CBR 150 LOKAL VS R 15 : ANALISA DATA M+ VS OTOMOTIF DARI SUDUT PANDANG FISIKA.

Assalamualaikum Wr wb.

Semenjak M+ mengeluarkan data CBR 150 lokal vs R 15, AMI sudah ingin membahasnya karena ada “sesuatu” di data itu. Sekarang Otomotif juga mengeluarkan data yang berbeda dari M+, yaudah sekalian di analisa saja keduanya.

AMI tidak akan menuliskan turunan rumus Fisika versi Universitas, tapi hanya rumus langsung jadi biar mudah dimengerti. (karena intinya bukan di rumus, tapi apa yang bisa kita ambil kesimpulan dari suatu data.)

Vt = Vo + a.t

S = Vo.t + (½) . a . t2

a = (Vt – Vo)/ t

dimana :         Vt = kecepatan akhir (meter / detik)

Vo = kecepatan awal (meter / detik)

a = percepatan ( meter / detik2 )

t = waktu (detik)

S = jarak (meter)

DATA M+

DATA 1

0-40KM/H 0-60KM/H 0-100KM/H
CBR 150 LOKAL 2.44 4.5 12.14
R 15 2.6 4.8 12.41

DATA 2

0-100 M 0-201 M
CBR 150 LOKAL 7.35 11.46
R 15 7.31 11.5

Untuk mengkonversi KM/H menjadi M/detik maka dikalikan 1000/ 3600.

Dari DATA 1, maka:

Percepatan kedua motor ( meter/ detik 2 )

0-40KM/H 0-60KM/H 0-100KM/H
CBR 150 LOKAL 4.55 3.70 2.29
R 15 4.27 3.47 2.24

Berdasarkan DATA 1 M+, terlihat bahwa akselerasi CBR 150 lokal selalu unggul dan tidak sekalipun R15 mampu untuk mengalahkan CBR 150 lokal. Keunggulan akselerasi CBR 150 lokal tersebut semakin menipis seiring bertambahnya kecepatan, selisihnya yaitu: 0.28 , 0.23, dan 0.05 m/detik 2 .

Jarak yang dibutuhkan kedua motor untuk mencapai kecepatan tersebut (meter)

0-40KM/H 0-60KM/H 0-100KM/H
CBR 150 LOKAL 13.56 37.50 168.61
R 15 14.44 40.00 172.36

Untuk mencapai kecepetan 40km/h, CBR 150 lokal butuh jarak 13.56 meter sementara R15 butuh jarak 14.44 meter. Begitu seterusnya untuk kecepatan 60km/h dan 100km/h.

Dengan kata lain, disaat CBR 150 lokal mencapai jarak 13.56 m, 37.50 m dan 168.61 m, R15 baru mencapai jarak:

CBR 150 LOKAL 13.56 meter 37.50 meter 168.61 meter
R 15 12.72 meter 35.16 meter 164.94 meter
SELISIH 0.83 meter 2.34 meter 3.67 meter

Artinya, berdasarkan DATA 1 M+, CBR 150 lokal selalu unggul hingga minimal jarak 168.61 meter dengan keunggulan 3.67 meter didepan R 15.

Bagaimana dengan DATA 2 M+?

Dari DATA 2 M+, maka perecepatan kedua motor (meter/ detik 2 )

  0-100M 0-201M
CBR 150 LOKAL 3.70 3.06
R 15 3.74 3.04

R15 justru unggul akselerasi 0-100m dengan selisih 0.04 m/detik 2 , kemudian untuk 0-201m berbalik CBR 150 lokal yang unggul dengan selisih percepatan 0.02 m/detik 2

Dari DATA 2 M+, kecepatan kedua motor:

0-100M 0-201 M
CBR 150 LOKAL 97.96 KM/H 126.28 KM/H
R 15 98.50 KM/H 125.84 KM/H

Pada saat jarak 100 m, kecepatan R 15 adalah 98.50 km/h sementara CBR 150 lokal 97.96 km/h. Pada jarak 201 m, kcepatan R15 125.84km/h dan CBR 150 lokal 126.28 km/h.

Artinya, pada saat R15 sudah mencapai 100 meter, CBR 150 lokal baru mencapai 98.91 meter.

R 15 100 meter
CBR 150 LOKAL 98.91 meter
SELISIH 1.09 meter

Dan saat CBR 150 lokal mencapai 201 meter, R15 baru 199.60 meter.

CBR 150 LOKAL 201 meter
R 15 199.60 meter
SELISIH 1.40 meter

KESIMPULAN DATA 1 DAN DATA 2 M+:

Dari DATA 1 M+ dapat disumpulkan bahwa CBR 150 lokal selalu unggul hingga minimal jarak 168.61 meter dengan keungulan 3.67 meter di depan R15, sementara DATA 2 M+ justru terlihat bahwa CBR 150 lokal kalah 1.09 meter di belakang R15 untuk mencapai jarak yang hanya 100 meter.

Disini terlihat ada pertentangan data, mana yang benar, CBR 150 lokal akan unggul hingga MINIMAL JARAK 168.61 meter dengan keunggulan 3.67 meter di depan R15 atau CBR 150 lokal kalah 1.09 meter di belakang R 15 disaat JARAK BARU MENCAPAI 100 meter???!.

Karena jika DATA 1 M+ kita plot dalam bentuk grafik, maka tidak sekalipun R15 sanggup mengalahkan CBR 150 lokal. Artinya seharusnya untuk jarak 100 meter CBR 150 lokal akan unggul dari R15.

Kesimpulan AMI untuk data yang didapat dari M+ adalah DATA 1 tidak konsisten dengan DATA 2.

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang kita analisa data dari Otomotif.

DATA 1

0-60KM/H 0-80KM/H 0-100KM/H
CBR 150 LOKAL 5 8.5 14.1
R 15 4.5 7.6 12.8

DATA 2

  0-100M 0-201M 0-402M
CBR 150 LOKAL 7.7 11.9 19
R15 7.4 11.9 18.5

 

Dari DATA 1, maka:

Percepatan kedua motor ( meter/ detik 2 )

0-60KM/H 0-80KM/H 0-100KM/H
CBR 150 LOKAL 3.33 2.61 1.97
R 15 3.70 2.92 2.17

Berdasarkan DATA 1 M+, terlihat bahwa akselerasi R15 selalu unggul dan tidak sekalipun CBR 150 lokal mampu untuk mengalahkan R15. (Hal ini berbanding terbalik dengan data yang diperoleh oleh M+)

Jarak yang dibutuhkan kedua motor untuk mencapai kecepatan tersebut (meter)

0-60KM/H 0-80KM/H 0-100KM/H
CBR 150 LOKAL 41.67 94.44 195.83
R 15 37.50 84.44 177.78

Untuk mencapai kecepetan 60km/h, CBR 150 lokal butuh jarak 41.67 meter sementara R15 butuh jarak 37.50 meter. Begitu seterusnya untuk kecepatan 80km/h dan 100km/h.

ketika R15 mencapai jarak dibawah ini, maka posisi CBR 150 Lokal adalah :

CBR 150 LOKAL 33.75 meter 75.50 meter 161.39 meter
R 15 37.50 meter 84.44 meter 177.78 meter
SELISIH 3.75 meter 8.94 meter 16.39 meter

Artinya, berdasarkan DATA 1 otomotif, R15 selalu unggul hingga minimal jarak 177.78 meter dengan keunggulan YANG SANGAT WOW 16.39 meter didepan CBR 150 lokal.

Apakah anda yakin R15 akan seunggul ini ketika kecepatan baru mencapai 100km/h?

Bagaimana dengan DATA 2 otomotif?

Dari DATA 2 otomotif, maka perecepatan kedua motor (meter/ detik 2 )

  0-100 M 0-201 M 0-402 M
CBR 150 Lokal 3.37 2.84 2.23
R 15 3.65 3.04 2.35

 

R15 tetap unggul akselerasi 0-100m , 0-201m dan 0-402.

Coba bandingkan data R15 otomotif dengan M+, hampir sama. Namun berbeda dengan data CBR 150 Lokal.

Dari DATA 2 otomotif, kecepatan kedua motor:

0-100 M 0-201 M 0-402 M
CBR 150 Lokal 93.51 Km/h 121.61 Km/h 152.34 Km/h
R 15 97.30 Km/h 125.84 Km/h 156.45 Km/h

Pada saat jarak 100 m, kecepatan R 15 adalah 97.30 km/h sementara CBR 150 lokal 93.51 km/h. Pada jarak 201 m, kecepatan R15 125.84km/h dan CBR 150 lokal 121.61 km/h dan seterusnya. Coba anda perhatikan, data R15 oleh otomotif hampir mirip dengan data R15 oleh M+, namun agak beda untuk data CBR 150 lokal.

Artinya, pada saat R15 sudah mencapai 100 meter, CBR 150 lokal baru mencapai 92.36 meter.

R 15 100 meter
CBR 150 LOKAL 92.36 meter
SELISIH 7.64 meter

saat R 15 mencapai 201 meter, CBR 150 Lokal baru 187.71 meter.

R 15 201 meter
CBR 150 Lokal 187.71 meter
SELISIH 13.29 meter

Dan saat R 15 mencapai 402 meter, CBR 150 Lokal baru 381.12 meter.

R 15 402 meter
CBR 150 Lokal 381.12 meter
SELISIH 20.88 meter

 

 

Kesimpulan untuk DATA 1 dan DATA 2 Otomotif:

Berdasarkan DATA 1 Otomotif, R15 selalu unggul dan ini sejalan dengan DATA 2 Otomotif dengan keunggulan R15. Berarti tidak ada pertentangan data diantara dua data tersebut.

Namun, coba anda perhatikan untuk data CBR 150 Lokal oleh Otomotif, pada DATA 2 untuk adu drag 100 meter, R 15 unggul 7.64 meter di depan CBR 150 lokal.

Adu drag 201 meter, R 15 unggul 13. 29 meter di depan CBR 150 lokal.

Untuk jarak 402 meter, R 15 unggul 20.88 meter di depan CBR 150 lokal.

Dari hasil yang cukup unik ini, apakah R 15 YANG PAKE NOS atau CBR 150 Lokalnya yang digendongin karung 50 KG sehingga CBR 150 Lokalnya SEMAKIN DI DEPAN sementara R 15 RIDERNYA UDAH MEROKOK DULUAN (BACA: FINIS DULUAN).

KESIMPULAN AMI:

Untuk data M+, terdapat pertentangan data antara data 1 dan data 2 nya. Kalau dalam sidang skripsi, data seperti ini sangat berbahaya, karena bisa jadi makanan empuk bagi dosen penguji untuk menggagalkan kita. Jika dosen pengujinya baik, maka kemungkinan kita akan disuruh memperbaiki data dengan penelitian ulang untuk kemudian disidang ulang. Kalau dosennya killer, maka bisa bisa TOGA ndak jadi digunakan semester ini. Karena jika data aja udah salah, tentu kesimpulan akan salah juga.

Untuk data otomotif, oke, tidak ada pertentangan data didalamnya. Untuk data R 15 juga hampir mirip dengan M+. Namun untuk data CBR 150 Lokalnya kok inferior sekali.

Contohnya, untuk adu drag 201 meter, sangat aneh aja rasanya jika jarak antar kedua motor terpaut 13.29 meter. Karena kedua motor ini bedanya tipis. Kalau tarung antara XEON dan SUPRA X 125, maka AMI sangat percaya SUPRA X akan ketinggalan sekitar 13-an meter dibelakang, karena kedua motor beda jenis, yang satu matic gesit dan yang satu bebek yg lemot (maaf baca : smoot)

Jadi, menurut AMI kedua data dari M+ dan Otomotif masih harus diperbaiki lagi. Yang 1 datanya berantakan, yang 1 lagi datanya juga bikin dosen penguji berkata “loh kok bisa ya?”

Saran AMI untuk test ini:

  1. Lakukan start pada RPM optimal pada masing-masing motor.
  2. Tester harus 1 orang.
  3. Dilakukan pada tempat yang sama dengan kondisi yang sama.
  4. Lakukan dengan banyak percobaan, hingga puluhan kali agar penyimpangan data bisa kecil. (misal 20 kali uji coba)
  5. Kalau ada data yang sangat aneh, jangan dimasukkan.
  6. Lakukan dengan jarak lintasan yang cukup, misalnya 1-1,5 kilometer. Karena potensi motor bisa tergali maksimal. Jika hanya jarak 40 meter (atau kisaran 60 km/h), maka mio vs ninja 250 pun hasilnya bisa beda tipis. Artinya potensi pembeda antara kedua motor belum terlihat sempurna.
  7. Hindari menggunakan unit motor tes dari pabrik, untuk menghindari permainan manipulasi peforma dari produk produksi masal. (Kasus R25 dan feeling AMI begitu juga dengan CBR 150 Lokal ini.)

Sangat aneh rasanya jika CBR 150 lokal ini bisa unggul atas dan bawah dari versi sebelumnya, dengan hanya perubahan kecil dan bobot naik. Bukannya petinggi Honda juga ikut nimbrung mengatakan bahwa jika mengejar akselerasi maka topspeed yang dikorbankan. Sementara di kasus CBR 150 lokal ini, akselerasi katanya oke namun topspeed juga lebih oke.

Jika akselerasinya oke dan topspeednya lebih oke dari versi CBR Impor, maka feeling AMI spedometernya yang ikut di manipulasi, sehingga harus di crosscheck dengan gps.

  1. Alat ukur yang digunakan harus sudah dikalibrasi. Untuk melakukan penelitian, ini merupakan tahap awal yang mesti dilakukan. Bahkan terkadang untuk mengkalibrasi 1 alat butuh waktu hingga setengah bulan. Misalnya kalibrasi alat spectroskopi untuk mengukur radiasi sinar X menggunakan sumber radiasi seperti cesium 137, barium 133, americium 241.
  2. dll

update: berikut AMI lampirkan grafik base on data kedua tabloid. maaf telat. (dari grafik terlihat antara data 1 dan data 2 dari otomotif lebih konsisten, sementara data M+ bertolak belakang)

g2g1

g3g4

Iklan

11 thoughts on “CBR 150 LOKAL VS R 15 : ANALISA DATA M+ VS OTOMOTIF DARI SUDUT PANDANG FISIKA.

  1. Iya juga ya…. Lupa ane, saat sidang kuliah dulu, juga pernah ada kesalahan data macam ini…
    Pencerahan nih…
    Pertanyaannya….
    Ada apakah antara m+ dan otomotif? Bukankah mereka 1grup????

    • itu base on data kedua tabloid. mungkin akan lebih mudah dimengerti jika menanggapinya menggunakan rumus dan hasilnya. maksudnya linier disini apa? dan seharusnya bagaimana perhitungannya? silahkan dimasukkan ke rumus cara perhitungan yang benarnya bagaimana, sehingga mudah untuk kami menanggapinya.

  2. Betul pak Dhe…nggak usah sampe S2 lah…karena dengan baca sekilas aja aku merasa penjelasannya ada yang ganjil…
    masalah data 2 kan diambil pada kecepatan dengan jarak tertentu, artinya percepatan dianggap linier..sedangkan dari data sebelumnya terlihat bahwa percepatannya tidak linier (makin lama-makin turun untuk CBR). Jadi tidak menutup kemungkinan pas 100m kecepatannya saat itu lebih kecil dari R15. Sedangkan sepanjang jarak itu percepatannya lebih tinggi secara rata-rata terhadap R15. Jadi mungkin akan lebih jelas jika dibuatkan grafiknya dan kalo perlu diperkuat dengan interpolasi sebagai asumsi. Supaya datanya lebih banyak.

    • percepatan tidak bisa dibuat asumsi dengan interpolasi, karena ini bukan percepatan linier dan tentusaja penyebablainnya kenapa tidak bisa diinterpolasi adalah power motor tidak naik secara linier dalam rentang rpm, contohnya power maksimum pada rpm 5000. diatas itu powernya kmbali turun.
      mungkin sebaiknya memberikan argumen disertai rumus dan hasil angkanya, sehingga lebih mudah bagi AMI dan rekan lainnya memahami maksudnya. beragumen berdasarkan rumus tentu lebih gampang memahami dan mengoreksinya daripada berdasarkan asumsi. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s