Analisa Honda vs Yamaha: New Mio Soul GT, Yamaha Sebaiknya Menerapkan Strategi Price Leadership Seperti Suzuki

(info: dalam tulisan ini, analisamotorindonesia mengasumsikan jika Mio Soul karbu  didiskontinue)

Assalamualaikum wr wb.

Selamat siang.

Apa kabar semuanya? Lagi sibuk melakukan aktivitas sehari-hari dalam bekerja, kuliah, atau merintis usaha? Nikmati aja semua proses pahit manis atau beratnya problem/masalah yang dihadapi. Tentu semua yang kita lakukan saat ini tujuannya ingin sukses, ingin mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Jalan tercepat untuk mencapai kesuksesan adalah dengan menghadapi problem/masalah itu sendiri. Jangan menghindari problem atau menunda menyelesaikannya, karena hal itu akan memperlama jalan kita menuju kesuksesan yang kita impikan. Tetap semangat dan jangan mudah putus asa.

Image

Baiklah, perkembangan informasi bisnis roda dua di Indonesia seolah tidak ada habisnya. Saat ini mulai santer isu akan dirilisnya New Mio Soul GT oleh Yamaha. Awal tahun 2012 ini, di segment skutik Yamaha telah merilis 2 produk, yaitu Fino dan Mio J. Apakah ini indikasi awal bahwa Yamaha sudah mulai berbenah? Semoga perubahan manajemen dari YMKI menjadi YIMM memiliki efek positif terhadap perkembangan Yamaha khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Image

Spyshot New Mio Soul GT? (terimakasih Mas Arantan.wordpress.com)

Image

Image

(sumber foto: triatmono.wordpress.com)

Dalam hal perilisan sebuah produk, penetapan harga yang kompetitif merupakan suatu hal yang krusial. Jika kita lihat strategy penetapan harga antara Honda, Yamaha dan Suzuki, dapat kita lihat bahwa Honda mempengaruhi Yamaha, atau strategy penetapan harga Yamaha cenderung dipengaruhi oleh Honda, namun sedikit berbeda dengan Suzuki. Suzuki seolah-olah tidak ikut terpancing akan permainan Honda yang memimpin pasar.

Coba kita lihat sebelum era injeksi di kampanyekan oleh Honda dan Yamaha.

  • Honda menetapkan harga Vario CBS Techno 110 CC Rp.15.9 juta
  • Honda menetapkan harga Vario Techno 110 CC Rp.14.9 juta
  • Yamaha menetapkan harga Xeon 125 CC saat itu sekitar Rp. 15.7 juta
  • Suzuki menetapkan harga Hayate 125 CC Rp.14.3 juta

Terlihat disini Suzuki menetapkan harga lebih murah,kompetitif dan menguntungkan konsumen shingga Suzuki dikenal memiliki konsep Price Leadership.

Ada yang unik disini, melihat Price Leadershipnya Suzuki, sebenarnya harga produk Honda dan Yamaha mestinya bisa lebih murah lagi dari harga yang telah mereka terapkan!

Kembali ke isu New Mio Soul GT.

Jika kita lihat:

  • Harga Yamaha Mio Sporty Rp. 12.650.000
  • Harga Yamaha Soul Rp.13.700.000

Ada yang tau apa perbedaan yang besar antara Mio Sporty dan Mio Soul?? Sehingga terdapat jarak harga sekitar hampir 1 juta??

Disisi lain jika kita amati:

  • Harga Honda Spacy karbu Rp.12.650.000

Dengan berbagai pertimbangan dan pemikiran, menurut AMI Yamaha salah menerapkan harga pada Mio Soul sehingga Yamaha perlu mereposisikan kembali harga Mio Soul pada jalur yang tepat/seharusnya.

Suka tidak suka, harga Mio Soul yang tidak berada pada jalur yang tepat inilah yang membuat Mio Soul kesulitan dalam menghadapi Vario.

Selanjutnya, untuk New Mio Soul GT, coba kita lihat:

  • Yamaha Mio J Rp.12.8 juta (family)
  • Yamaha New Mio Soul GT Rp.xxx????

Dengan segala kekurangan ataupun kelebihan yang ada pada Mio J, dengan harga yang hanya terpaut sekitar 200 ribuan dari Mio Sporty, menurut AMI sebaiknya harga New Mio Soul GT mesti berada dibawah harga Mio Soul yang sekarang ini. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan dalam penempatan harga yang terjadi pada Mio Soul sebelumnya.

Yamaha juga mesti memikirkan antisipasi dalam serangan balik Honda jika merilis sebuah produk baru sebagai pengganti Vario Techno 110cc yg diskontinu.

Namun, AMI menyadari, dengan belum diketahuinya fitur dan kelebihan yang terdapat pada New Mio Soul GT ini, saran yang terdapat pada tulisan ini memang belum bisa diterima sepenuhnya.

Harapannya, untuk calon skutik ini, terapkanlah strategi Price Leadership yang kompetitif dan tentunya tidak mengecewakan konsumen.

update: informasi tambahan dari Mas Taufik.

http://tmcblog.com/2012/03/23/strategic-price-buat-mio-soul-gt/

Terima kasih Mas Taufik atas informasinya.

update2: berikut ada ulasan lainnya dari saudara proud2rideblog.com

http://proud2rideblog.com/2012/03/23/sebaiknya-mio-soul-injeksi-dibanderol-seharga-versi-karbu-rp-137-juta-nih-alasnnya/

Terima kasih P2R

Salam.

Iklan

15 thoughts on “Analisa Honda vs Yamaha: New Mio Soul GT, Yamaha Sebaiknya Menerapkan Strategi Price Leadership Seperti Suzuki

    • kalau menurut pendapat AMI secara pribadi sih seperti itu. harusnya bisa lebih murah dari harga yang telah mereka terapkan, dan semakin terlihat jelas ketika kedua pabrikan ini merilis mio j dan vario 125 dengan harga yang murah dibanding produk sebelumnya.

  1. Ping balik: Strategic Price Buat Mio Soul GT « TMCBlog – Motorcycle News

  2. yamaha bingung, nih klo jdi pengganti soul maka akan dikasih lbh mahal 200rb dr soul, 13,7jt soul karbu, plg gak 13,9 utk gt, smtara dilihat soul lama ama mio sporty gk ada fitur yg diunggulkan, mesin sama, cuma body doang beda 1jtan, inilagi soul gt diyakini sama dgn mio j, mesin sama injeksi sama, lbh mahal, body dbuat agk futuristik doang,mgkn plusnya lampu yg injektor mgkn,
    klo dibandrol sperty beat cw vs spacy cw yg cuma beda 50rb, bakalan membunuh mio j, mio j aja gk bgtu booming, direcokin mio gt jd tambah modyar,
    mio gt kluar harga sama kyk soul pun akn susah diterima spti sekarang soul karbu dicerna konsumen susah, mio soul gt kluar sama harga dgn mio j, makin memperpuruk mio j yg tengah cri image,
    mau gebuk lawan malah digebuk sendiri, lawan ketawa wkwkwkwkwk strategi yg dibikin gak dipikir mateng, payah siapa sih yg bikin, ompong bgt strateginya, apa gara2 pak paulus pergi jd gak ada yg pinter marketing, kyknya sih IYA.
    hanya masukan klo pingin gebuk honda, kluarin motor yg lbh superior harga lbh murah, nouvo sx, harga 15,9jt. nouvo elegante harga 15,1jt,

    • jangan sampai demi menjaga / tenggang rasa harga antar produk2 Yamaha agar tidak saling memakan, yang terekam di mindset konsumen harga yang over atau tidak pantas. jika konsumen sudah mencap suatu produk kemahalan, maka akan susah membuat citra yang bagus terhadap produk itu.
      sebaiknya, dalam proses penetapan harga, ada baiknya Yamaha memposisikan diri sebagai konsumen (dengan pola pikir konsumen) yang akan membeli produk Yamaha, apakah pantas dengan harga yg akan diterapkan?

  3. hmmm….
    menurut ane lawan mio gt adalah spacy… sama2 berbody gambot.
    klo spacy injeksi aja bisa dibanderol 12,8 jt…, apakah mio gt bisa dibanderol segitu?
    ngelihat track record yamaha skrg jujur ane pesimis…
    kita kihat produk2 yamaha skrg selalu minim fitur dgn banderol lebih mahal dr kompetitor…

  4. ………..gooooooo greeeeeeeeeennnnnnn!!!!!!!………..
    ……………………bengsin larang jek…………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s