MotoGP Mania? Masuk…

Assalamualaikum wr wb

Selamat malam

MotoGP musim 2012 akan diselenggarakan pada seri pembuka di sirkuit Losai, Qatar. Jika pada musim 2011 Honda begitu dominan, maka di musim 2012 ini terjadi peningkatan pada motor Yamaha M1 dan Ducati. Tentunya kita semua mengharap musim 2012 ini akan menyajikan persaingan yang lebih seru.

Menurut AMI, gelar juara dunia 2012 hanya akan diperebutkan oleh 3 rider, yaitu Casey Stoner (Repsol Honda), Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo (Yamaha Factory). Ketiga rider ini mungkin akan berada pada grup pertama / leader group.

Bagaimana dengan Valentino Rossi (Ducati), Ben Spies (Yamaha Factory) dan Andrea Dovizioso (Monster Yamaha)? Ketiga rider ini mungkin akan berkompetisi pada grup kedua. Namun akan berpotensi mengganggu rider pada leader group pada sirkuit dan kondisi tertentu.

Baiklah, mari kita lihat motor prototipe yang akan bersaing dalam perebutan gelar  juara dunia.

Image Honda RC213V

 Tidak diragukan lagi, Honda akan mencangkokkan teknologi yang telah membuat RC212V mendominasi musim 2011 pada motor RC213V ini. Motor ini memiliki keunggulan dalam hal peforma dibandingkan motor pabrikan yang lain, terutama pada tenaga atas. Motor ini akan terasa lebih kompetitif pada sirkuit yang memiliki stright lurus yang panjang dan sirkuit yang memiliki karakter membutuhkan keunggulan power atas, seperti Losail (Qatar), Catalunya(Spanyol), Mugello (Italy) serta Sepang (Malaysia).  Motor ini cocok untuk rider dengan style agresif. Jika diberi point, nilainya 9.

 Image

Yamaha YZR M1

Selanjutnya, Yamaha YZR M1 2012. Motor ini lebih memiliki potensi dibandingkan motor pada musim 2011. Pada M1 2012 terjadi peningkatan peforma. Keunggulan M1 ini terletak pada handling. Yamaha M1 akan lebih kompetitif pada sirkuit yang banyak tikungan, stright yang pendek dan sirkuit yang memiliki karakter “mengalir” pada putaran bawah, menengah dan sedikit tenaga atas.Motor ini cocok untuk rider dengan style tenang. Jika diberi pont, nilainya 8.7

Bagaimana dengan rider?

Image

 Casey Stoner

Unggul dalam late brake, sliding, lintasan basah dan race time kualifikasi

Skill: 9

Mental Strenght: 10

Kelemahan: Start, awal race.

Csey Stoner merupakan pebalap dengan style agresif, sehingga cocok dengan motor RC213V. Dengan didukung skill dan  paketan motor yang bagus, Stoner berpeluang besar mempertahankan gelar juara dunia.

Image

Dani Pedrosa

Unggul dalam Start, diakhir-akhir race

Skill: 8.8

Mental Stenght:9.9

Kelemahan: moody, lintasan basah

Dany Pedrosa merupakan pebalap senior di Repsol Honda, memiliki karakter balap yang agak (kurang) agresif sehingga sedikit banyaknya berpengaruh terhadap peformanya mengendarai RC213V. Dani Pedrosa merupakan pebalap yang moody, jika lagi “on fire” akan sangat susah ditaklukan, namun jika tidak suka dengan karakter sirkuitnya, Pedrosa seringkali menuai hasil kurang baik. Pada musim 2012 ini, dengan didukung paketan motor yang sangat kompetitif, Dani Pedrosa juga berpeluang besar sebagai penantang gelar juara dunia.

 Image

Jorge Lorenzo

Keunggulan: High speed cornering specialist,  Start, ketenangan dalam race

Skill: 9.1

Mental Strenght: 10

Kelemahan: moody, lintasan basah

Jorge Lorenzo merupakan tipikal pebalap yang tenang , memiliki gaya balap yang hampir sama seperti Rossi, fighter rider, namun berbeda dalam skill late brake (dalam hal ini Rossi lebih unggul). Lorenzo merupakan pebalap yang rada-rada moody, jika tidak suka dengan karakter lintasan, akan mempengaruhi disaat race. Menurut AMI, skill Lorenzo sedikit lebih unggul dibanding Stoner, namun Stoner tidak moody, sehingga disetiap sirkuit dia akan tetap berusaha maksimal, disinilah nilai lebih Stoner dibanding Lorenzo. Dengan didukung paketan motor YZR M1 yang lebih kompetitif, Lorenzo berpeluang besar merengkuh kembali titel juara dunia.

Penilaian.

Dalam perebutan gelar di MotoGP ada banyak hal yang ikut mempengaruhi, baik teknis (paket motor, set-up motor) maupun non teknis (keberuntungan) serta suasana hati saat race dll. Namun jika bicara secara real, maka faktor motor dan skill pebalap lah yang mempengaruhi.

Casey Stoner : Motor + Skill = 9+9 = 18

Dani Pedrosa : Motor + Skill = 9+8.8 = 17.8

Jorge Lorenzo: Motor + Skill = 8.7+9.1 = 17.8

Secara kasar, Casey Stoner tetap berpeluang dan diunggulkan dalam mempertahankan gelar juara dunia. Namun faktor skill dan mental saat race juga sangat mempengaruhi (selain keberuntungan).

Bagaimana pendapat AMI? Jika paketan motor antara RC213V dan YZR M1 seimbang, AMI akan mengunggulkan Lorenzo.

Namun jika melihat pada acuan diatas, berdasarkan karakter motor pada tiap-tiap sirkuit meiliki kelebihan dan kekurangan, serta faktor-faktor non teknis lainnya, maka menurut AMI antara Stoner dan Lorenzo memiliki peluang yang nyaris sama, diikuti oleh pedrosa. 35% untuk Stoner, 34% untuk Lorenzo dan 31% untuk Pedrosa.

Ini semua merupakan prediksi dalam angka, dan manusia tidak dapat selalu benar dalam hal yang berkaitan dengan sesuatu yang sifatnya relatif.

Btw, jika dipaksa memilih, AMI akan menjagokan Jorge Lorenzo :p

ini jagoanku, siapa jagoanmu??? ^_^

tambahan:

 Image

 Valentino Rossi

Keunggulan: high speed cornering specialist, late brake, lintasan basah, start, ketenangan dalam race

Skill: 9.3

Mental strenght:10

Kelemahan: karena jago ditikungan, maka Rossi cenderung sangat dipengaruhi oleh faktor grip

(sengaja mengambil pic saat Rossi masih di Yamaha, karena kangen dan ingin tahu bagaimana jika Rossi memiliki motor yang kompetitif dan bertarung dengan Stoner, biar kelihatan jelas siapa yang lebih unggul. Dan akan semakin seru karena dibumbui pertarungan antara Honda vs Yamaha)

Iklan

14 thoughts on “MotoGP Mania? Masuk…

  1. Stoner n lorenzo sbtulnya rider yg sama2 agresif n cepat..ane sh brharap ada kejutan di ducati gp12 🙂 .

    Kl milih yg di barisan dpn ane pilih stoner.

  2. Juara dunia kayaknya msh ditangan stoner tp dia pasang nmr#1 dimotornya. Apa bs ya kayak seniornya si doohan yg bbrapa musim nmr#1 nempel trus dimotornya 🙄

  3. klo hohe dan stoner pake motor yg sama.., ane pegang hohe.
    sayang motor hohe kurang kompetitif…, sehebat apapun rider klo motornta gak kompetitif ya mlempem

  4. saya juga fans Lorenzo.. sangat rapi dn tenang, jarang melakukan kesalahan ketika balapan, dia bukan tipe yg berani ambil risiko seperti Marquez.. meskipun tdk seagresif Marquez, tp kecakapan dn ketenangannya, tdk mw mengambil risiko yg membahyakan keselamtannya menjadi poin ptg saya nge-fans dg Lorenzo. Mengingat motornya yg mmg scrbkeseluruhan kalah, tp dia bisa menutupinya dg skillnya.. go go Lorenzo, jgn mw kalah dg bayi alien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s