Solusi analisamotorindonesia Terhadap Problem Vario 125

Assalamualaikum wr wb.

Selamat sore.

Oke, tulisan ini sebenarnya masih hipotesis (bahasa kerennya sih gitu) ditambah berdasarakan share teman2 owner vario 125.

langsung saja.

1. untuk masalah ngorok.

klu yang ini AMI belum bisa memberikan solusi.

2. ndut2an dan loss power

oke, menurut AMI ini ada kaitannya dengan pengapian yang kurang baik, ditambah sistem injeksi yang didesain untuk mencari irit. Pengapian yang bermasalah tentu berdampak terhadap peforma motor. Untuk problem ini, AMI memberikan solusi coba menggunakan part yang bersifat plug n play yang tidak memiliki efek negatif, yang berkaitan dengan pengapian. Untuk sistem injeksi yang diseting irit, AMI memberikan solusi agar motornya disetting untuk mengejar peforma. Bilang aja sama mekaniknya. Di tulisan sebelumnya( share masalah Vario) pada kolom komentar ada owner yang menggunakan stabilizer untuk pengapian, bro nengahiwan. silahkan dilihat lebih detailnya. Namun karena AMI kurang mengetahui stabilizer seperti itu, disini, AMI menyarankan menggunakan part plug n play yang sejenis itu, yaitu APS Motomax.

kira2 gambarnya seperti itu.

APS sendiri ada beberapa jenis, yang AMI ketahui ada tipe stage 1 untuk motor ber cc kecil up to 250 cc, ada tipe stage 2 untuk motor ber cc besar, lebih dari 250 cc. Ada yang tipe storm.

Oke, sebelumnya, APS Motomax ini menurut AMI yang jelas meningkatkan akselerasi dan topspeed. kalau dari forum kaskus, keseluruhan fungsinya :

- menambah power

-meningkatkan akselerasi

-tidak ngelitik

-bahan bakar menjadi irit (tp klu aksel n power meningkat, tentu memancing rider untuk geber motor, hingga efeknya malah boros hehehe)

-membantu ruang pembakaran menjadi bersih

-busi lebih awet

-peforma mesin meningkat

-mengurangi biaya perawatan

-bersifat plug n play alias tinggal pasang n comot serta ga ada efek samping negatif.

oke itu sekilas gambaran APS Otomax. Selanjutnya untuk tipe stage 1dan2, ini untuk mengejar akselerasi, sedangkan untuk tipe storm digunakan untuk mengejar akselerasi dan topspeed. AMI menyarankan untuk menggunakan tipe storm. Harga mungkin berkisar Rp. 230.000.

Selanjutnya, setelah dipasang APS Motomax, ada baiknya dikombinasikan dengan menggunakan 9Power, ga tanggung2 pasang 2 biji sekaligus. 1 biji harganya sekitar 35-39 ribu.

Fungsi 9power sendiri untuk memaksimalkan akselerasi,power dan speed, pengapian jadi bagus, hemat bbm, bebas perawatan dan yang paling penting plug n play.

cara masangnya seperti ini

Selanjutnya, tips yang AMI berikan untuk vario 125  ini berdasarkan share ownernya, sebaiknya gunakanlah BBM mimimal PERTAMAX. tapi karena selisih harga pertamax dan pertamax plus hanya sedikit, AMI sarankan gunakan PERTAMAX PLUS atau setaranya SHELL SUPER EXTRA. Kenapa? Selain merasakan sensasi power menggunakan BBM ini, juga untuk berjaga2 melihat kompresi motor yang tembus 11:1. kompresi ini memang dipaksakan oleh AHM untuk mengejar daya responsif dan akselerasi, karena lawannya adalah xeon dengan kompresi 10,9:1 yang diciptakan yamaha sebagai matic yang tercepat meraih topspeed dikelasnya. Ditambah bobot vario 125 yang lebih berat sekitar 10 kg dari xeon, rasanya masuk akal kenapa AHM memaksa kompresi vario 125 menjadi 11:1.

Tapi menggunakan BBM jenis ini engga menjamin ya motornya bebas dari problem, karena banyak juga yang menggunakan BBM ini tapi tetap ada kendala yang sama. Namun berdasarkan share, info, dan lainnya penggunaan BBM yang seharusnya hanya mengalami sedikit masalah, minimal tidak separah yang menggunakan premium.

Tips selanjutnya, setting motor anda ke peformance oriented, jangan disetting/ dicekik motornya  untuk irit.  Karena berdasarkan pengalaman AMI, ini sangat berpengaruh bro, silahkan rasakan sensainya, tapi yaitu, korbanin dikit komsumsi BBMnya, ga banyak kok, kalau anda bawanya normal, sepertinya ga ada perbedaan yang signifikan konsumsi BBMnya, namun klu ngebut abis, mungkin sekitar 3-5km/liter bedanya.  

Baiklah, AMI rangkum inti keselurahan yang dapat AMI sarankan kepada owners vario 125

1.Gunakan APS Otomax tipe Storm atau part yang sejenis

2. Gunakan 9power 2 biji

3. Gunakan BBM Pertamax plus atau setaranya

4. setting motor untuk mengejar peforma, bukan dicekik untuk irit.

Estimasi biaya

APS Otomax= Rp.230.000

9power = Rp.39.000 x 2 = Rp. 78.000

total = Rp.308.000

Mungkin itu aja yang dapat AMI berikan solusi dari hipotesis yang ada di dalam pikiran ini, AMI berharap, walau belum teruji, mungkin ada baiknya untuk dicoba. Ga terlalu mahal kok, sekitar 300 ribuan saja. Toh part ini memiliki banyak manfaatnya seperti yang disebutkan diatas, jadi rasanya ga rugi menggunakan part ini, terutama bagi anda yang speedfreak, yang masih kecewa dengan peforma varionya, silahkan dicoba. Ntar kalau motornya malah makin kencang, jangan marah ke AMI ya. :P

 

About these ads

41 thoughts on “Solusi analisamotorindonesia Terhadap Problem Vario 125

  1. Nek pake pertamax plus yo bedu (Percuma) to mas jadinya ƍªќ irit lagi dong.
    Kan org pada tertarik wtf krna iritnya juga koq.
    Nek ak solusi paling jtu ya dijual tu wtf ganti ae sg liane.
    Nek ƍªќ pgen mio yo tuku beat F1 ngono ae repot.
    Bagi Ӌǡŋǥ pengen wtf urungkan niatmu drpada menyesal
    (Ini cuma saran lho)

  2. wuiiiih ane baru buka nih artikel.
    koq kipasnya ga dishare juga bro?
    hehehe

    for user yg berpandangan beli premium supaya irit, cobalah melek pengetahuan.
    dimana2 udah dijelasin kalo bensin dengan ron 88, 92 dan 95 cocoknya untuk mesin dengan kompresi masing2.

    itulah mengapa bbm diciptakan dengan ron berbeda sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang ada, karna kendaraan yg beredar pun kompresinya macem2.
    itu pendapat pribadi ane.

  3. untung ane gak pake vario 125, tapi temen ane pake vario, yaaaa tau sendiri akibatnya…
    beli matic yg agak boros tapi cuma butuh premium sungguh lebih baik daripada beli matic yg sedikit lebih irit dan banyak masalah namun butuh pertamax..yg jatohnya juga malah lebih mahal biaya operasionalnya :D
    think again

      • haha sales itu ujung tombak pemasaran, tanpa sales matilah perusahaan
        meskipun ane bukan sales tapi ane gak pernah menghina sales okeeee!!!
        mungkin lo yg sales,
        kalo mengkritik dibilang BC, mengeluhkan produk dibilang BC, hadeeehhh apa mau gue puji aja kali ye

  4. Mas bro, kalau mau black campaign motor Honda jangan terlalu lebay dong! Oke, taruhlah ada seribu motor Honda yang bermasalah seperti yang mas bro bilang, sekarang bandingkan dengan produksi motor Honda yang sudah tembus 30 juta unit lebih. Berarti perbandingannya dari setiap 30 ribu konsumen yang puas banget dengan kualitas motor Honda yang terbukti dan teruji paling baik dikelasnya, cuma ada satu konsumen yang mengeluh motornya bermasalah, padahal cuma akibat malas merawat aja. Masak gara2 satu dua kasus per puluhan ribu orang aja terus mau dibesar2in?

    • yaa permisalannya jangan angka seribu lah, bagaimana jika nyatanya angka 1000 diganti 10.000, beda jauh kan?
      kritik dibilang BC, keluhan juga BC, lantas gimana apa perlu dipuja puji aja :D
      lagian ini artikel juga bagus ngasih solusi, kasian konsumen, kalo produsen mah gua gak peduli, yg untung besar tetep jepang

      • Herannya, klo cacat sedikit saja selain H, pasti komennya parah2.
        JIka blogger ada yang mengkritik H, pasti dikatkan blogger peliharaan.

        • kepala shincan kah? wkwkwkwk….tapi bagus kok bro yamaha di jelek2in, biar yamaha ngerti. kan cuma mereka produsen yg angkuh/sombong n keras kepala.
          kluntuk mengharapkan bloger yg mengkritik, kebanyakan bloger hanya manut n nurut aja apa yg di produksi atpm.

  5. Masalahnya dibuku manual owner tertulis ron88. mending ditulis min ron 92. Value v125 ini bagus, sayang banuak masalah yg “didiamkan” ahm. Contoh keluhan di pojok honda.

    • Yang pinter, kasih solusi donk !!! Kasian tetangga depan rumah ane. Vario 125 putih. Udah ngoroknya kasar banged sering ndut-ndutan lagi (ternyata memang fakta bukan bc!!!)

  6. PREMIUM hanya untuk masyarakat yang TIDAK mampu,kalau mampu beli motor dengan harga tinggi ya jangan protes kalo harus pake bahan bakar yang harganya sedikit lebih tinggi,, karena standart pabrikan pasti sudah merancang mesin dengan octan sesuai kebutuhan,
    kalo pengen irit di dorong aja bro motornya ga usah di nyalain mesinya.. :D

    saya beri 2 opsi..

    1.korbankan sedikit uang untuk membeli bahan bakar pertamax yang sesuai standart internasional dengan jaminan mesin sehat tanpa timbal dari kotoran bahan bakar yang tidak sempurna.. ;)

    2.korbankan mesin dan biaya perawatan yang lebih mahal demi harga bahan bakar bersupsidi (premium) yang sudah tidak memenuhi syarat dan standart internasional karena banyak mengandung timbal (kotoran) yang akan merusak mesin.. :(

    hanya bikers yang berwawasan luas yang dapat memilih 2 pilihan opsi yang saya berikan,mana yang harus ditinggalakan dan mana yang harus di terapkan..

    selamat merawat kendaraan tersayang.. :)

  7. gini aja mas mas dan bro bro. Apapun kendaraan yg kita pakai, kita harus tau cara perawatan maupun cara pemakaian. Kompresi vario memang tinggi tapi pake premium masih aman,paling aman baca buku panduan dari AHM.Ok

  8. Kalw buat vario techno yg 110cc bisa ga tuh bro kan belum injeksi

  9. ane owner vario 125 beli agustus 2012.. selama pemakaian ga ada masalah apa2.. padahal jarak tempuh yang jauh.. citayam -slipi petamburan senin sampai jumat setiap pengeluaran untuk service menurut ane standard aja ga kmahalan soalnya motor ane sblumnya parah nghabisin uang s*z**i th**d**.. ga pernah tuh gan ndat ndut yang agan keluhkan.. ane selalu tepat waktu service dan orang ahass bersahabat banget kok sehabis service selalu mengecek semua part body sudah terpasang dgn untuk masalah bunyi di sekitar area depan dan box karena ban terlalu kencang.. kurangi tekanan ban.. dan pas banjir di tahun 2012 dijakarta motor ane kelelep gan ahaha.. sempet bingung msti gmana.. ane dorong motor ketempat air ga banjir dan cuma di selah 4x nyala normal.. wLau ada asap putih kluar sebentar..menurut ane ga usah bli part yg disaranin diatas karena jepang sudah memperhitungkan untuk pemakaian jangka panjang dan sudah memberi info ke konsumen jadwal part yang harus diganti.. jadi saran ane selalu percaya part honda dan g usah di macem2in motor pasti bisa diandalkan ane dah coba kok.

  10. yoii bener bgt sama komen diatas.. gw ga pernah nemuin masalah berarti apalagi masalah yg klo nyalip loss power.. belum pernah tuh dr pertama beli sampe kaya gtu..

  11. kalau masalah ndutndutan…. kabel businya tinggal dikasih ferrite aja… dijamin hilang ndutndutannya… apalagi kalau dipagi hari…. setelah starter 5detik langsung bisa ngacirr

  12. salam hangat gan, numpang tanya, vario cw 2005 kurang bertenaga, kadang di tanjanjakan susah naik…alias ngebetennn… mohon ilmunya ya gan…tnx

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s