? Vario ane baru aja servis perdana nih.. Heuheu

    • minumnya shell super, trus kalau makannya dikasih apa ? hehehehe….
      wah,,, lagi asik-asiknya tuh motor. dirawat om, motornya dah keren, yg punya juga harus lbh keren, jgn smpai kbalik. hehe..:p
      oooh, kalau si keong sih baik2 aja, ada tuh d garasi, lg dikandangin. salam kenal aj buat varionya kata dia hehehe….
      stress.com

      • Untungnya vario nggak suka makan om :D cukup minum aja, kata vario ane salam balik tuh.. Heuheu, ngaco.. Sering lewat margonda om?

  20. article Bagus bro…sayang ane dah g minat sm keong, karbu n minim fitur, ane naksir sm vario 125 atw soul GT. Liat kompresi vario yg kudu minum pertamax, jdi mikir lg…gmn dgn soul GT?

    • salam kenal Mas d3ycobain.
      setuju, kita membeli motor harus dipertimbangkan value yg didapat dari motor trsebut. mengenai antara xeon dan vario, sangat wajar jika konsumen tidak melirik xeon, karena xeon yg sekarang kalah dalam segala hal dari vario 125, kecuali di bagian peforma. dulu, AMI memilih xeon disaat kompetitornya vario 110, karena xeon lebih unggul disektor teknologi dan mesinnya dibanding vario 110.
      mengenai pertanyaannya, saran AMI, pilihlah motor yg benar2 membuat kita puas. kalau Mas suka sama Vario, pilihlah vario, jangan karena bbmnya bukan premium jd dibatalkan niatnya. Namun, memang benar disaat kita akan memutuskan membeli motor, harus diperhitungkan efek jangka panjangnya. baik dari segi buget, cara perawatan, kondisi ketersediaan jenis bahan bakar di daerah tempat tinggal, dll.
      kompresi vario 125 adalah 11:1, lebih tinggi dibandingkan xeon yang 10,9:1 dan ini bbm standarnya adalah yg setara dengan PERTAMAX PLUS. tapi sangat banyak konsumen yang memberi xeonnya premium dan hal ini masih aman2 aja. tentunya peforma motor akan turun, tidak sebagus jika diberi pertamax plus, dan ada berpengaruh juga terhadap mesin terutama pada ruang bakar. namun jangan takut jika membeli vario 125 mesti selalu isi pertamax plus, masih bisa kok diberi premium tapi di selingi dengan pertamax plus. tapi tentu ada konsekuansinya jika varionya diberi premium terlalu sering, yg jelas power akan turun, dan untuk vario AMI belum bisa memberikan apa efek jangka panjangnya jika diberi premium karena kompresinya yg sangat tinggi.
      bagaimana dengan soul GT? jujur, dari semua produk Yamaha, soul GT inilah produk yang finishingnya paling rapi. desainnya sangat elegan. jika buget terbatas, soul GT ini sangat layak sebagai pilihan. kompresi motor ini 9,3:1 artinya sangat2 aman jika selalu diberi premium. namun jika ingin peforma motornya bagus, silahkan diberi pertamax. mengenai peforma soul GT, tentu ga jauh beda dengan mio j. bagaimana peformanya? berdasarkan pengalaman vs mio j, motor ini lumayan susah dilewati oleh xeon. menurut feeling AMI, jika mio j ini diberi knalpot racing dengan segala penyesuaian settingnya, maka xeon akan dibuat kelabakan dari putaran bawah sampai atas, namun rasanya xeon sedikit unggul tipis di top speed. mio j/soul GT didesain untuk kondisi kota/ kondisi yg lebih sering stop n go, dibuat gesit untuk selap selip.

      KESIMPULANNYA:
      Vario 125= keren, soul GT= elegan dan rapi.
      Vario 125= masih aman diberi premium, tp tdk blh terlalu sering ( berpengaruh thdp power dan sektor pembakaran, tp efek jangka panjang jika selalu diberi premium AMI belum bisa menjawab)
      soul GT= aman di beri premium.
      semoga bisa membantu.

  21. aq juga pake vario 125, buat tarikan awal emang awal² kaya gtu… kalah sama yang laen, tapi kalo udah mulai ke > 60 kpj, udah bisa nyalip sana dan sini… sementara yg udah aq uber dan aq asapi masi mio ma beat… untuk xeon malah belumm
    soalnya yang pake xeon pas tes ini vario cewe, jadinya bukan speed freak deh..

  22. pernah saya menggeber vario 125 milik pribadi… memang tidak salah, top speed tembus 115 km/jam kondisi jalan lurus dan cukup sepi, dan saat tes drive nglawan shogun 125,,, hehehe hasillnya si shogun tak mampu mengovertake pada rpm tinggi dan kebetulan jalan sangat mendukung lurus pool, untuk tarikan bawah… aku bersujud kalah deh,, tapi buat kec tinngi 100km/jam ke atas, boleh dunk… sombong dikit,, walau lawannya shogun, heheh, tapi gak tau juga kalo si pngendara shogun kurang bringas nancep gasnya….

  23. tulisan adventorial yg mengingatkan kalau mau motor matic yg kencang, boros, non helmin ya pilih xeon. dan jika menginginkan motor hemat, enak dikendarai, bagasi luas multi fungsi ya pilih Honda Vario 125

  24. 125 pgm fi responsif klo menerut gua, top speed mentok di 115 kmh, gua da coba dengan jarak tempuh sekitar 40Km lebih Dengan Konsumsi minyak kurang lebih 0,8 liter.. lumayan irit dengan tenaga segitu. yg pasti gak ngecewain deh Vario 125…

  25. Abis pake motor yang tarikannya joss, trus pindah ke motor yang lemot, jadi mesti sering liat rem, kepikir jangan-jangan brake-pad-nya nggak/belum balik… hehehe…

  26. salam kenal :D

    mantap nih ngetrek dijalan sampe di ulas dimarih …hehehe
    ngetrek boleh boleh saja.. yang penting tetep safety riding :D

    btw gak nyangka sama performa xeon yah, dan yang lebih gak disangka performa vartech125 harus rela berada dibelakang xeon hahaha…

    keep posting :thumbup:

  27. agak melenceng sih….tapi kemaren vario 125 PGM-Fi di lalap meter ma supra x 125 PGM-Fi
    top speed 120km/h soalnya saya cuma mbuntutin di belakang pake revo 100cc, g kuat naik lagi dah mentok…hahahahahaaa(lokasi jl.klaten-jogja)
    tarikan awal emank metik lebih yahuttt….

    menurut pengalaman xeon emank kenceng di tarikan awal(bawah) 0-100km/h…
    tapi klo soal top speed tetep ngacir vario 125 PGM-Fi

  28. kalo vartech 110 ane aneh gan.. top speed cm tembus 102km/jam… tp kalo ktmu vario2 lain selalu bs ngasepin mreka,,padalah di spedo keceptnnya sama.

  29. wew ane pake vario 125 emang lemot tarikan awal mungkin karena body kali yah ,tpi motor gw bukan buat balap sih buat gayaan doank trs sama sistem stater nya ga bersuara itu yg membuat makin sayang sm vario 125 teknologinya ajib :D

  30. yang membuat artikel ini pun juga orang honda pecinta hondut juga sales hondut…..sama aja bohong…..pasti iklan kecap nggak mngkn di nomor 2 kan,pasti di nomer 1 kan….!! yg pake xeon nya kali gak bisa dlm mengendarai maticnya, tampilan tetep xeon lach…..dr segi blkang dan samping…,liat aja tuch vario nya,jk di lihat dr belakang dombleh begitu…..,serta temen ku jg py vario FI nopol B 3719 UWQ tenaga boleh kata temen ku,tp ada syg nya kata temen ku,trkadang skl lg terkadang ada suara ngurok dr mesin nya sdh komplain ke honda,tp kata dealer honda dewi sartika,memng karakternya vario FI memang begitu suara nya,tdk perlu kuatir krn garansi mesin 3 tahun,dealer berkilah krn kompresi vario nya tinggi,

    kalau krn kompresinya yg tinggi kenapa kompresinya cbr 250 mskpn jauh lebih tinggi kok nggak NGOROK mesin nya……?????

  31. kalau soal enaknya suspensi n halusnya tarikan emang bagus matic honda. bantingannya lembut. kalau untuk top speed rasanya sih nyaris imbang deh, tp ga tau yah karna juga belum di coba. menurut AMI mungkin 115kpj di speedo vario sama dengan 105 atau 107kpj d speedo xeon.
    btw, jauh amat om perjalanannya karawang-depok? dalam rangka apa tuh? malam2 lg. hehehe.
    saran aja nih, dengan kompresi motor 11:1, sebaiknya vario jangan terlalu sering diisi premuim, selingi dengan pertamax plus/ shell super extra 3x seminggu.
    ================================================================
    saya baru beli vario 125
    apa tidak apa-apa gonta ganti pertamax-premium…???
    saya masih pake pertamax sih….

  32. menurut aq yg punya blog ini orangx yamaha,mkanya hanya yamaha yg slalu di unggul2kan,klo memang jantan aq mw tantang ama beat.atw vartech 125 punya gua(mau standar/tune up) berapapun truhanya gua ladenin(hrs di atas 20 jt)…

  33. Salam kenal gan

    Saya si ketemu xeon blm pernah penasaran juga…tp kl ketemu new mx udh pernah di bawah emang ketinggalan 1 meteran tp di atas mx di belakang 5 meteran….

  34. Salam kenal gan

    Penasaran juga ketemu sama xeon abis blm pernah….ketemu sama new jupi MX…bawah si ketinggalan 1 meteran tp di atas selang 150 meter mx ga ada apa2nya….

  35. Assalamu’alaikum..

    Salam kenal…
    Saya pengguna KYMCO TrendSR-125 2007 dan KYMCO easyJR-100 2007 ijin lewat…
    pada seneng ngebut ternyata yaa…
    xixixixixi….

    Hati-hati ah….
    oya, AMI sekali2 coba KYMCO donk…. ^_^

  36. Kalau saya gak suka ngebut, jln paling 60km, itu juga jarang, soalnya ngganggu yang lain apa lagi sampai potong jalan, biasanya kalau mu balapan bagusnya di arena, itu baru saya salut! gak ganggu yang lain

  37. Ayam Sayur ikut nimrung
    ya! itu bagus kalau di arena/sirkuit banyak tandingan, kalu di jalanankan tempat transportasi maaf nih karena saya pernah kesenggol orang yang suka ngebut di tempat yang gak ada tandinganya pasti saya gak ada-apa apa dibandingan dengan yang biasa balap
    hebat dehh selamat yah, mudah mudahan cita cita untuk semua sebagai pembalap tercapai! Aminn

  38. ya emang sesuai prestisi honda & yamaha.. kalo honda semakin panas mesin maka semakin galak tuh,, putaran atas honda jauh lebih unggul dr yamaha.., lain dg yamaha,. mesin yamaha berkarakter galak di tarikan awal & tengah, tapi udah loyo kalo putaran atas…
    gak cuma xeon.., vixion & bahkan R15 india pun senada,,. semakin gas ke atas, mesin semakin loyo & lemot,,

  39. Kebetulan kedua motor ini ada di rumah ane gan….. ane coba review dikit ya….

    Vario 125 PGm-Fi:
    Kelebihan:
    1. Bagasi Gede
    2. Fiturenya lumayan yahud, dari mulai odometer digital ma standar shut off
    3. Pemakaian BBM kurang lebih 1 : 45-50km (pertamax plus) kl jalannya ga macet
    4. Combo Brake yang (CBS)
    5. 125 cc so kalo tarikan awal lumayan Aselerasi) bolot tapi kl dah diatas 40-50 baru berasa
    6. staternya dah halus ga kayak versi lama
    7. Shockbreakernya lembut
    8. pake pendingin liquid so lebih stabil panasnya

    Kekurangan:
    1. Bodynya gede Banget (kompensasi bagasi gede) so kalo tuk orang yang kecil agak susah bawanya apalagi kalo harus meliuk2 diantara kemacetan
    2. suka ngorok ….. (sudah banyak dikeluhkan)
    3. posisi coil dibawah dan busi relatif rendah so kalo lewat genangan air kudu hati-hati
    4. kalo parkir ditempat yang relatif kejemur panas… body suka bunyi kemeletek
    5. standar shut off kudu sering rajin dibersihin, kalo jorok lama-lama jadi kelemahan karena suka bikin mesin mati mendadak n ga mau hidup
    6. Injeksinya masih pake yang konvensional jadi besar hasil injeksi masih kurang sempurna
    7. rasio kompresinya tinggi banget 1:11,4 kayak motor balap so hati-hati… biasanya daya tahan mesinnya agak kurang karena tuk rasio segitu biasanya harus pake pertamax plus keatas
    8. kl dipake dg sistem stop-go-stop agak berat larinya (karena gede kali ya) so relatif lbh boros

    Soul GT
    Kelebihan:
    1. Bodynya kompak so kalo tuk orang yang badanya kecil lebih pas dan lebih bisa meliuk-liuk dimacetnya lalu lintas
    2. aselerasi ok jadi kalo tuk diajak jalan stop-go-stop kayak dijakarta lebih ok
    3. koil posisinya diatas demikian juga dg busi (bedanya dg vario kira-kira 15-20cm) so kl lewat genangan air tinggi agak tenang
    4. pemakaian bbm dalam kota (macet sedang) bisa 1:45-50 (pertamax) kalo luar kota bisa 1-50-55
    5. Rasio kompresi mesin 1:9.3 so masih aman minum pertamax atau sekali-kali (terpaksa) minum premium
    6. desain macho dg lampu depan ok
    7. sistem injectionya relatif lebih modern jadi lebih responsif

    Kekurangan:
    1. Bagasi kecil
    2. Bodi kecil jadi kalo boncengan berdua saja sih ok… tapi kalo nyelipn anak ditengahnya sempit tp lebih lega dari honda beat
    3. fitur minim (cuma ada sensor check engine) ga ada standar shut off atau combo brake so kalo lupa angkat standar kl dr berhenti suka ngebanting
    4. pendinginnya masih konvensional alias pake angin
    5. Shock breakernya agak keras

    itu kira-kira sementara ini kesan-kesan saya dari memakai kedua motor ini agan-agan… so silahkan ditentukan sendiri pilihannya

  40. beat sama vario 125 saya kalah jauh tuh..
    karna trek nya sangat panjang.
    vario 125 trank ny harus panjang ..
    xeon sama vario 125 juga kalah xeon …

    VARIO 125 PNG TREK PANJANG pasti menang gan.sis.
    jng takut kalah

  41. ini mah blog yg isinya tentang arogansi si blogger.
    ane sih gak yakin vario 125 tewas lawan xeong..xeong ente beradu aja dulu lawan vario 110, menang head to head lawan yg 110 aja udah bagus (walau mustahil menang xeong ente)
    gimana mao head to head sama yg 125..hahaha..NGIMPIII !

  42. semalem saya pake xeon 125 th 2011 mencoba beradu dengan new vario 125 injeksi,, dan apa hasilnya,,, pada tarikan awal xeon jauh mengungguli vario 125,, itu faktanya,,, tp krna trek yang sangat panjang dan jalan agak berbelok dimalam hari dg kondisi ban depan yg gundul,,, sy kmbali diovertake,, krn gak mau mengambil resiko,,, tp sy puas dg tarikan dr accslerasi dan kelincahan xeon,,, mungkin ditrek panjang yg luruss baru xeon dapat dikalahkan (jd inget saat lorenzoo vs stoner di moto gp),,,itupun bila jalan sepi,, oh iyaa sy melaju pake xoen dg +- 115km/jam,,

  43. ane ga pihak sm siapa pun, tp pas mlm minggu kmarin ke puncak.. gas mentok vario 125 tmn ane 105 km/jam. tp di axelo ane dgn kcepatan yg sama baru 95 km/jam. bahkan tanjakan puncak vario 125 tenaganya drop. ga cm 1 vario 125, tp ad 3 yg bgtu smua.. malah kalah tenaga sm scoopy untuk tanjakan. bahkan sm skywave pun ketinggalan padahal berbody besar.

    • bohong ente. tes sama vario 125 ane dan ente pake xeon sama2 standar. motor ente menang saya kasih cuma2 motor saya plus bpkb. di mane rumah ente??? tenaga bawah, tengah sampe atas ane jamin xeon ente ane kentutin. kalau ane menang, xeon ente dengan senang hati ane bakar.

      • waduh om, hati2 loh, emang udah fakta vario 125 kalah akselerasi. lawan beat ama vario 110 aja baru bisa menang diatas 70km/h. sering ngeliat xeon vs vario125 di lampu merah, vario kalah jauh.
        so, santai ajalah, jangan emosi gitu.

  44. Bo.ong tuh!!
    Cma faktor rider vario nya aj yg kurang persiapan .
    Masak xeon bisa kalahin vario!

    Gue rider vario 125 sndiri , n gaya kendara gue bsa d bilang agresif . Terlebih kalo lagi ngejar waktu .
    Gue aj prnah uji coba tarikan antara vario gw ma xeon pnya tmn yg uda d gnti knalpot R9, velg ring 17 , karbu tnpa filter
    Sedang vario gue standar .
    Hasilnya pas d lampu merah coba ane tarikin ma tuh xeon , hasilnya gue bentot gas skitar lebih dr stngah , it xeon kalah 2 mteran dah . .
    Pernah juga pas shabis pulang skolah ane iseng ikut balapan liar , Vario ane aduin ama 2 mtor skaligus : Skywave, vartech 110 . Buat vartech uda gag dlm k.ada.an standar. .
    Karbu uda ganti karbu PE , Velg r17, knalpot Kodox/merk lokal,uda oversize 115cc

    Waktu starting , emang si vartech 110 itu mlaju dluan , tapi ane gag mau kalah . Ane tambah gas si vartech it langsung keselip ktinggal 4 mter d kcepatan 80Kpj . Dan si skywave dari starting cma brada d urutan trakhir karna memang kondisi mtor saat it standar .

    Soal speedo pernah ane jalan bareng vixi tmen ane dan sama sama liat speedo mtor d kcepatan Vario 125 90kpj dan d Vixi juga 90 lebih 2 strip . Jadi selisih juga gag bnyak bnyak amat tuh!!

    Pernah juga ane kejar top spee Vario 125 Ane sampe 120kpj Gas masi bsa tmb tapi nyali ane yg uda abis . Dan bersamaan dgn it Temen ane yg pake Bajaj pulsar 200 cc ane buntutin karena wkt it j 2 malem jadi jalan sepi dan track cnderung lurus !! Pas ane tanya k temen top speed brapa ? 115kpj jwb.a. .
    Yg gue heran , pdhl speedo Bajaj pulsar trkenal lebih akurat , jadi intinya selisih speedo nya gag BANYAK .

  45. Xeon vs Vario 125 ? Vario nya kalah ?? Hmmm , perlu diliat spec inti nih .. Bore n stroke emang sama” 52,4 x 57,9 .. Tapi coba deh intip roller nya , lebih besar vario 125 kan ? Itu sebabnya Var125 susah buat tarikan awal ..
    Itu pertama .. Kedua , bensin .. Bisa aja var125 pake premium , karena emang yang dibutuhin minimal pertamax/shell super/total perf. 92 , alhasil tenaga mesin jadi gak optimal ..
    Ketiga , rider nya :D ini hal yang paling penting dari semua faktor ..
    Jadi , jangan menyama ratakan semua rider yg ada di dunia ini bro .. Apapun motornya kalo yg bawa bego mah sama aja ..
    Regards

    nb: gw pake var125 bensin shell super extra (kadang total perf. 95) , setting ECU+injector n koil MSD Ignition TCI buat motor mah udh bosen ngentutin xeon kohar n mio bore up 150cc mulu -_- jadi jangan ngerasa paling kenceng dong bro .. Diatas langit msh ada langit , dan gw jg gak ngerasa paling kenceng kok .. Msh banyak diluar sana motor yang bisa ngentutin motor gw

  46. setuju aku bisa nyalip xeon saat speedometer ku diatas 90km/jam
    aku pake spin standar pabrik saat start sama” dilampu merah dan memang niat balapan sama saudara yg baru beli xeon setelah dia 1000km

  47. Saya punya Hayate 125….. kata orang Hayate keong di kelas 125….. tp ternyata nggak jg… berapa kali saya harus menang sedikit dr vario 125…. xeon pernah beberapa kali lah…. pernah jg kalah sih…. wkwkwkwk…….. walaupun sebenarnya saya sekarang ga suka2 jg ngebut2an…. udah gak jamannya jg kali ya….

    Oia… buat info aja…. motor terkadang ga selalu bisa diliat dr spek aslinya…. kadanag ada yg smooth…. kadang ada jg yg beringas…..

    Sya ambil contoh Hayate saya dengan Hayate teman kantor saya…. sama2 standart dan beda 2 bulan saja umur Hayate kami, odometer cm beda 300 km…. sama2 pake Pertamax Plus juga…. sama2 servise di beres yg sama juga… kebetulan rumah kita sama2 di bekasi. tapi Hayate teman saya itu sering sekali ketinggalan sama Hayate saya….

    Pernah karena penasaran kami berdua keluar malam2 di kawasan bekasi….. dapet suasana jalan sepi kami coba adu kemampuan Hayate kami berdua… lebih dari 5 lap Hayate saya terus trus di depan…. makin penasaran, kami coba tukar Hayate…. pun hasilnya sama juga….. loh…. ada yg salah…??

    Rupanya dr sejarah hayate kami berdua ada satu perbedaaan yg mencolok…. ketika inrayen (1600 km pertama) teman saya memanjakan hayatenya, gas ga lebih dr setenga dipelintir. kecepatan ga lebih dr 50 kpj.
    Terbalik dengan Hayate saya…. di 100 km pertama hayate saya tembus 100 kpj… gas pol… rem… gas pol… rem… hahahaha….. memang agak resiko juga….. tapi gpp… kan garansi mesin 3 tahun…. hahaha

    Believe it or not…..

    Buat agan AMI…. banyak faktor yg bikin Vario jd lambreta gan…..dan kebanyakan vario 125 salah minum jamu, dengan kompresi 11:1 Vario diwajibkan minum PERTAMAX PLUS…. nah.. kebanyakan rider vario msh ogah2an kasih PERTAMAX PLUS ke varionya….. PERTAMAX biasa aja (diatas kertas) sebenarnya masih blom cukup buat dijadiin jamunya Vario 125
    so….. banyak faktor lah yg bikin motor keliatan tidak berdaya…..

    Hayate saya pernah 2x loh… ngelewatin CBR250…. Pernah juga waktu itu Ninja 250 juga tak berdaya sama hayate saya…… itu Ninja 250 standar….. CBR250 jg standar sih…. bedanya CBR250 lg di STANDAR samping, yg NINJA 250 lg di STANDAR tengah…. kelewat jauh loh sama Hayate saya…. xixixixixi……………

    Oia… mohon maaf buat yg ga terima klo Hayate saya berapa kali lewatin Vario sama Xeon…. jangan diajakin tarung ya….. apalagi sampe tarohan…. nyali saya tipis gan….. :p

    • hahahaha wah AMI ada pengalaman yang sama nih mas, tentang NINJA STANDAR. jd waktu itu lg skotlet variasi si keong dengan tema motogp, ada 4 org sih yg ngerjain variasinya. nah waktu itu ada motor suprafit butut milik si tukang skotletnya, AMI sentil dah, “ni motor masih bisa lari bang?” langsung dijawab” eh jangan salah, gini2 NINJA STANDAR aja lewat!” ditambah dengan pengakuan yang serupa oleh 3 rekan yang lainnya. AMI sih ga pecaya begitu aja, tapi dengan mimik wajah mereka yg serius membuat jd rada2 percaya dan tidak. dah hampir 10 menit AMI kelimpungan kahirnya mereka bilang NINJA yang lagi di STANDARIN.. oassssseemmm…. malu bgt karna telak dikerjain…

  48. Hmm… Mungkn bnyak faktor yg membuat v125 sprti itu slh satunya Bensin yg ia pakai dan rider itu sendiri, penglaman pribadi saya, baru beli vario 125 warna hitam dan KM dibwh 500.. Saya bertemu Xeon di awal” jalan Poris Plwd Tng tanpa mikir panjang karna penasaran sm prforma ini motor saya langsung nyalip silang itu xeon yg lg ngebut (tidk ptut dcntoh hnya untuk kndisi pnasaran hehe) dngn penuh emosi lalu xeon itu lngsung wuss ngejar v125 saya, saya ulurkan gas sdikit agar dia lewat sedikit stelah itu saya bejek habis”san ini motor yg masih msa kinyis”, bukan apa” xeon yg ngebut hbis”an saya susul dngan lumayan mudah dan sepanjang jln poris tng itu Xeon tidak bisa mengejar v125 saya yg tepatnya sm” ngebut” habis”an… (Nunduk) , ini hnya peng pribdi saya.

  49. buat masukan aja ada 1 hal yang bikin vario 125 seolah2 lemot ternyata kondisi busi bawaan pabrik yg ternyata gampang mati en bikin mesin seperti tertahan di 20 km speedo….setelah busi diganti gejala mbrebet langsung hilang….bukan BC tp kenyataan lha busi aja servis kedua lgs diganti gratis ama Astra Siliwangi Semarang….cuma ada 1 yg gak hilang2…fitur ngorokkkkk wkwkwkkwkw

  50. Kalau aku sih tetep milih VARIO.se X honda ya tetep honda…
    Kalau yamaha NO!
    Ga’ ada ketertarikan nya sm se X…!!
    Suka niru2 honda,ga’ pnya ide atau kreasi tersendiri,aku pnya xeon ja ,aku jual kembali dan beralih ke HONDA beat dan vario CBS techno,,,
    irit ,gaya ,keren dan berkualitas…!!!
    Sedangkan mio mudah berasap…
    Dan suka mati2 sendiri..
    Apaan tu

  51. Gan ane pengguna xeon 2012.. Setau ane, ane udh test xeon sama vario125.. Xeon lebih menang di tarikan awal karna bobot xeon lebih ringan di banding vario125.. Karna honda ciptai vario125 injeksi bukan di buat kusus motor lari, maka vario di rpm 100 ,vario baru mulai galak karna boringan yang tipis.. Sedangkan xeon boringannya tebal makanya xeon topspeed 110km/jam. Saran ane buat pengguna xeon kalo mau 125km/jam coba pake oli mesin FK massimo GT scooter+saringan karbu di buka dikit.. Plus info xeon tabung cvt 6bulan sekali harus di bersihin.. Supaya cegah gesekan pulley.. Xeon lebih berisik suara mesin , vario125 lembut tarikan awal agak kalah sama xeon.. Ini cuman sekedar info aja :D

    • cuma pake oli aja mas? dimana belinya?
      yah kalau xeon baru vs vario baru, saya yakin xeon lebih unggul lah sampai kecepatan 110km/h. tp klu diatas itu kurang tau yah. kalau saya sih lebih baik menang tarikan dari 0 sampai 110km/h daripada menangnya cuma diatas kecepatan 110km/h aja. ga enak bgt diasepin terlalu lama dan butuh trek yang terlalu panjang untuk menyalip lawan.
      kalau xeon tahun 2010 vs vario terbaru yah kira2 xeon masih sanggup menang lah dari 0-100km/h. diatas itu mungkin baru bisa disusul perlahan2.
      sekedar tambahan info juga

  52. mungkin tuh vario nya kena penyakit ..
    skrg2 kan penyakitnya vario nyendat di putaran bawah -.-”
    jd ntuk aksel agak lemot gtu..

  53. Waah..jujur gw kaget bgt baca ceritanya. Gw pemilik Honda Vario 125 wrna merah hitam. Awalnya sblm gw mmtuskan utk membeli Honda Vario 125, gw bnyak melakukan prcobaan dgn motor2 matic berCC 125..sprti Xeon, Skywave, Hayate, bahkan spin pun gw coba. Dari ke 3 motor tsb pnya keunggulan dan kekurangan masing2. Kesimpulan yg gw dpt matic 125 mlik Yamaha msih lbih unggul dr pd matic 125 milik Suzuki. Baik dr segi performa dan style. Gw smpt kcewa krna Honda blm ngeluarin matic 125. Sampe akhirnya pda akhir Februari atau tepatnya awal maret, Honda launching mtor anyarnya yaitu yg gw harepin, Honda Vario 125.
    Gw bruntung krna tmn ad yg lgsg beli tu motor dan gw bs nyobain tu motor. Alangkah kagetnya gw krna trnyata Honda Vario 125 trnyata jauh mlebihi harapan gw. Style menarik, mesin ok dan yg paling penting tarikannya TOP bgt. Gw gak mikir panjang lg, besoknya gw lgsg beli Vario 125 tsb.
    Bukan brmksud menjelekkan pabrikan lain, tp gw sllu ngacir jauh kl duel dijln dgn matic lain yg berCC sama. Gw sering berduel dgn Xeon dan Hayate, hasilnya gw bs unggul jauh. Memang benar kl Vario 125 lmbat stlh start, tp jika kt pintar mngatur gas saat start maka gak btuh wktu lama bwt mncpai kcepatan maksimal utk mengovertake lawan. Mungkin penilaian yg gw kita buat berbeda2, trgantung keadaan di jalan dan trgantung pengendara yg bawa motor itu. Tp sjauh ini gw masih mngakui kl Honda Vario 125 msih unggul performanya di banding matic lain. Bahkan gw jg sering berduel dgn sesama Vario 125, dan hasilnya imbang, beda tipis.

    Keep respect for all..

  54. Salam kenal bro,wah sayang aku belum naikin vario yang baru,kata istri biar bapaknya saja yang naikin pertama,weleh2 jadi pengin cepet pulang nich,maklum udah 4 bulan ditengah laut,kalo daku naik motor paling speed 50-60 saja boss,maklum udah tua hiks hiks hiks,alon alon yang penting sampai en safe cos cuma nganter anak sekolah

    • vario cocok buat orang yg berbodi besar.xeon buat yg berbodi slim,vario memang irit.tdk cocok buat uggal uggalan,suara mesinnya ngorok.pdhl br dipake bbrp bulan.bodi nya gak seimbang dgn ukuran ban,kalo xeon boros bbm.tp cepat dan gesit.cocok dgn bobot dbwh55kg.kalo aq kira.xeon yg tercepat.walau aq tdk punya.cm pengalaman d jalan raya.xeon cepat0-100km .mengaggumkan.tp sayang.boros boz

  55. pernah coba vario PgM fI 125 cbs,, vs xeon di jalanan sekitar 300meter, awal tarikan serasa Lebih enteng Vario ketika Gas di putar penuh,, tapi Kalah cepat dengan Xeon sekitar 100meter Kedepan, ktika di speed 80an,,

  56. pernah coba vario PgM fI 125 cbs,, vs xeon di jalanan sekitar 300meter, awal tarikan serasa Lebih enteng Vario ketika Gas di putar penuh,, tapi Kalah cepat dengan Xeon sekitar 100meter Kedepan, ktika di speed 80an,, tapi ketika masuk 200meteran Vario Melibas dengan cepat…

  57. klo vario 125 gue,,,top speed perjalanan pulang/berangkat kuliah dari tulungagung-malang 117kmph …megapro n vixion standart ane lahap abis,,Pokoknya serasa Raja jalanan,,,dan tulungagung-malang dgn jarak 120km…hanya butuh waktu 2jam10menit (termasuk macet di kota.dll)

  58. yg udh2 sie Xeon ga ada tai2 ny, gas ny di betot sdkit jg udh ketinggalan Lmyn jauh tu si Xeon, mngkin si vario ny pke bengsin premium jd ketinggalan sm si Xeon, faktor bahan bakar jg berpengaruh bnyk, cb tu si vario pke pertamax plus, vixion2 aj mh Lewaatt broo, lari ny bs setara sm ninja 250,, lah wong Xeon lemot gt kurng ada tarikan ny, mLah bnyk yg biLng mekanik sm org yamaha ny sndri kLw Xeon tu produk GagaL loh (maaf bkn ny merendahkan ini mh berdasarkan pengalaman aj).

  59. sebenar ny sie Xeon ga ada tai2 ny, gas di betot sdkit jg udh ketinggalan Lmyn jauh tu si Xeon, mngkin si vario ny pke bengsin premium jd ketinggalan sm si Xeon, faktor bahan bakar jg berpengaruh bnyk, cb tu si vario pke pertamax plus, vixion2 aj mh Lewaatt broo, lari ny bs setara sm ninja 250,, lah wong Xeon lemot gt kurng ada tarikan ny, mLah bnyk yg biLng mekanik sm org yamaha ny sndri kLw Xeon tu produk GagaL loh (maaf bkn ny merendahkan ini mh berdasarkan pengalaman aj). soal ny sy jg dRmh pnya Xeon sm Vario 125 dgn kondisi kualitas bbm yg sama pertamax plus dan spesifikasi merk oli pun jg sama. memang xeon jago d tarikan awal dkit krna memang karakter Yamaha, tetapi setelah sama2 melewati 40km/jam vario mengejar jauh tuh,, beda ny cmn sedikit pas di tarikan awal aj.

  60. yg udh2 sie Xeon ga ada tai2 ny, gas ny di betot sdkit jg udh ketinggalan Lmyn jauh tu si Xeon, mngkin si vario ny pke bengsin premium jd ketinggalan sm si Xeon, faktor bahan bakar jg berpengaruh bnyk, cb tu si vario pke pertamax plus, vixion2 aj mh Lewaatt broo, lari ny bs setara sm ninja 250,, lah wong Xeon lemot gt kurng ada tarikan ny, mLah bnyk yg biLng mekanik sm org yamaha ny sndri kLw Xeon tu produk GagaL loh (maaf bkn ny merendahkan ini mh berdasarkan pengalaman aj). soal ny sy jg dRmh pnya Xeon sm Vario 125 dgn kondisi kualitas bbm yg sama pertamax plus dan spesifikasi merk oli pun jg sama. memang xeon jago d tarikan awal dkit krna memang karakter Yamaha, tetapi setelah sama2 melewati 40km/jam vario mengejar jauh tuh,, beda ny cmn sedikit pas di tarikan awal aj.

  61. berdasarkan pengalaman gw sie Xeon ga ada tai2 ny, gas ny di betot sdkit jg udh ketinggalan Lmyn jauh tu si Xeon, mngkin si vario ny pke bengsin premium jd ketinggalan sm si Xeon, faktor bahan bakar jg berpengaruh bnyk, cb tu si vario pke pertamax plus, vixion2 aj mh Lewaatt broo, lari ny bs setara sm ninja 250,, lah wong Xeon lemot gt kurng ada tarikan ny, mLah bnyk yg biLng mekanik sm org yamaha ny sndri kLw Xeon tu produk GagaL loh (maaf bkn ny merendahkan ini mh berdasarkan pengalaman aj). soal ny sy jg dRmh pnya Xeon sm Vario 125 dgn kondisi kualitas bbm yg sama pertamax plus dan spesifikasi merk oli pun jg sama. memang xeon jago d tarikan awal dkit krna memang karakter Yamaha, tetapi setelah sama2 melewati 40km/jam vario mengejar jauh si Xeon tuh,, beda ny cmn sedikit pas di tarikan awal aj.

  62. sekedar berbagi gan!!!! saya beli XEON 125 baru 2 bulan servis bru 2x rutin semua juga,, eh pas pulg fitsal persahabatan ud jm 12 malam sepi btuh ngebt karna medan jauh 50 – 55 meter jarak rumah saya gas POL XEON mentokk 100km .. eh disalip sma VARIO 110CC yg dulu, jdi geleng2 kepala !! seminggu kemudian dijual dha mtornya , ganti vario 110 cc CBS,, kebetulan skarang ud keluar yg 125 injek mau ganti lg ah ,, do’ain gan!

    salam sukses

  63. sekedar berbagi gan!!!! saya beli XEON 125 baru 2 bulan servis bru 2x rutin semua juga,, eh pas pulg fitsal persahabatan ud jm 12 malam sepi btuh ngebt karna medan jauh 50 – 55 maksudnya (kilo meter) jarak rumah saya gas POL XEON mentokk 100km .. eh disalip sma VARIO 110CC yg dulu, jdi geleng2 kepala !! seminggu kemudian dijual dha mtornya , ganti vario 110 cc CBS,, kebetulan skarang ud keluar yg 125 injek mau ganti lg ah ,, do’ain gan!

    salam sukses

  64. kalo mau coba motor tu jgn djalan raya langsung aja di sirkuit gan,,mmbhayakan pngendara lain itu namanya… kalo mau coba motor sini ma motor gue gan mio soul aja,,,standart polll…. cari aja di daerah trenggalek

  65. Apakah ada info bro-bro semua, kalau vario techno 125, keluaran november 2012 masih ada suara ngorok dan ndu-ndutan..? kalau masih ada, nggak jadi beli he, tak tarik lagi uangnya, karena sudah dikasih tanda jadi, ngaku paling lama 2 minggu keluar motornya, dah 13 hari belum kelihatan batang hidungnya tuh motor di dealer. padahal beli cast. ngakunya kalau kredit lebih cepat aneh2 aja. gerrr

    kalau gini jadi bingung nih, mau beli yamaha xeon 125, Suzuki Skywave 125 atau tetap pilihan awal varion 125………ujuk2 nggak jadi beli matic nih, sedih tiger gue dijual, dg alasan sayang anak he.

    • untuk saat ini AMI belum mendapat informasi yang jelas. motor dengan plat bulan 11 tahun 17 pun belum bisa dipastikan itu produk baru bulan november. karna bisa jadi itu produk awal tapi baru dibeli oleh konsumen. untuk lebih amannya silakan tunggu sampai awal tahun atau ada statemen khusus dari AHM, bukan dari FBH atau komentar yang ada di blog. thanks

    • salam super salam kenal semua, ane dapat bulan november vario FI, plat bulan 11 tahun 2017 reveiw motor tetap ngorok tapi sexy, busi diganti dengan BEAT FI, tarikan awal kalah sama motor matic lain, tetapi ane coba kejar secara woles terkejar semua matic 125 dan ngacir vario blacy ane…memang vario 125 lemot awal saja tetapi jika dapat sela jangan ditanya bablas motor vixion lewat….maaf pengalaman ane…salam super HONDA, YAMAHA, SUZUKI, DLLL..

    • Klu syg anak mnding bli mobil aja bro …hjan pnas terlindungi…anak n’ keluarga aman ….keselamatan no 1…..klu mo bli matic jg,,vartech 125 aja,,,irit gak sring bolak-balik spbu…yg lain msih versi karbus …klu injeksi smua..cari yg terjangkau,tangki besar..merk kompetitif … skdar saran bro,,,klu slah tlong koreksi…

  66. Gw pmake vario..gw jg prnh nyoba test drive sma xeon..dn hsl’a kbalikan dr crta omong kosong anda..kpn2 boleh qt adau(sma2 msh standar)..gw dicibinong

  67. sekedar masukan saja…
    kalau melihat paparan om AMI, menurut sy tidak valid…
    terserah siapa aja yg menang, tetap saja datanya tidak valid…
    akan lebih baik :
    1. sparing di trek lurus drag, bs 201, 401, dsb dsb…(2 org joki dengan motor yg berbeda, saling tukar kalau perlu, ambil rata2 trek record dari 3 test run)…
    2. memakai joki yg sama di 2 motor berbeda, minimal riding habit bikers adalah sama (ga 100%, ya mendekati lah), dengan orang laen yg mencatat trek record…

    minimal menepis anggapan subyektifitas, dan tentunya postingan miris (hehehehe) bs dieliminasi….
    thats all…

    • setuju mas/mbak yuli hehe.
      ini emang tidak bisa dijadikan acuan kok, karena tidak semua xeon yang kencang, dan tidak semua vario 125 yang kencang.
      itu semua AMI kembalikan pada pembaca sekalian untuk dibuktikan sendiri. kalau benar berapa presentasenya, kalau salah berapa persentasenya.
      kalau dilakukan polling pun, rasanya juga tidak valid, karena tergantung dari jumlah FBH dan FBY, serta kejujuran disaat mem-vote juga tidak bisa dipertanggungjawabkan.
      masing2 ada kekurangannya.
      untuk mencegah postingan yang miris, ide yang bagus, tapi AMI tidak memiliki banyak waktu untuk memfilter satu persatu.
      wong membuat tulisan aja cuma 1x seminggu kok hehehe.
      thank you for your suggestion.

  68. salam kenal, sekedar menambahkan tanpa memihak pihak manapun. mungkin sudah bawaan pabriknya kalau yamaha akan galak di awal tp kempos di topspeed, sedangkan honda kempos di awal dan galak di topspeep (putaran atas).

    pernah saya mencoba dgn teman, saya menggunakan mio smile dan teman menggunakan vario lama (110), dgn kondisi all-standart, dgn jarak kira2 550m di trek lurus yg sepi. mio memang galak di start awal dan bisa meninggalkan vario, tetapi di putaran atas mio mulai kempos dan di overtake oleh vario. kami pun bertukar motor dan hasilnya tetap sama, mio meninggalkan vario di awal dan kempos di akhir, sdgkan vario kalah di awal dan overtake di akhir. pernah mencoba dgn honda beat milik teman, dgn cara yg sama pada saat mencoba mio dgn vario, dan hasilnya pun tidak beda jauh, mio overtake di awal, dan beat meng-overtake di putaran atas, mio pun ketinggalan

    mio vs vario/beat hasilnya sama dgn yg di coba dgn bro AMI pada xeon vs vario 125. mungkin pengalaman saya bisa menambahkan rasa penasaran bro AMI, kalo kurang puas silahkan tes lagi di sentul biar seru hehe. mungkin setiap motor ada karakteristiknya masing2, ada plus dan juga minus. jujur saya pribadi lbh suka manuver daripada drag, saya lbh prefer ke mio/xeon karna aksel awalnya, cocok untuk jalanan jakarta yg macet, stop and go. CMIIW

    • manuver freak = aksel freak hehehe.
      mio emang kurang bagus dalam hal pemindahan power ke bagian roda. untuk hal ini kalah dr honda. walaw mio cc sedikit besar sekitar 3 cc, namun berat jg lebih sekitar 3 kg dr beat. menggunakan ban kecil aja masih kalah aksel dari beat. untuk vario lawas emang lebih kencang dr mio/ mio soul.
      setuju mas, AMI lebih milih aksel, ibaratnya lebih baik menang adu drag sampai 400 m pertama drpd baru menang setelah mencapai top speed. asli ga enak bgt klu baru unggul jika di top speed aja.
      pernah xeon AMI disetting untuk galak di putaran atas, top speed sih bertambah 5km/jam, mentok di 115km/jam on speedo, tapi ga enak banget tarikannya dari 0-80km/jam. terlalu smooooth kayak vario 125.
      pernah tarikan sama soul, abis tuh xeon diuber2 pada kecepatan menengah yg butuh aksel. serasa ga ada kelebihan dibandingkan soul. jadi AMI balikin lagi settingan ke acceleration oriented. hasilnya, jangan harap matic sekelas atau dibawahnya bisa overtake dari 0-105km/h. itu semua tergantung settingan karbu aja, full standar. sedikit ditinggikan dr setingan standar pabrik.

  69. Sangat tidak setuju kalo Vario cuma mentok sampai 115km/h.. soalnya kemaren saya pulang kampung spedo bisa sampe 119km/h.. sumpah gak bohong… !!!n lewat jalur pantura…

  70. TArix sih boleh tarix tapiiii… kalo lagi cepet cepetnya… faktor safety yang dilihat….
    kalo dilihat dari keseimbangan dan bobot kayanya dapet Vario 125 dong…..

  71. ..saya pake skydrive… setuju dengan anda.. bahkan saya pernah tembus 118 (lebih dikit mngkin hampir 120) ..tarikan awal saya kalah sama xeon .. tapi menjelang 100 lebih angka spedo tetap naik beda dengan xeon yang udah sgt… (anda tw sendiri kan..hehe)… suzuki matic lemah d awal tapi garang di jalanan panjang.. (sudah sering tanding dengan berbagai matic kesimpulannya y gt.. lemot awal .. tp tetp overtake pada akhirnya.) hehe…

  72. aku juga punya mas vario 125….nyesel aku beli
    Barang cacat produksi koq di jual…kita sebagai konsumen yg rugi….honda=rongsokan mahal….nyesel aku

  73. ane sih udah nyoba NEX, MIO VARIO 110,VARIO INJEKSI 125 DAN BEAT…KALO UNTUK KECEPATAN DAN TENAGA AWAL AMPE AKHIR SAYA MEGANG SUZUKI NEX …tapi KALO ADA MIO KARBU ANE MEGANG MIO KARBU.

  74. pengalaman :
    lepas lampu merah ane pake spin vs vartek 125 agresif, terakhir lampu hijau start bareng, spin unggul 4-5 meter sampai mendekati 80 kmph pertama. seterusnya KO deh kita. karena mesin dah tua (thn 2006 keluaran pertama aseli thailand).

  75. Gini Bro , gw pengen cerita2 dikit tentang xeon gw…. ane beli xeon thn 2011 bulan 6 , nah awal2 saat reyen 500mtr speedo bisa sampe 110 , gas tinggal dikit…
    nah dapat berapa bulan di setting sama saudara saya mulai ada kendala di akinya tp top speed msh tetep enak , dapat 4 bulan ane kecelakaan cmn lecet2 si xeon + velg standart rompal… setelah kejadian itu xeon gw pake velg 17″ tp larinya cmn mentok 95 , ane standartin 14″ tp ban 110/80 120/80 malah larinya cmn mentok 85 skrg…. knp ya??? apa faktor ban yang terlalu besar ato ada kesalahan dlm mesin????

    • tambahan dikit bro , mau nanya jg donk , setelan karbu xeon standart dr dealer brp / brp ? punya ane skrg sih 15/17

      thx infonya ya…

      • share juga nih. Dulu waktu pertama kali menggunakan ban naik satu step sama seperti vario, depan 80/90 belakang 90/90, topspeed yg awanya 110 diraih dg cepat jadi ngedrop ke 100. cuma seminggu AMI copot lg n balik k ban standar. nah sekarang balik lagi menggunakan ban sebesar vario, malah depan tubeless 80/90 dan belakang 90/90 topspeed mentok di 107km/h. ga tau deh kenapa bisa seperti itu. dengan menggunakan ban sebesar variopun, xeon masih dengan mudah meninggalkan vario 125 saat trek di lampu merah. apa semua varionya yg lemot apa xeonnya yg kencang?
        menurut AMI, xeonnya bro hiphop bermasalah di setingannya. AMI dulu pernah otak-atik setingan karbu, pernah dapat setingan yg benar2 ajib, akselnya ga henti2 dari 0-105km/h, tp karena AMI usil, coba tak naikin lagi setingannya, eh malah larinya ngedrop, mentok di 100km.h doank, bbm boros, suara berisik dan panas. coba balikin lg k setingan awal menggunakan feeling, eh malah ga dapat2 lg setingan sebelumnya. udah dibawa ke 3 bengkel resmi yamaha, tp ttp aja setingan ga dpat, aliar larinya standar n ga mantep. akhirnya AMI bawa ke bengkel om paul d depok, bengkel langganan, tp dia udah pindah ke parung, AMI tekankan ke om paulnya, supaya karbunya diseting untuk mengejar akselerasi dan power. hasilnya, mantabbbb, kembali k power sebelumnya, udah 20-an kali tarung lawan vario 125 selalu ungul mutlak tidak pernah kalah sekalipun! walawpun udah menggunakan ban 1 step diatas standar, larinya masig menang lawan vario 125. tp memang terasa sedikit berat dibanding menggunakan ban standar.
        gimana komsusmsi bbmnya, klu dibawa normal tetap irit, ga ada perubahan, tp klu dibawa ekstrim saat tarikan, bensin terasa borosnya 1:30km/liter. tapi seimbanglah dg kinerja yg dihasilkan. mo nyantai irit, mo ngebut jd rada boros tapi puasss bgt dg peformanya.
        gitu bro, seting karbunya yg bermasalah itu. sedikit aj meleset bakal hilang feelnya. apalagi bro udah menggunakan ban gambot.

        • wah mantab bro , btw itu setelan brp bro???
          ane kmrn yg terasa cocok pake 10 12 , standartnya sih katanya 8 10…
          btw ane iseng coba2 pake per cvt b*at , emnk enak sih kalo udh lari tp RPM 3000an baru ban muter hahahhaha , kayanya pake per cvt b*at yg 2000rpm baru mantab…

  76. ngomong2 soal kecepatan ya…dirumah ada 2 matik, xeon th 2011(punya kakaku), vario techno cbs 125 th 2012 (punya ane). wa sering make 2-2 nya, ntah kenapa spedo di vario kyk nya g bener deh. terlalu besar deviasinya. masak pas waktu dijalan, 2 temen ane 1 make jupiter z, satu make mio J, speedo mereka sama nunjukin 80-an, masak di vario gw uda 94 km/h… klo soal accel si emg vario lemot…galak an xeon bgt…ak ampe pengen minta tuker an ma kakaku tp dia g mau.kata dia enakan pke xeon, lincah n kenceng walaupun kalah irit satu sendok teh/km

    • vario dan mio karbu, speedonya sama lebaynya om. hehe.
      apalagi speedo vario 125, terasa bgt lebaynya.
      biasanya ridernya pada ngaku klu vario 125 bisa nyampe 120km/jam bahkan bisa lebih dr 120km/jam. tapi kok setiap tarikan lawan xeon yg cuma bisa mentok di 110 aja ga bisa menang. b arti emang ada sesuatu dibalik speedonya vario. bagi yg ngatain tarikan vario 125 luar biasa, ajib atau apalah, coba gunakan xeon, ntar baru bisa membedakan sendiri perbedaan kedua motor, mana yg lebih ajib tarikannya.

  77. Ping balik: Membuat Shogun 125 Sp Irit Tp | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

  78. Adikq baru beli vario bulan 8 tahun 2012, baru 500 km pas masuk 800 km udah brebet mesinnya, bodynya bergetar tapi gak separah HSX, ngoroknya luar biasa, pas digas bisa mati sendiri di tengah jalan, bawa ke bengkel AHAS malah disuruh beli ini dan itu tapi pake uang sendiri padahal masih bergaransi jadinya gak jadi ganti, kurang ajar betul HONDA menciptakan produk gagal spt ini……., ngakunya irit pas dilawan dgn mio j punya mamakq malah lebih irit mio j, ngakunya radiator kuat apanyana radiatornya merembes, ngakunya kencang tapi masih kalah sama mio j, buat testimoni ini bukan berarti aq FBY ya…………, di rumahq ada 4 kendaraan, supra fit, jupiter z, vartec 125 cbs dan mio j……………, emang betul2 mengecewakan produk Honda sama kasusnya spt supra fit………………..(padahal aq dah peringatkan adikq kalo mau beli motor beli aja yamaha ataupun suzuki yg penting jgn Honda)

    • Makanya , loe nya aja yg paok , adik lu gak bisa ngerawat motor , lu disekolahin bapak lu gak ?? Kok bodoh bget ,
      Itu kan masalah gampang , paokk luu , tolol amat !
      Maknya harus punya pengetahuan luas , bodoh luu !

  79. kalo vario 125 tarikan mau kenceng gas nya harus berkala kalo mau rasain vario 125 yg bener-bener vario125, vario di rancang irit makan nya tenaga nya agak kurang coba kalo sistim pembakaran nya di besarin vario bisa sampe 130cc tapi efek samping nya motor jadi boros.

  80. sudahlah…. pada bertengkar saja soal Vartech vs Xeon… intinya KEDUANYA cuma menjiplak suzuki skywave. mau tau…?
    1. blok diasil xeon di kelas matik, udah ada duluan di skywave. namanya SCEM
    2. airbox gede di vartech, udah jadi ciri khas skywave
    3. bagasi helm-in di vartech, udah ada duluan di skywave.
    4. spatbor depan ala sport di xeon, udah dipake dari kapan tau ama skywave.
    daaan… masih banyak lagi.

    mau berkata apa lagi… mulailah memuja suzuki… wahai kalian semua yg sesat.

    kalo masih pake motor yg harga sparepart ori-nya murah… janganlah berlenggok tarik2an di jalanan. Dengan Skywave mesin standar aja, mudah bung… melibas keduanya. Top speed di speedo skywave emang 115, tp klo dicocokin ama speedo vartech apalagi mio, jadinya 130…hehehe.

    • Dari motor2 suzuki ane, skywave 125 th 2010 salah satunya,…..sampai detik ini blm ada matic 125 laen yg bisa sampe ngalahin tarikannya, dah terlalu banyak cerita pengalaman di jalanan bersama skywave kesayangan… terakhir pernah juga v125 yg agak “ngotot” ajak tarik2an……di 60-80km/jam ane “sengaja” ngalah, karena betapa nikmatnya kala melibas di 100km/jam….. lg ane kuntit2, ealaaah v125 nya masuk pom bensin, ada yg pernah merasa di kuntik sw125 biru-hitam??

  81. itulah sebabnya test mtor d jalan raya ga bakal seakurat tes d tempat tertutup(sirkuit atw tempat tes)dgn kondisi yg telah ditetapkan. Di jalan raya banyak sekali faktor yg mempengaruhi…skill rider, angin(posisi rider dan bentuk motor jg ngaruh), bbm(jumlah dan jenis bbm) , bobot rider, kondisi jalan(macet atw ga, tanjakan atw turunan, lurus atw byk tikungan), tekanan angin ban, dsb. Makanya banyak orang berkoar2 bisa menang lawan mtor dgn spec d atasnya, pdhal blom tentu krn motornya lebih knceng, bisa jadi krn salah satu faktor d atas. Klo spec mtornya beda jauh mgkn faktor2 d atas ga gitu ngaruh, tp klo mirip2 macam Vario 125 sm Xeon faktor2 itu bakalan terasa pengaruhnya….

  82. benar sekali bung joe… para komentator lainnya cuma bisa berkoar jagoan (padahal jika masuk sirkuit pada melempem semua, ibarat krupuk terendam bubur).
    Contohnya: ada satu cecunguk komentator di atas yang berani menantang adu kebut di jalanan dengan motor kebanggaannya. Namun ketika saya sambangi dgn kuda besi nasional pembawa sampah sayur milik saya, apadaya dia cuma bisa memohon ampun ketika sudah berciuman dengan aspal. Aaah… emosi cecunguk itu terlalu besar dibanding dengan skill dan nyalinya untuk meregang nyawa.

    AMI di sini cuma melakukan observasi lapangan sebagai data pembanding dari brosur pabrikan. Harap para cecunguk yang akan komentar disini, melihat hal ini sebagai bahan evaluasi saja ketika akan membeli motor dari merk tertentu.

  83. Bro AMI, terus terang saya agak kaget setelah membaca hasil tes serta komentar dari teman teman yg lain. Karena setahu saya ( berdasarkan pengalaman ) matic honda justru malah enak di tarikan awal lemah di top speed. Contohnya mio dengan beat yg sama sama karbu kalau diadu pasti 0-60 beat di depan baru habis itu mio ngejar. Nah kebetulan saya pernah beradu langsung dengan xeon dan vartech 125 di halim, wkt tarikan awal saya di depan, vartech kedua dan xeon ketiga (saya lihat melalui spion). Tp pada saat top speed saya lihat ternyata mereka sudah berganti posisi, xeon kedua vartech ketiga. Dari sini saya pikir karakter mereka sama dg mio vs beat yg saya sebut td. Ternyata malah kebalikannya ya. Saya sendiri tiap hari turing dari rumah ke kantor sekitar 25 km sekali jalan, jd yg namanya ngetes di jalan mulai dari sama mio sampe scorpio udah pernah. Ini sekedar share aja, tdk untuk ditiru atau gaya gaya an. Thanks.

  84. Gue punya vario 125 , rekan gue punya xeon ,
    Di test , balap liar ,
    Kacian amat tu xeon , ngebuntut aja gak sanggup ,
    Lw ada yg berani hub ane , 082366831595,

    • malam minggu lalu vario 125 gue di ajakin test balap sama xeon temen sekantor gue,sama-sama standar and masih baru brow..(wah agak jiper sih.. tapi penasaran juga) biar adil gw bilang bensinya minumnya sama2 shell ya…jujur aja kalo di isi premium yang udah2 vario 125 gue mberebet and ngorok ga karuan and gue minta satu syarat lagi manasin motornya agak lama ya.. minim 5 menit lah..soalnya vario 125 lambat panas.. temen gue bilang “ada lagi syarat yang lain gak.. kalo masih ada gue pulang tidur mau tidur dulu.. ha..ha..ha..”tawanya ngeledek gue. gue jawab sabar bentar brow, loe ngajakin mantan pacar loe balikan udah 2 bulan masih sabar aja, he..he..he..” gue ledek balik. Saat yang ditunggu datang juga. Dijalanan kosong n lurus kurang lebih 3.5km dikawasan industri, Past start 0-45 di spedo vario 125 gue tuh xeon masih baris, diatas itu gue dah mulai ninggalin. di kecepatan baru 90 udah jauh brow. akhirnya temen gue penasaran ngajak balap ulang sampai 5x and hasilnya tetep gak berubah. rasanya cukup puas. Salam Piss broww…

  85. Salut untuk penulis dan komentator yang mau menulis dengan gaya bahasa yang baik menunjukkan kematangan emosi yang stabil, mohon agar para ABG terutama anak-anak nongkrong yang suka balapan liar agar membuat blog sendiri dan tidak mengomentari dengan hal-hal dan kata-kata yang tidak bermutu,
    Mohon agar diingat bahwa di dunia internet setiap tulisan yang anda ketik merepresentasikan diri anda seperti apa.
    Anyway ide club 125 oke juga tuh :)

    Salam
    MyXDR

  86. Vario 125 PGM-FI menjadi seperti itu karna businya, coba aja businya di ganti dengan busi punya Vixion dan BBMnya pakailah pertamax aja. Silahkan dibuktikan.

  87. So far gw pake wantupep emang gw akuin busuk deh tarikan bawahnya , tp coba deh buat jalan jauh .. Dulu gw pernah tes pas baru”nya nih ya (sumpah demi Allah deh) tuh jarum diantara garis 120 dan garis 130 tp cenderung ke 130 nya .. Ngetes di MT haryono jam stngh 7 pagi hari minggu ke arah pancoran nya :D

    Faktor cuaca , kelembaban , suhu udara , angin , BBM , berat badan , tekanan angin ban ; beberapa hal yg berpengaruh pada performa apapun kendaraannya .. Mau sepeda apa becak jg kalo yg bawa kepanasan jg lenjeh kan ? Itu alesannya kan setiap dyno test/road race (terkadang) dicatet suhu dan kelembaban pada saat itu juga ?

    Just share aja nih ya brader sekalian .. CMIIW

  88. saya sudah mendendarai banyak jenis spd motor kecuali moge.dari H,Y,S sampai mocin,karna pekerjaan saya sewaktu pulang sekolah adalah mencuci blok mesin dan juga isinya sebelum d pasang oleh tehcnisi d bengkel. 1 hal yang saya tahu setiap sepeda motor berbeda walaupun kelas cc yang sama. namun ketika sepeda d peruntukan tuk masyarakat maka pabrik lebih memilih kenyamanan dan keslamatan pengguna. seandainya d pakai ugal2lan pasti bisa, akantetapi sepeda akan rusak. Y: dari 0 – sekian =paling cepat. H: dari 0 – sekian harus perlahan. S: 0 – sekian=cepat. setelah itu pebedaan akan terlihat entah kecepatan entah apapun itu sampai getaran. kalau ada pertanyaan motor apa yg saya suka maka semua hal menyangkut H,Y,S bagi saya sudah cukup puas.kalau ada kecepatan yang saya kagumi … ketika orang tua saya d bawa k Rs, dan saya d perhadapkan pada jarak tempuh dgn kendaraan yg saya pakai. maka ilmunya saat itu adalah panik + kepepet…. yang terjadi jgnkan sepeda motor 250 cc mobilpun saya tinggalin d belakang. alhasil motor kelur asap + bunyi makin gk karuan dan sekarang rusak. sepeda saya …. bebek 125. dan saya tahu motor yg lain pun bisa d pacu sampai kecepatan yg saya pernah coba. kita pakai sepeda untuk masyarakat,, jd gak ada guna ribut bagaikan pakai motornya pembalap.

  89. Kalo masalah tarikan awal vario emg agak lambat, cuma kalo mas udah jalan 60KM ke atas Vario jagonya, cuma untuk masalah kelincahan, emg gk selincah xeon. vario terlalu besar untuk manuver

  90. masing2 merek pny tahta masing2, suzuki identik dengan mobil, honda identik dgn motor, yamaha identik dgn alat musik. tahta ini terjadi slama puluhan tahun dan tak tergoyahkan. kalo ada iklan yg berlebihan ngeBC suatu merek ga ngaruh tuh. mending kawasaki and piagio adem2 aja tuh.

  91. Karakter pabrikannya sepertinya mas Bro… Yamaha terkenal jago di tarikan awal…trek pendek dan banyak belokan… Tapi kalau dikasih trek lurus dan cukup panjang…sepertinya perlahan tapi pasti honda akan menyalip…

    Ini pengalaman pribadi aja kira2 tiga hari yg lalu…. Beat FI vs Soul GT….. (saya pake soul GT).
    Kejadiannya mirip2 lah…pas kebetulan di lampu merah…sebelahan….dan jalan di depan lurus mulus lengang….*menggoda mode on gitu deh kondisi jalannya….

    Udah sama2 feel mau adu kecepatan….dan bener aja…begitu hijau langsung geber….
    Hasilnya….Beat FI tertinggal agak lumayan di 100-200 meter pertama….Soul GT lumayan melejit….tapi perlahan dan pasti Beat memperpendek jaraknya…. dan akhirnya di kira2 setelah 500-600 meter…beat pun berhasil menyalip…speed soul GT saat itu mentok di 90kpj

    Hehe….

    • sabar mas bro & mbak bro mending daftarkan diri anda sebagai pembalap resmi, setiap motor ada kekurangan dan kelebihannya, kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, gue dirumah ada Mio J, Vario Techno PGM-F1 2012, jupiter MX, Vega ZR, g usah kebut-kebutan yang penting selamat sampai tujuan mas bro, jadikan diri anda promotor keselamatan dijalan

  92. Bro… dah nyoba nikung kecepatan 80km/jam blm pake vario 125 atau xeon 125… tikungan sekitar 90 derajat…. setelah itu ente coba nikung pake skywave, bandingkan hasilnya…. pake skywave pasti sempurna… top speed blm perlu deh kayanya, kan naik motor itu enaknya di cornering bukan di trek lurus.. hehe

  93. hihihi..Seru nih..tp jgn jd pada Emosi y bro…bner tuh klo mau aduan..mending tawarin aj ke Ridernya lgsung.. “Bos mau test motor gak nih, gw pg nyobain tarikan yuk,,,tp ttp damai ya” bukannya nyari musuh brow..haha klo soal motor,,liat iklan nya baik baik,,liat thema iklannya,,nah klo mio kan iklannya ada yg lompat lompatan segala kan,,haha y pantes lah,,klo vario iklannya kan Santai aja bro..tp penjualan laris manis…mgkn mnurut gw Vario itu lebih awet dari segi Mesin ya..gw aj punya vario yg awal,, sampe skrg blm pernah ganti karet belt..nah balik lg bro tergantung kita mau ngebut ngebutan atau mau irit dompet,,gtu aja..btw gw aj mau jual Vixion gw dan mau ganti Vario 125 non CBS..biar gak repot perawatan sma Bengkel Resmi nya bro..hahaha,,gw pake Yamaha parah Bengkel Resminya, masa dateng jam 9 pst ud gak terima lg..busyet…hadeuh..coba liat Bengkel Resmi Honda yg Lengkap dan Sparepart Asli yg terjangkau… :)

  94. halah banyak omong klau kala xeon lawan da jupi Z1 hahaha,,, palingan vario tariak
    Z1 ni mampu 135kpj/h tenaga.x 20% tumbus 10,6 pes di putaran 117kpj/h nah vario FI jaman da
    Yamaha jupiZ1 semakin josss yg lain ketinggalan hahahahahaaaaa

  95. gw pernah ngadu ama vario 125..menang xeon gw donk…lagian buat apa ngandelin topspeed wong jalan di kota gw treknya pendek”..kalo mau adu trek sirkuit jg oke tinggal rubah roller..emang sih akselerasi xeon kenceng di 0-80km tp itu sangat efektif kl dijalanan

  96. Sering bgt vario ane d adu sma xeon , mlh xeon klh kloo lawan vario techno ane …

    ane jga kloo balap pya cra sndri …
    ane kloo balap lebih mending nunggu gas dia.a manteng dlu , kloo udh manteng bru dahhh …. langsung balap ….

    • utk produk honda (honda vario 125 injeksi, honda bet dll) tarikan awal memang lebih ok, akan tetapi kalo sh jalan diatas 60km/jam ukuran speedometer yamaha honda terasa LEMOT. Faktanya aku pake yamaha mio j unggul dibanding semua produk honda matic. faktor unggul yamaha di dapat dari handling lebih ringan/flexibel kalo utk kecepatan mgkn gak terpaut jauh.Satu hal lagi aku pake YAMAHA MIO J jalan 90-100km/jam honda vario 25 injeksi gak bisa ngejar, sepertinya gak beres tuh ukuran speedometer milik honda.

  97. ada kemungkinan di artikel diatas vario 125 kalah :
    -bobot joki kegendutan
    -vario 125-nya masih baru.. blum lepas inrayen..
    -joki salah kasih minum vario 125 dengan BBM Subsidi (kompresi 11.0 wajib pertamax gan)
    -joki kurang mahir mengeksplore..
    -bobot vario 125 yg emang berat (baik bobot motornya, atau isi dalam bagasi motornya)
    -tekanan angin ban vario 125 kurang..
    -silahkan isi lagi…

  98. Saya pengguna vario 125 pgm-fi, baru aja saya tarik2an sama xeon, si xeon udah ngegas duluan sekenceng2nya tapi vario 125 ane dengan mudah dapet mendahului

  99. oww…tidak bisa..itu hanya kebetulan ridernya….
    hehehe…tarikan emg smooth…dan top mampu max 115..
    dikarenakan fungsi roler yang berat..

  100. semua gk da yg sempurna ad kelebihan dan kekuranganya masing masing,kelebihan vario emng bgus buat ibu ibu ke pasar kelasnya mnengah ke bawah lain dengan xeon motor kelas atas d buat balap juga oke…lw emng pemilik honda ngomongnya aneh” macam orang ngigau itu emng sirik aja hahahayy..sirik tanda gk mampu bu…

  101. Sorry2 ni bro yg suka sama XEON gw selalu bantai XEON gw baru buka kecepatan 80KM/H aja xeon udh jauh ketinggalan , gw akuin buat akelerasi vario 125 emng kurang tapi buat top speed jelas vario 125 lebih max

    Namun vario 125 lemah pada saat start
    Gw saranin yg punya vario 125 ganti aja loler-ny pake sistem 3-3 pake 15Gram – 18G ,, trus kelp-ny gw saranin stel lg
    Soal-ny gw ga pernah service ke Honda selalu service sendiri

  102. Juragan traktor ngorok(v***o all bentuk) pada bacot smua…
    Adu nih sama sepeda roda 3 ponakan gw..
    Merknya FAMILY…
    Gw jamin ntu kulkas 750 inch ktinggalan dr tanggerang ampe madura…
    Super irit,tanggerang madura cuma 2rebu perak(buat beli air minum doank)

  103. woow ngeri badaiiiii
    vartech bro david emang paling jempoooooool
    fu n vixi lewat

    BTW tu fu nvixi standar tengah apa samping???
    jngn macem”ma bro david loh fu n vixi aja keokkk

    skywave siap jabanin

  104. coba ente ente liat blog bro rudi triatmo
    disitu jelas jelas ditulis komparasinya,judulnya

    “Test Ride Anak Jalanan,… Uji Akselerasi dan Top Speed… Honda Vario 125Fi

    pake race logic coooooy

    suzukilah jawaranya

  105. Sok gua brani tes lah ama yg namanya xeon … Sapa yg pnya xeon? TesIN sma vario gua lah … Dp brapa ??? Sok xeon 125 cc gak papah gua pake vario lama ko tapi 200 cc gak papah kan :D˚╬╬ϱϱ˚╬╬ϱϱ˚╬╬ϱϱ˚..:D:D˚

  106. Vario pke bensin kali.. Coba diadu yg pke pertamax.. Coz vario 125 di anjurin ke pertamax bkn premium.
    Tuh xeon yg karbu apa injeksi? klo karbu akselerasi ny jelas menang lah.

  107. ane tantang pake premium/pertamax sama-sama 1 liter, Vario125 vs Xeon125 (standar), kita tes speed dan tes jarak tempuh berani g xeon????????

  108. Ane lagi galau nih mau pindah ke matic, Xeon atau Vario. Yg ane butuh cuma santai (gak capek bawanya), irit (BBM naek bray), awet (males bgt cicilan belum selesai udah penyakitan). Top speed, akselerasi, dll yg berhubungan dgn kebut2an gak butuh cuy.

    Kasih sarannya yak, utk 3 faktor tadi :)
    Thx

  109. ane blm pernah jajal kalo vario 125 sama xeon, tapi yg komen diatas ko ngawur ya ? masa mio j lebih ngebut dari vario ? mio j lawan supra fit aja keok

  110. dirumah ku ada 2 vari0 125 emg aku akui kenceng tu motor…. tp aku penasaran dengan xeon rc, nah aku beli juga tuh xeon rc… sehabis ku beli langsung aku tes antara vario 125 vs xeon rc.. nah uda aku tes ber kali vario vs xeon, hasil nya vario tetep kalah jauh banget mala… padahal pake trek jauh sampai 300 meter pun tetep vario kalah telak…. sampai aku kasi duluan tu vario tapi tetep jg kalah…. ni pengalaman aku sendiri..

    • keren banget agan satu ini cuma karena penasaran bli motor satu… dan yang membuat agan satu ini lebih keren dia mencoba mengetes dua motor dalam satu waktu.. ane aja bawa vario satu aja pegel gan ini bawa dua di tes lagi.. dan agan satu ini terlihat amat intelektual karena sebelum mengetes dia mengukur trek dengan dapat hasi pengukuran 300 meter ane mah ogah gan ngukur2 jalanan macem orang bner.. tapi salut lab buat agan satu ini banyak berkorban untuk mendapat pengukuran vario vs xeon ini patut diacungi jempol.. mungkin jika para pelajar dan mahasiswa kita kaya agan satu ini indonesia akan lebih maju..

  111. Xeon en vario hayoo lawan skywave’07 stndar pny gw. Duel di jalur pantura atw ngegas di nagrek, yg klahin my skywave,. Boleh ambil daihatsu sirion gw. Minat??

    • Broo.. Bgmn klo xeon,vario,mio,nouvo,beat, lawan vespa gw thn 93. Kali aja ada yg minat, trexnya jalur cikamurang, yg pny jalur terpanjang n lurus abis,juga sepi… Taroannya ttp daihatsu sirion gw.. Hehehehe

  112. menurut ane jga gitu..xeon lebih mantap buat tarikan pertama..walaupun ane pke vario 125 ..ane ngakuinnya

    tapi klo masalah top speed vario memang unggul..kite pernah coba di lintas karawang tanjung pura hingga klari dengan trek lurus sepanjang 12km ..xeon kedodoran ngejarnya..

  113. bner kata si agan di atas klw xeon unggul di tarikan pertama tapi klw di adu posisi motor dalam kondisi orisinil ketiga pabrikan tersebut yg menang di start adalah xeon karna dari kilo meter 0 – 80 terasa lebih cepat ketimbang kedua pabrikan tersebut dari honda dan suzuki tapi klw jarak jauh posisi orisinil tetep menang skywave karna tingkat perapian nya jauh lebih panjang sebab dia masih memakai karbu alias gak pake sistem operasi macem injeksi engine yg di atur oleh robot mesin beda dengan yg masih memakai karburator tapi klw ketiga pabrikan tersebut mengganti cdi pasti terlihat siapa yg menang karna kelebihan cdi memacu sistem perapian di motor yg mengakibat kan sisitem motor dalam melaju menjadi no limit alias ga terbatas di sesuaikan dengan cc motor itu sendiri misal nya xeon posisi cdi masih orisinil gakan mungkin dia bisa melaju motor sampai 125 km/jam tapi klw sudah diganti cdi dengan yg no limit alias ga ada batas contoh cdi rextor yg kita pake pasti motor tersebut memacu sampai 125/km tergantung jarak yg di tempuh …. klw saya pake Xeon RC 125 yg baru jarak yg di peroleh dengan menggunakan cdi rextor perlu jarak 550M kurang lebih untuk mencapai top speed alias 125km/jam yg pasti tetep dari ketiga pabrikan ini yang menang adalah skywave karna nafas motor tersebut bisa di bilang panjang saya sering test drag orisinil jarak jauh di pasupati bandung tetep yg menang skywave karna perapian yg tinggi oleh cdi yg di ganti dan karburator yg mendukung agar pembuangan manjadi besar alias motor menjadi lebih cepat tapi memang sedikit boros ,karna saya anak roadrace yg saya tau hanya lah segitu saja karna posisi motor masih orisinil klw posisi motor sudah di bor up atw overcc bahasa lainnya oversasis alias mesin di rombak dengan yg lebih besar kemungkinan ketiga pabrikan itu sengit tergantung joki yg membawa nya

    sekian dan terima kasih agan2

  114. bner kata si agan di atas klw xeon unggul di tarikan pertama tapi klw di adu posisi motor dalam kondisi orisinil ketiga pabrikan tersebut yg menang di start adalah xeon karna dari kilo meter 0 – 80 terasa lebih cepat ketimbang kedua pabrikan tersebut dari honda dan suzuki tapi klw jarak jauh posisi orisinil tetep menang skywave karna tingkat perapian nya jauh lebih panjang sebab dia masih memakai karbu alias gak pake sistem operasi macem injeksi engine yg di atur oleh robot mesin beda dengan yg masih memakai karburator tapi klw ketiga pabrikan tersebut mengganti cdi pasti terlihat siapa yg menang karna kelebihan cdi memacu sistem perapian di motor yg mengakibat kan sisitem motor dalam melaju menjadi no limit alias ga terbatas di sesuaikan dengan cc motor itu sendiri misal nya xeon posisi cdi masih orisinil gakan mungkin dia bisa melaju motor sampai 125 km/jam tapi klw sudah diganti cdi dengan yg no limit alias ga ada batas contoh cdi rextor yg kita pake pasti motor tersebut memacu sampai 125/km tergantung jarak yg di tempuh …. klw saya pake Xeon RC 125 yg baru jarak yg di peroleh dengan menggunakan cdi rextor perlu jarak 550M kurang lebih untuk mencapai top speed alias 125km/jam yg pasti tetep dari ketiga pabrikan ini yang menang adalah skywave karna nafas motor tersebut bisa di bilang panjang saya sering test drag orisinil jarak jauh di pasupati bandung tetep yg menang skywave karna perapian yg tinggi oleh cdi yg di ganti dan karburator yg mendukung agar pembuangan manjadi besar alias motor menjadi lebih cepat tapi memang sedikit boros ,karna saya anak roadrace yg saya tau hanya lah segitu saja karna posisi motor masih orisinil klw posisi motor sudah di bor up atw overcc bahasa lainnya oversasis alias mesin di rombak dengan yg lebih besar kemungkinan ketiga pabrikan itu sengit tergantung joki yg membawa nya

    sekian dan terima kasih agan2 dan om2 haha

  115. @evanmagpal line:evanmagpal (yang butuh trik saran untuk motor balap drag nasional /harian jalanan dan roadrace/cornering bisa hubungi web saya yg barusan di tulis thanks broo)

    • emng bner gan cobain aja dlu vario 125 standart sama xeon standrat tarikan awal nya aja dlu udh tetep yg megang si xeon ga boong saya mah kecuali vario 110 yg lama lebih enak tarikan awal nya klw kata saya siii apa lagi vario lama di pake roadrace udh ga ush di tanya lagi sama pas dgn beat2 roadrace skrng2

  116. Kalau buat yang merasa anak gaul
    dan keren seperti orang perkotaan
    pasti pilihan jatuh pada xeon rc gan,
    maklum karena di kota jalannya
    banyak pada macetnya..
    Dan kalau buat yang merasa hidup
    di pedesaan bahkan persawahan
    kan jalannya tuh banyak yang sepi,
    jadi pilihan sudah tentu jatuh ke
    vario 125 karena itu motor kagak
    tepat buat meliuk liuk di kemacetan.
    Terus terang aja ane punya kedua
    motor ini gan, buat ane sama sama
    oke soalnya setiap bulan kalau ane
    mudik ke desa pake vario dan kalau
    buat sehari hari di kota ane pake
    xeon rc.
    Salam motor mania..

  117. Sory gan comen dikit’ emang kalo menurut ane bodi ga sbanding ama mesin tapi jangan salah kalo di ganti per cvt honda pcx 1500rpm + roller 12 gm boleh d adu tarikan n besutannya di awal’. Ngacirrrrr n di atas 80km/jam makin ngacir’ karna per pcx standar vario 1000rpm n roller 18 gram terlalu berat untuk tarikan awal makanya lebih lelet di banding xeon”’ klo agen punya vario boleh tes”’

  118. seiring perkembangan teknologi, andalan utama dari honda maupun yamaha bisa beda-beda, bisa konsumsi bahan bakar, akselerasi maupun kenyamanan. sejauh ini pengalaman berkendara saya untuk kenyamanan & akselerasi masih ke honda, pengalaman pake vario 110 handling nya nyaman, di pasopati bandung mio mah lewat, giliran pake mio ngejar vario 110 di padalarang ga dapet2, nyoba vartech 125 tarikan bawahnya ga asik, karakter pasti beda antara karbu & injeksi. untuk tampilan ane lebih suka yamaha, mio praktis dan simple, MX keren, tapi untuk utilitas yang penting bagasi gede untuk naro barang. naek apapun yang penting nikmatin aja perjalanan bro.. :)

  119. cuma saran buat pembaca.. keep safe dijalanan ga usah kebut2an kaya bocah baru abis dikasih motor, klo mau tes speed ada tempatnya di sirkuit bukan di jalanan.. jangan membahayakan pengendara lain..

  120. yahh.. itu yang bawa vario nya bukan joki. cuma amatiran doang. coba yg bawa joki, pasti menang tuh. waktu itu aje, ane bawa vario cw ane yg lama lawan mio soul gt yg baru di bkt, ane menang telak tuh. vario ane paling full sampe 105km/jam (ane gendut bos wkwk)

  121. Ne ane pengguna vario 125 pgm-fi ane juga mekanik ahass disyafa marwah kelua kab. Tabalong Kalsel. Emang saya akui vario 125 memang lambat naik pada saat tarikan awal ngulas gas, tapi setelah jarak tempuh 400/500meter vario 125 udah mulai terasa kecepatannya dan bisa mendahului motor sekelasnya xeon dan ane pernah bawa top kecepatan vario 125 sampai 130km/h. Padahal saat itu saya membonceng istri saya dan bwa beras dilantai pijakan 2blek. Awalnya ane tidak ada niat untuk trek trekan karna ad pengendra xeon memanasi ane lalu ane ladanin akhirnya yamaha xeon dapat ane taklukkan pada kecepatan 125km/h. Pas saat itu jalan tol trisakti banjarmasin sedang lengang/sepi jd kami bisa beradu kecepatan. Mungkin ini saja masukan dari ane bagi anda jangan ragu ragu untuk beli vario 125 pgm-fi karna sekarang vario 125 tidak lagi borus busi.

  122. “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ bner tu mas AMI..ane jg Ʊϑaђ nyoba Vario 125.gak ada larinya,malah wktu nyoba lawan Mio sporty ane,malah ane yng dluan ngibrit.kegendutan kali yah,soalnya kyk bunting gtu mtornya..kasihan memang pengguna Vario 125,ketipu ama angka 125 n iklan produk..so,plih yng tak skedar janji n iming2 bonus2..go go YMI..Garputala memang jagonya bkin motor ngibrit

  123. Barusan 24 DES 13′, Jupiter Z 110 06′ gw, ku coba sama vario 125 FI , dngan jarak 20 KM, Udah gas mentok semua hasil SERI, Top speed tembus 120 km/jam…

    • ahhh si agan kirain skywave juga mmmmhikikikkk.ada tugan bawah agan pake vartech 125,,,,,jauh lebih unggul katanya,,,,,mau ane ladenin ahh,,,,sekalian ngopi gituu,,,,tp tau dah wani pora….

  124. tulisannya nyubjek itumah.
    kenyataan sih ga kya gtu. gua juga sering ketemu pengendara xeon. skywave spin dan skydrive . kalo trek lurus vartech jauh lebih unggul.

  125. udah udah sabar sabar, xeon vario sama2 bagus, ngga usah pada panas, masih banyak kok yang lebih hebat, diatas langit masih ada nyamuk eh langit.

  126. coba ganti bannya xeon yg kcl tu biar ukurannya sama besar dgn vario. Punyaku aja xeon q ganti ban pake ukuran blkng 90-90.14 depan 80-90.14 persis sama ukrn kayak puoya vario 125. Segi tampilan jd tambh sangar di bagiam kaki tp kok jd kurag nxaman dipakae betotan awal jd spt ngeden top speed cm 98 hmpr 100 km/h pdhl mtr br 4bln . Parah ni xeon gue.

  127. vario CBS ane tembus 124KM/jam dalam keadaan jarak lintar lurus 1KM lebih ,
    pengalaman ane selama pake vario 125 ini udah berapa kali berhdapan dgn metik2 lain terutama xeon ,di awal emang benar xeon ngibrit habis tapi dalam waktu cepat vario ane bisa ngasapin xeon dengan mudah dan xeon jauh ketinggalan itu dalam posisi kosong di jam 11 mlm
    , dulu sempat malu make vario CBS ini, tapi ntah kenapa ane makin jatuh cinta dengan CBS ini ,
    kalo metikemang honda jagonya

  128. Tergantung yang bawa kmaren xeon 125 sama skywive tumbang ama vario 125 ane, jadi walaupun motor kenceng klo yang bawanya ble’e tetep aje broo!

  129. kalau dari kacamata pribadi

    vario 125 itu didedikasikan untuk jalan dengan jarak cukup jauh namun tetap irit.

    berdasarkan pengalaman pribadi nyobain vario semua edisi, justru yg 125 paling irit.
    memang kalau untuk tarikan awal (rpm rendah) kurang ngisi malah terasa seperti gembos gitu, bahkan dibeberapa kasus ada juga yg endut2an setiap tarikan di rpm rendah. Beda sama vario edisi karbu yg tarikan awalnya oke.
    memang saya belom nyobain semua merk saingan, untuk yamaha baru coba mio generasi pertama dan j kalau xeon belum pernah. untuk suzuki apalagi

    setelah menelusuri dan mencari informasi tentang masalah ini, memang karakter mesin dibuat untuk seirit mungkin. masalah kenapa vario 125 sampai gembos di rpm rendah ternyata ada pada setingan injektor yg terlalu mencekik dan juga busi. jadi kalau komponen tersebut di seting ulang, masalah rpm yg gembos bisa teratasi namun dengan resiko konsumsi bbm akan lebih boros.

    untuk sekedar sharing aja, saya pernah nyobain beberapa kali luar kota pake vario 125.
    berangkat dari rumah indikator bensin menunjukkan 4 bar.
    rute bogor (ciomas jemput teman di ciapus) – bandung (dago) via puncak cianjur padalarang dengan waktu tempuh total 2,5 jam (jangan ditanya gaya ridingnya ya :p ) ditebus dengan mengeluarkan uang untuk bensin beroktan 92 sebesar 20.000 (isi di pom deket rumah) bisa sampai tempat tujuan.
    selama dibandung 4 hari dengan kegiatan wisata, puter2 bandung kemudian ke lembang, jatinangor dan selalu mengakhiri trip di dago. untuk kegiatan ini saya kembali menebus dengan uang 20.000.
    jalan pulang ke bogor kembali ditempuh dalam waktu 2,5 jam dengan mengeluarkan uang20.000
    saat sampai di rumah indikator bensin kembali menunjukkan 3 bar.
    harga pertamax saat itu berada pada kisaran 10.900sekian s.d 11ribu sekian.

    bagi saya pribadi, dari pengalaman2 perjalanan jarak jauh dengan mengendarai vario 125 sangat nyaman, cepat, dan ramah di kantong. tanpa bermaksud offense pabrikan lain, tapi memang motor saya di rumah cuma ada itu. maklum milik orang tua hehe

    salam roda dua

    • tambahan, saya bukan tipe rider yg demen betot abis di tarikan awal. karakter saya lebih ke naikin rpm sesuai irama mesin motor. tapi pada saat jalan lebih senang mempertahankan kecepatan tidak kurang dari 70 kph meski ada hambatan apapapun bentuknya (kecuali jalan berlobang ekstrim, ex : pantura pasca banjir x.x)
      kalo lagi turing ketemu HD juga ikut nguntit dari belakang, lumayan kebagian buka jalur hahaha

  130. Xeon memang bs mngalahkan vario krna xeon pny daya maksimum 11,4 ps sdngkn vario 11,3 ps jd jelas tenaga kuda vario ketinggalan tipis ma xeon . .

  131. Jadi utk aktifitas harian ug cocok xeon, krn nggak mungkin lah dijalanan macet hrs tancap gas 110km/jam… So please choice what you need…

  132. yaelahhhhhhhhhhh
    broo brooooo brooooo
    pada ngaku kenceng kenceng
    giliran diajak test sambil ngopi,jalin silaturahmi,,pada gada yang nyaut,,,,huffttt
    kebanyakan para salesnya,,,kwakakakakakak
    tong kosong nyaring bunyinya,,,,,kompor meleduk,,,bledak bleduglah
    bukti bos,bukti,,,,,wani teu?wani teu?wani teu?//////////
    apa perlu sy cantumin no hp,,,biar real real real…..matic yg dibangga banggakan secepat kilat,,awan kelabu,mega mendungm,,,dar der dor

    • Ngapain pada kebut kebutan matik?.motor matik itu gunanya buat belanja ibu2 kepasar,antar anak sekolah.kalau merasa batangan,kan ada motor buat laki laki.pd bego loe

  133. la xeon kok kerep tk entuti ama vario ku trus gimana ceritanya tu…l wong xeon pakai roler lebih ringan y jelas cepet tp syang si xeon gk bisa lihat roler yg aq pakai yaitu roler fliying roler yg berat nya 14 gram dan cvt 1500 rpm putaran bwah lbih cepat atas jg tmbh galak…klau gni xeon ampun2 nan lwan vario ku..apalagi vario ku trus mnum pertamax…xeon gk ada apa2 nya jika roler sama2 ringan.. harap di pertimbangkan pnulis artikel di atas ..

  134. Yamaha motornya anak, di indonesia yg pake honda itu cuma orang2 yg ngirit trll takut klo motor’y boros bensin, perhitungan karna mikirin hrg jual, klo demi kepuasan selera saya yakin yamaha memuaskan, honda selera model’y g ada yg sporty, ,!!!

  135. vixion ane pernah sejajarin sama vario 125 di kisaran 100 kmj- 105 kmj itu pun vario 125 udah ngoyo d jalan lurus sepi kurang lebih 1 km

  136. untungnya gue punya motor honda, yamaha, suzuki, kawasaki, vespa, dan kymco.. jadi bisa jujur.. gak mudah dibohongi loe-loe pada..

  137. tgl 23 mei kmrn sy sdg melaju sdrian pake vario cw 110 dg gas pol kcptn lbh krg 102 k/j. tiba-tiba dr blk……srpng (istilae piye)…..xeon goncengan, sy ikuti trs……2 metre 5 meter 10 meter 20…… ilang. Jd brp kcptn xeon itu?

  138. semaaa kalian itu pada tolol, sesama pengguna motor matic ga usah saling hujat. ketauan bangat kasta “orang susah, mimpi pinya motor yang cepat”… TOLOL

  139. motor itu cuma tinggal pilih. Mau akselerasi pilih yamaha. Mau irit pilih Honda. Mau torsi gede pilih Vespa. Mau liat hasil Uji Test Motor liat aja di Motor Plus. Kalo mau pilih akselerasi + Top sped + nyaman ya pilih motor Honda Gold Wing atau Harley Davidson. yang penting ada fulusnya. Pernah punya Vespa PX, Yamaha Yupiter Z, Honda Megi, BMW R26 ( jadul ). sekarang harian pake HSX 125. ok bro selamat hari libur ya…..

  140. Ane baru 2 bulan nih beralih ke matic, karena pengen irit jatuhlah pilihan ke vario 125 ini. Karena penasaran dengan kecepatan maksimunnya, nyasar ke situs ini deh. Kebetulan ga pernah ada kesempatan jalan panjang lurus buat test top speednya, tp yang bisa ane bilang, sampe kecepatan 100 km/jam ga ada masalah buat motor ini. Tapi apa memang udah maksimal atau gimana, lewat 100 km/jam, udah mulai ngeden tuh buat naiknya. Kebetulan kemarin coba cuma sampe 105 km/jam aja (kondisi masih terus naik kecepatannya, karena lampu merah jadi harus teken rem). Kalau diadu, mungkin bisa jadi xeon lebih kenceng, tp mengorbankan bensin yang lebih banyak kan? Masalah manuver memang ini motor gede dan berat, butuh skill tinggi dan harus terbiasa untuk bisa salip2. Awal beralih (dari jupiter z burhan), ane hampir ga bisa salip2 kaya dulu, tapi setelah 2 bulan, rasanya mudah saja untuk salip2. Skill salip2 sangat berpengaruh di sini.

  141. Kalo trek pendek ku akui memng gk mampu vario πёє̲̣ ,tp jarak jauh mna mampu seon tu
    Blm prnah ngrasa vario kuu kah,100meter jak lah

  142. Mau komen nih. Baru tadi sore ane fight pake xeon gt125 adenya xeon ngelawan vario 125 dan hasilnya vario jauh ketinggalan pas ditarikan awal. Vario baru bisa nempel sama motor ane pas kecepatan ane udeh mentok di 110km/h. Top speed vario sih kayanya sekitar 115km/h deh soalnya ngejarnya rada jauh jaraknya dari lampu merah pasar raya manggarai dan baru ketempel pas di lampu merah dukuh atas

  143. vario gak ada apa2nya. star aj sdh kalah sma xeon saya .Xeon RC aj putus sma xeon karbu ku .apa lagi xeon GT bru star ketinggalan. Bgi saya mtor xeon kalo digaspooll topspeednya tambh kencang

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s