Share Semua Masalah Vario 125 Di Sini

Assalamualaikum wr wb.

Selamat pagi (dini hari) smuanya. Semoga yang dah pada tidur mimpi indah, dan yang lg sibuk silahkan segera selesaikan pekerjaannya.

Baik, sudah beberapa kali AMI dimintai pendapat sama teman yang ingin membeli Vario 125, karena memang desainnya keren dan gagah. Namun, setiap ditanya AMI selalu menyarankan untuk sabar dulu tunggu sampai awal tahun, karena untuk saat ini Vario 125 masih diselimuti banyak masalah, yang AMI khawatirkan nanti mereka akan kecewa terlebih mereka menanyakannya kepada AMI yang mereka percaya lebih mengetahui perkembangan informasi terbaru tentang roda dua. Maklum sob, teman2 AMI  sepertinya benar2 awam terhadap motor. AMI rasa seperti itulah gambaran umum konsumen motor di Indonesia. Beruntunglah bagi anda yang mengetahui situs indomotoblog, ruditriatmono, tmcblog , dan lainnya yang sering memberikan gosip/bocoran terbaru seputar produk motor (tmcblog)dan memberikan informasi hasil test drive, analisa (ruditriatmono) dan segudang info tentang motor (indomotoblog).

Mengapa AMI bilang beruntung? Karena Anda bisa memiliki informasi/ilmu yang cukup saat berbicara atau debat atau bahkan memberikan komentar / masukan , baik dalam kehidupan nyata ataupun memberikan jawaban di Yahoo Answer. Sangat banyak orang yang dalam beragumen hanya berdasarkan “KATANYA-KATANYA” yang langsung dipercaya padahal belum tau informasinya, dan parahnya informasi yang bersumber dari “KATANYA-KATANYA‘ tadi digembar gemborkan dengan semangat 45 disaat diskusi atau debat.

Oke, balik ke topik, mungkin teman2 AMI banyak yang udah gatel pengen membeli motor baru, merasakan sensasinya, sehingga tiap mereka bertanya dan jawaban AMI mungkin mengecewakan bagi mereka, sehingga membuat mereka bosan untuk menunggu. Yah gapapa, yang penting AMI dah membekali mereka dengan hal plus dan minusnya calon tunggangannya, sehingga berharap saja mereka sudah siap mental dalam menghadapinya. Karena apa? Karena, dalam mindset orang awam, motor baru itu HARAM hukumnya bermasalah. Ini yang AMI persiapkan mentalnya.

AMI pun sering merasa risih dan jengkel terhadap ATPM yang ada terutama Honda dan Yamaha, yang seolah2 menganggap konsumen Indonesia merupakan lahan basah dalam mengeruk keuntungan bisnis, menganggap konsumen Indonesia itu nurut  tidak vokal,  menganggap konsumen Indonesia itu bodoh ( tapi emang faktanya seperti itu sih) ,sering menjadikan korban uji coba ATPM dan tidak memprioritaskan konsumen Indonesia layaknya konsumen eropa yang menuntuk kualitas berstandar tinggi (memberikan motor yang alakadarnya).

skip skip skip, ceramahnya cukup batas itu aja.

Baik, mengenai penyakit yang diderita oleh Vario 125, serta jawaban yang menggelitik (BACA: Menjengkelkan) dari pihak Honda ,dalam hal ini kru teknik (kepala teknik/montir) semakin memberikan kesan kalau mereka menganggap konsumen itu semuanya flat dalam hal informasi. Jawaban yang diputar2, jawaban yang di “teknis2kan” seolah ingin lepas dari tuntutan tanggung jawab mereka sebagai organisasi yang memproduksi motor itu. Sebenarnya hal yang diinginkan konsumen sederhana kok, yaitu akui kesalahan dan berikan solusi. hanya itu aja.

Beberapa pengunjung juga ada yang menanyakan, apakah Vario 125 produksi terbaru sudah tidak mengalami ngorok lagi? Jawaban: Kemaren AMI melakukan survey kecil dijalanan biar lebih riil dan menemukan 3 buah motor Vario 125 bulan 09 tahun 17 di beberapa tempat yang berbeda, 2 warna orange dan 1 hitam, semuanya masih ngorok. 

Bang AMI, itu ngoroknya cuma di kecepatan 0-20km aja ga??? Jawaban: Tidak. Ga peduli di kecepatan awal, menengah, atau kecepatan tinggi, semuanya ngorok. Semakin digas semakin kencang bunyinya.

Montirnya  bilang, itu karna cover kipasnya. oh , ayolah, ga masuk akal. Kalau karena desain cover yang salah, kenapa diawal2 suara ngorok tidak begitu terasa, namun seiring bertambahnya kilometer suara ngorok  semakin keras dan parah???

Ada juga yang telah melakukan penelitian, ternayat ngorok itu berasal dari sektor CVT yang penyelesaiannya sangat teknikal. so what??? haruskah konsumen melakukan hal itu yang mana konsumen biasa tidak memiliki skil tinggi seperti Anda, sementara montir AHM juga ga tau dan ga bisa melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan!

Selanjutnya masalah cover/ cat body yang gambang gores/ ngelotok. ah sudahlah, capek AMI mengkritik Honda. “intinya ada sesatu dibalik harga murah”.

Masalah selanjutnya adalah tentang ndut-nduttan. motor digas tapi nyendat-nyendat seperti  akan kehabisan bensin. Biasanya ini terjadi saat membuka putaran gas. Nah, ini sudah mulai masuk ranah yang membahayakan keselamatan pengendaranya. Montirnya bilang itu karena kompresi motor yang tinggi, yaitu 11:1 dan konsumen memberikan bensin premium. Ayolah, Yamaha Xeon kompresinya juga tinggi pak,  10,9:1 dan selalu minum premium selama hampir 2 tahun dan tidak ada masalah tuh. Hal itu sudah termasuk membahayakan bro, mengganggu konsentrasi pengendaranya+ngorok yang bikin risih. Montirnya bilang itu masalah busi yang memiliki spek yang terlalu bagus, dan mereka menyarankan untuk menggunakan busi untuk motor yang spesifikasinya dibawah kebutuhan Vario. Trus kenapa? Haruskan konsumen berganti busi yang inferior? Kalau sudah tau busi bawaan Vario 125 tidak cocok, kenapa masih dipasang juga disetiap kalian memproduksi motor?!! Kalau memang businya yang salah, kenapa konsumen sudah gonta ganti berbagai macam busi tapi masalahnya selalu muncul dan muncul lagi? Apakah konsumen harus rutin mengganti busi seperti mengganti oli yang rata2 setiap 1500 -2ribu kilo?

Selanjutnya tentang sistem injeksi yang reset otomatis. Montirnya bilang, kalau reset lagi silahkan kembali lagi kesini! emangnya kerjaan konsumen hanya itu aja? wong buat nyuci motor aja hanya rajin di awal malas di akhir, apalagi disuruh rutin mengunjungi bengkel tiap minggu/2minggu/3minggu tergantung erornya. Cerdas dikitlah dalam memberikan solusi!

Masalah yang mengerikan adalah power loss atau ngempossss hilang tenaga!!! Ini hampir mirip dengan ndut-ndutan tapi disaat akan bermanuver/akselerasi pada putaran menengah dan atas. Anda bisa kebayang ga disaat Anda mo menyalip kendaraan didepan, dengan situasi lalu lintas yang ramai, disaat akan mendahului dan posisi anda sudah berada di sebelah kanan kendaraan yang hendak dilalui, tiba2 tenaganya ngedrop/ilang/kosong??? Lebih parah lagi kondisi jalannya merupakan jalur 2 arah. Sangat berbaya, pengendara bisa menjadi salah dalam memperhitungkan strategi dalam menyalip kendaraan. Karena disaat menyalip, waktu adalah sangat berharga sekali, walaupun itu hanya 0,1 detik!! Seorang rider memiliki perhitungan kalau dia bisa menyalip kendaraan didepannya walwpun di arah yang berlawanan ada kendaraan lain dengan celah 15 meter. Sehingga sang rider memutuskan untuk mendahului. Namun malang, dipertengahan ternyata power motor hilang, sehingga prediksi perhitungannya salah, karena motor tidak sanggup melewati kendaraan itu, sehingga dia harus mundur secepatnya mencari celah yang ada. Beruntung dia kalau mendapatkan celah kosong untuk mundur, kalau tidak??? Untuk itu AMI menyarankan agar HONDA wajib me recall produknya untuk mengatasi hal ini, demi sebuah keselamatan pengendaranya!! Honda harus berfikir jauh, bagaimana seandainya motor produksi saya ini memiliki problem loss power dan motor ini digunakan oleh sebuah keluarga ,orang tua dan anaknya dalam beraktivitas sehari-hari, dan mengalami hal yang tidak diinginkan? Honda harus sadar bahwa mereka ikut andil berperan besar penyebab terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut!

Oke, bagi Vario owners, khususnya yang mengendarai motor keluaran terbaru, bulan November, apakah masih mengalami hal-hal diatas? Karena ini penting untuk kita khususnya calon konsumen. AMI berharap para vario owners bisa berbagi disini, karena KATANYA untuk produksi bulan September , Vario sudah bebas dari ngorok. AMI tidak ingin informasi yang hanya KATANYA oleh FBH, tapi ingin mendapat informasi riil dari ownernya yang mau berbagi.

Kedepan, AMI berharap bukan hanya ngoroknya saja yang dituntaskan, tetapi efek ndut2an, boros busi dan loss powernya juga harus diselesaikan pada produksi selanjutnya.

About these ads

262 thoughts on “Share Semua Masalah Vario 125 Di Sini

    • wajar anda sebagai FBH bilang gitu, paling motornya aja kagak punya :(, saya sebagai konsumen Vario 125 bulan juli 2012 sangat kecewa, mesin ngorok, di gas ndut2xan, kadang ngempos, top speed cuman 70 – 80 Km/J itupun lwaaama banget. sempat berpikir mau jual lagi, tapi denger2x harga jualnya jatuhnya banyak banget soalnya kabar permasalahan vario 125 ini di diler mobkas sudah tau. tapi setelah bersabar beberapa bulan akhirnya ada yang saranin ganti busi pake Jupiter MX. setelah ganti ndut2xan dan ngempos ilang cuman untuk mencapai 80 Km/j masih lambat. ngorokk masih terdengar apalagi kalo buat boncengan, kenceng sekali suara ngoroknya. itu aja keluhan saya semoga busi Jupi MX nya awet ini baru pake sekitar 1200 Km an

      • Mas gantungan kunci, frekuensi terjadinya ngempos dan ndut2an itu seberapa sering? apa hanya sesekali saja atau sangat sering? bisa dideskripsikan? menurut AMI masalah ngorok ga perlu terlalu di pusingkanlah, cuma untuk hal yang satu ini menurut AMI sudah serius karena menyangkut keselamatan. terima kasih infonya

      • @gantungan kunci :
        Ketahuan sekali bohong dan black campaign nya….
        klo ganti busi vario 125 cuma ada 2 jenis ( Lihat dibuku petunjuknya) sekarang malahan beat FI menggunakan busi type tertinggi untuk vario 125. memang di daerah mana ko bisa top speed cuma 80km/jam ( digunung bromo yah ) disensor FI vario 125 bisa di set up tingkat presisi pembakaran nya agar optimal krn setiap daerah memiliki kelembapan/tekanan udara yang berbeda.
        makanya banyak2 ke BeRes jangan katanya-katanya. kalo harga jual jatuh itu bisa anda aja pembohong”silakan baca harga motor second” harga second Vario 125 2012 masih diangka 15jt.

        • @dani
          berarti kalo vario mau naik gunung harus ngeset sensornya dulu ya?? ribet amat sih, motor injeksi yg lain gakpake neset sensor tuh,,langsung tancap kemanapun akan pergi, bayangin betapa ribetnya tiap mau ke bromo harus ke bengkel dulu buat seting mesin, ehh setelah turun gunung mau ke pantai seting mesin lagi, capek dehhhh

        • Bohong gimana bro ? ngapain juga BC ? ganti busi Vario sesuai petunjuk di buku panduan hasilnya akan sama aja bro sama dengan busi bawaan,di pake beberapa KM juga pasti ndut2x an lagi. makanya sekarang ada program klaim ganti busi, dan busi nya juga beda dengan yang ada di petunjuk buku, businya spek lebih tinggi dari busi bawaan motor. baca2x di pojokwelovehonda deh. aku nemu solusi ganti busi Jupi MX juga dari situ.

          • maaf, saya juga pengguna vario 125 bulan juni 2012, masalah ndut2an tu bisa di atasi dengan menggunakan cairan penambah oktan klo make bensin, ampe krg saya gax pernah ganti busi laju motor juga melewati angka 100km/j

            • dulu sempet ndut2AN TPI stlh gnti busi iridium udah normal kmbli tpi cma bisa bertahan 12000KM sja.saya juga pake pertamax dgn perbandingan 2ltr pertmax,sisanya bensin.apa krna diseting irit trus dgn pengapian yg besar sampe buat cepat ganti busi?????
              bukannya vario 125 blm pakai sensor O2,mkanya tiap naik n trun gnung hrus seting ulang……

        • Yg beli mtormu to ketipu..msh tinggi vario yg biasa bro..mslh dinew vario 125 to dh bnyk yg cerita ma ane.pd nyesel..lagian bl mtor downgrade..

      • Tenang mas vario 125 ,bisa tembus 140km/jam.dan cuma modal dikit .kasi pigy back(vixsen)=2,5jt koil kawahara (buat vixsen)=350rb busi mx-power 175rb.bbm pertamaxplus semua barang ” aku beli di hyperspeed smg.

      • hmm…aneh ya
        yg sya rasakn slama pke vario 125 slama 1 taun lebih,,ga da msalah berarti..full gas nyampe 115km/j,,,akselarasi cpet d banding mtor matic lain yg skelas,,,,stabil d kcepatan tinggi…ga pernah overheat d pke PP bdg-cms (+- 200km)…selain service rutin,,pengeluaran cma ganti busi (di 9000km) itupun standar aturan penggantian busi…trus lampu utama gara” mati sebelah (di 11000km)…cm itu,,dan sya rasa wajar…
        klo ndut”an..yg sya rsa itu ketika mesin dingin,,misal pg” pas mo brangkat krja…solusi’y d panasin skitar 3mnit jg beres…
        skedar share aja…

      • sorry saya juga cuman mau share soal Vario techno 125 thn 2012, kasusnya sama persisi dengan yg saya baca di atas, sy sdh beberapa kali service di Honda resmi, tapi hasilnya tidak memuaskan, sampai saya sdh service memakai mekanik yg baik menurut mrk tp hasilnya sama juga,
        jalan keluarnya gimana ya. thanks

    • Amin. hmm AMI masih belum bisa memberikan tips gimana bagusnya untuk menghindari masalah tersebut semenjak motor masih baru. karena ada juga konsumen yg ngaku tidak mengalami hal itu. apa dari perilaku berkendara apa dari segi perawatan? bingung

  1. vario 125 ngorok di ributin berlebihan padahal skywave,skydrive n hayate juga ngorok ga diributin….sy punya 2 matic vario 125 dan skywave keduanya ngorok ko tapi performa biasa aja.
    Vario 125 selama sy pake dan hampir 70% lingkungan rumah sy udah beli vario 125 tapi ga ada masalah.

    • ada bedanya mas, vario ngoroknya aneh dan continue, sementara skywave ngorok saat gas di puntir dalam. coba dirasakan lagi. klu ngoroknya seperti skywave AMI rasa ga bakal banyak yang protes/ngejek.
      watak konsumenpun beragam, ada yang risih dengan suara aneh, ada yang menuntut kesempurnaan dan ada yang ga peduli dengan apa yang terjadi.

    • Mungkin Anda FBH labil yang suka membuat onar di blog motor indonesia, yang semakin membuat para blogger semakin malas dalam membuat artikel, memberikan masukan, memberikan informasi yang berguna bagi konsumen yang benar2 membutuhkan informasi.
      Silahkan Anda cek, 80% dari isi blog ini merupakan kritikan tajam terhadap Honda, Yamaha, Suzuki.
      Hanya satu tujuan AMI, agar ATPM lebih menghargai konsumen Indonesia. Karena konsumen membeli motor mereka dengan harga yg tidak murah, bahkan butuh waktu 3 tahun hanya untuk melunasi motor tersebut, yang harus dilalui dengan proses yang keras, capek, banting tulang siang dan malam.
      Lebih baik anda bikin blog sendiri dan puja pijilah ATPM kebanggaanmu sampai puas, sampai Anda muak dan tidak punya ide lain mau menulis kelebihan apalagi dari ATPM sembahan Anda.

  2. wah ternyata banyak Klonengan FBH muncul disini.. ini permasalahan nyata dilapangan bro, bahkan sekarang di daerahku ada program penggantian busi geratis untuk Vario 125. dengan syarat foto copy KTP sama STNK. kalo emang ga bermasalah ngapain juga ada program seperti itu. para FBH ini malah fitnah2x orang :( ngatain tuyul alay triatmono lah, sales yamaha lah.. haduh… FBH cacat

    • Benar, barusan dapat informasi kalau ada program recall untuk mengganti busi vario secara gratis. silakan simak terus infonya di indomotoblog. banyak yang nulis kok. Mudah2an dengan busi baru, problem loss power bisa teratasi. Karena menurut AMI, dari sekian problem, hanya loss power dan ndut2an yang paling WAJIB diatasi.

    • denpasar sudah lama ada program ini mas
      saya sudah berulang kali juga buat artikel tentang masalah vario125 khususnya ngorok dan ngempos. Saking keselnya ada temen yg kasi komen pake busi jupie mx kombinasi pertamax. aman2 sih mpe skrg. ow ya sebelum dipakai hendaknya vartech125fi ini dipanasi terlebih dahulu sekitar 1-2menit. Lalu sebelum dipake geber2an, urut perlahan gas hingga max. setelah itu silakan geber semaunya. sekarang dah sekitar 1500km saya pakai kombinasi busi plus bbm nya ga ada masalah. silakan dicoba.
      ow ya.. oot dikit ya.. sudah tau vartech125fi banyak masalah, kok bisa-bisanya ya salah satu tabloid nasional ngasi predikat motor terbaik??? kok bisa ya??

      http://dk8000.wordpress.com/2012/09/07/ada-apa-dengan-vario-125/

      • thanks om. spertinya ada persamaan dalam cara kita berkendara. klu AMI, klu keongnya lagi berat, sebelum diajak geber2an, dibawa dlu tuh keong jalan konstant selama 15 menit, gas diurut perlahan hingga gas mentok, ketika gas mentok usahakan ditahan sekitar 10 detikan. baru deh hilang gejala beratnya. tp klu keongnya lagi berstamina, habis mesin dipanasin lgsg tak geber mentok. so far perlakuan seperti itu ga ada efeknya, malahan keong AMI yg udah berumur lebih 2 tahun lebih oke dari yang baru. yah beda perlakuan pada motor aja, jangan disayang2 amat. yg penting oli tiap 1500.
        hehehe sama, juga kepikiran, kok bisa ya dpt predikat itu? mungkin tim penilainya ga melihat keluhan konsumen di we love honda.

  3. bagusnya pemakai honda jadi pd pinter….pinter ngakalin. body getar diganjal pakai slang pembuangan aki. vario ngorok ganti pakai tutup radiator PCX125. busi sering cepat mati ganti pakai busi jenis lain……

    • susah dalam menghadapi para FB.. kita sendiri ga tau mereka itu apakah anak smp, anak abg labil, atau apa kita ga tau. mereka hanya berani berkomentar berlindung dibalik avatar. jika semua pemberi komentar disertai foto wajah asli, AMI yakin komentar2 negatif provokatif berkurang drastis.
      kesimpulannya: jangan dipikir pusing terhadap ulah para FB di dunia maya

  4. Motor baru kok banyak masalahnya yak, udah gitu dapat gelar the best bike lagi… duooh.. dunia kebalik-balik… bbrp kali ane nyanggong dealer deket rumah, mrk bilang nggak tahu (pura-pura nggak tahu) masalah vario ngorok ini… mungkin saking pusingnya mau jawab apa karena AHM sendiri gak kasih solusi/jawaban kongkrit…

  5. saya owner vario 125,,
    masalah yang kena : ngorok,boros busi,pas pagi manasin sering mati sndiri jujur lumayan mengganggu,dan tidak pernah dapt jawbn dari ahass dkt rumah (bukan semua ahass)
    untuk power lumayan,,top speed 120kpj on spedo,,dari 40 ke 80 lumayan cpet,,80 ke 100 agak melambat tpi tetap ngisi powernya,,100 ke 120 lambat,,
    ane bukan fbh,,fby,,dll,,
    fakatanya ane punya motor dari ke 2 pabrikan tsb,., jup mx,,var 125,,shogun sp gen 1,,

    cuma share,,,bukan saling menghujat n nuduh yg bukan”!!
    buat para fb ga jelas mending metong aj!!

    • terima kasih vr46go. bearti masalah loss power ga ditemukan ya? hanya busi aja? bisa dishare cara pemakaian dan bbm yang digunakan? AMI semakin bingung, tiap konsumen mengalami hal yang berbeda, ada yang problem suaranya aja, ada yang mengalami sebagian, ada yang mengalami semua problem, dan ada juga yang tidak mengalami problem sama sekali. apakah ini bergantung dari cara pemakaian? terima kasih sharenya.

  6. hahaha ane suka blog ini (walaupun baru aja liat sih)
    yang bilang ini blog FBY pasti ga liat posting2 sebelumnya
    tetap tambah2 berita bro
    jangan terjebak di hinaan2 FB

  7. Beli Viar Lebih Untung…!!
    Analogi perbandingan harga jual kembali motor Viar dibandingkan dengan motor pabrikan lain

    Membeli Viar adalah Investasi yang sangat tepat..!!,tidak percaya?,mari kita hitung hitungan

    Beli Motor Viar Star Z,Harga OTR = Rp.8.200.000,setelah dipakai 3 Tahun,harga Jual kembali dapat mencapai 5,5 juta,harga terendah 4,5 juta,kita ambil yang kerugian terbesar menjadi kerugian yg diderita adalah 4,5juta

    bandingkan dengan apabila Anda mengambil Investasi motor pabrikan merk lain
    harga OTR nya Rp.15.500.000,setelah dipakai 3 Tahun Harga Yang diterima Showroom Motor Bekas paling tinggi adalah Rp 9 juta,kalau kondisi motor tersebut kurang baik bisa saja hanya dihargai Rp 7 juta,maklum harga part orisinil motor ini tergolong mahal

    Kerugian Investasi = Rp. 15.500.000 – Rp. 8.000.000 = Rp. 7.000.000

    dari sini jelas sekali bukan lebih besar mana kerugian yg diderita oleh konsumen akibat depresiasi harga jual motor..!??

    apabila kondisi itu diterapkan ke Motor Viar Star Z yg OTR nya hanya Rp 8.200.000 maka Motor Viar hanya dihargai Rp 1.200.000,tentu sangat tidak logis dan tidak masuk akal sebuah motor hanya dihargai dengah harga seperti itu,Konsumen pun berhak marah apabila motor nya ditawar oleh showroom dgn harga 1,2 juta saja…!,tentu keadaan tsb tidak logis diterapkan untuk motor Viar

    belum ditambah kerugian akibat borosnya penggunaan BBM,penggunaan BBM motor ini 3x lipat lebih boros dibanding motor Viar,maklum Motor ini memiliki cc diatas 120 ,apabila Anda mengisi Bensin motor Viar Rp 20.000 per minggu / Rp 80.000 per bulan,maka anda harus mengeluarkan Rp 240.000 perbulan,kerugian bertambah menjadi Rp 160.000 belum ditambah mahalnya Pajak Kendaraan Bermotor karena motor ini mengusung CC yg sangat tinggi

    Perincian Kerugian motor Merk lain
    Depresiasi harga Jual : Rp. 7.000.000
    Pemborosan BBM : Rp. 160.000 x 12 bulan x 3 tahun = Rp 5.760.000
    Mahalnya Pajak : Rp. 50.000 x 3 Tahun = Rp. 150.000
    Mahalnya Service & Spare Part : Rp. 250.000 x 3 Tahun = Rp. 750.000

    Kerugian = 7.000.000 + 5.760.000 + 150.000 + 750.000
    Total Kerugian Selama 3 Tahun = Rp 13.660.000
    Kerugian Perbulan = Rp. 13.660.000 / 36 bulan = Rp 379.000

    BAYANGKAN…!!!,dengan kerugian perbulan yg hampir mencapai Rp. 400.000,dengan kerugian sebesar itu anda bahkan dapat mencicil Motor Viar Star Z yg cicilannya hanya 300 ribuan per bulan

    SEGERA Tinggalkanlah motor Boros dan Tidak Ekonomis seperti itu,sudah saatnya Kita dapat berhidup Hemat namun tetap Trendy!

    • sama dengan ini:
      beli bmw seri 3 harga baru 400jt, setelah 7 thn pakai, hanya laku 200an jt bahkan kurang
      lebih untung beli xenia mi, harga baru thn 2004 100jt, sekaran masih laku 75jt, cuma rugi 25jt.
      gk logis kalo xenia (viar) harga seken nya -100jt
      ngakak..

      lagian g ada yg mau beli viar seken harga 4.5jt. silakan cek di poskota.
      duit segitu dpt mio seken bro

    • ah,.. nggak juga,,….. vario tehno irit, kmaren saya kalkulasi 1 liter masih bisa 58 km,…. itu dengan bensin pertamax,,…. lari juga 80-90 kpj, variasi,,… boncengan…. harga 3 tahun masih tinggi, nggak mungkin cuman 9 juta…. vario tehno saya yang 110 aja, tahun 2009 akhir masih ada yang nawar 10 jt…, yang ada saya punya motor lokal itu ditawar orang 2,5 juta… hedeh,,…

  8. ane juga owner vario 125 09/12 pada motor ane smpai saat ini dah 1500an km mslah cuma ndut ndutan pas 20-40kmj sama teman dibilang ganti busi + pake pertamax alhamdulilah mslah ilang ga ada tenaga ngempos ato lain2 mslah ngorok ato apa menurut ane wajar bahkan ane bingung waktu nyari dmana ngoroknya

      • vario 125 saya keluara bulan 3. juga mengalami mslh yg sama. hari ini saya klaim busi dan diberi tipe CPR9EA 9 ( mirip punya beat fi) performa tanjakan tadi mentok sekitar 100-105 kpj (rumah saya di gunung) kalo ngorok entahlah. yg penting keselamatan saya udah terjamin. salut banget sama respons ahass Kota Batu, Jatim

  9. sekedar share brother-brother, ane pernah baca artikel suara ngoroknya diatasi dengan ganti kipas radiator dengan punya PCX,
    -menurt saya akankah lebih bijak tidak menghujat orang lain, cukup jadi konsumen yg
    cerdas saja,
    dilihat,
    diraba,
    ditrawang,,
    belilah sesuai kebutuhan n hati nurani,
    kalo gak suka gak usah dibeli om,kalo terlanjur beli trus g suka ya dijual saja,toh g ad kwajiban beli motor,slah kita juga sbg konsumen tergoda beli,
    gitu aja kok repot!

    • sip om, bener banget ni…
      lau ane sich gag masalah juga mtor gmana,
      motor ane belahan jiwa ane…
      gmanapun keadaan dy, dy dah nemenin ane pagi siang sore
      lau ada masalah ya di service aja…. :)
      i love my vario 125

  10. motor turun dari dealer 13 november, dari pertama selalu pake pertamax plus / shell super extra, dari pabriknya busi sudah cpr9ea-9, skrg hampir 500km, belum pernah ngempos, ngorok ada namun sangat amat kecil sekali (dibandingkan motor terdahulu saya yaitu MX dan hayate), konsumsi bensin 1:48 (baru sekali ngukur). KATANYA sih, vario keluaran akhir oktober dan seterusnya ada perbaikan dari AHM nya. sekian testimoni dari saya.

    • oke bro YR. 1 sampel bulan November.
      ada link beritanya ga tentang perbaikan dari AHM? btw, klu memang bbm premium yg menjadi sumber masalah, b arti konsumen harus punya kantong yg tebal. Berharap AHM memiliki solusi jitu secepatnya.
      thanks.

      • sepertinya sih faktor bbm menurut saya sangat berpengaruh mas.. dari kompresi mesin yang 11:1 saja sudah ketahuan bahwa mesin seharusnya diberi bahan bakar yg “lebih lambat terbakarnya” dibanding premium yaitu pertamax dan pertamax plus. kalau dipaksa minum premium (meskipun kata AHM bisa) pasti punya efek samping, karena premium sejatinya tidak cocok untuk mesin yang kompresinya diatas 1:10. CMIIW

        • hehehe….ini persis ama technical service yg aq temuin di Semarang….ok soal kompresi 11:1…..kalo vario 125 lgs KO businya kenapa kagak dialami ama Sonic 2002 yg kompresinya juga 11:1 en pake premium sampe sekarang en buat info aja baru ganti busi 3x…..tambah 1 lg kok kagak ngefek di PCX 125 ya bro….

    • itu analisamotorindonesia Mas.
      sebelumnya menggunakan mozila, tp ga tau tuh kenapa yg muncul anonymous. padahal udah login. dan harusnya latar komentar bewarna gelap.
      akhirnya beralih menggunakan internet explorer, dan kata anonymous AMI ganti jd analisamotorindonesia tp latar komentarnya tetap putih.

  11. ane pembeli vario bln oktober tgl 23 bro… smp skrang kok gak ada sm skali tuh problem… yg katanya ngorok, overheat, mbrebet, busi cepat koit… gak ada bro…
    skrang udah 2000an km, mesin alus mulus, tarikan mantap kok…
    yg kena bnyak problem mungkin blm sedekah kali…atau belinya pke uang gak bener..hehehea

  12. hehehe jgn salahin QC,,,tpi RnDnya dulu,knp ga di selidiki dan dicari solusi.knapa motor not good dijual? xeon 125cc harga 16,4juta tpi ini vario fi sama 125cc ko lebih murah?
    ya duit ga bohongin lah,,,klo lebih murah ya mesti ada yg dikorbanin

  13. buat Vario125 user yg punya masalah seperti yg disebutkan AMI usdah selayaknya anda segera menghubungi HC3 utk menyampaikan komplain biar AHM gak cuma tutup mata en tutup telinga….buat yg di wilayah Semarang dan sekitarnya silahkan hubungi Bp. Yohannes Sancahyohadi di 08156644687 ato HC3 di 024-7602887….nice article

  14. iya bro,,
    untuk pemakaian saya normal,,jarang buka tutup gas secara agresif,,maen ngurut,,he,
    cuma tiap hari var 125 d panasin,,d pake riding ato ga tetep d panasin,,
    panasin agak lama skitar 10 mnit,,
    untuk bbm pake premium,,

    skarang lagi coba busi denso iridium punya beat karbu di var 125,,

  15. ane user wtf (sebutan vario125 digrup fb vario125)
    keluaran : april 2012.
    km sekarang : 6200an
    bbm : minimal ron 92 karna menurut ane, kompresi 11:1 cocoknya ron 95 (ga nyambung hehe). kalo ada 95 ane beli yg itu, kalo ga ada ya pake 92.
    gaya riding ane : stop n go abis, bener2 nyiksa motor
    masalah awal :
    – ndut2 an timbul kalo ga salah di umur motor bulan ke 2.
    – ngorok juga sama, muncul di bulan ke 2.
    – jok sering kebuka sendiri.
    penyelesaian :
    – ndut2an ane akali dengan memasang voltage stabilizer merk xcs.
    ini ane nyoba sendiri tanpa dapet rekomen dari siapapun.
    waktu ke jmcs kmaren, ada salesnya nawarin produk ini.
    yang katanya berfungsi untuk menyetabilkan tegangan yg keluar dari aki.
    beban aki yg berat, yg harus menyuplai tegangan ke seluruh kompomen kelistrikan (termasuk ecu dan busi) menyebabkan tegangan nya ga stabil. pada saat itu ane berfikir kalo ndut2an disebabkan oleh masalah ini.
    ahirnya ane tebus xcs dengan harga yg lumayan mahal rp 300rb (belakangan ada yg ngejual dengan harga 240rb, nyesel booooo).
    hasilnya……. ndut2an ilang blas, tarikan enak banget, tenaga serasa ngisi terus dari 0-100 km/jam.
    cocok banget ama ga riding ane yg stop n go + merkosa motor. ga perlu ngurut2 gas, langsung buka dadakan vario pun langsung ngacir. jambakannya kerasa banget.
    ga kecewa ane beli ini :-D
    – ngorok ane atasi dengan mengganti kipas radiator pake punya vario 110.
    td nya pengen pake kipas pcx 125 tp susah dapetnya.
    di grup fb nyaranin pake punya vario 110.
    denger2 dari temen, ternyata click 125di thailand juga ngorok, dan pcx 150 yg beredar di indonesia jug ngorok (dengan desain kipas pcx 150 = vario 125)
    intinya masalah ngorok ga timbul lg sampe sekarang.
    – jok sering kebuka : ane ganti pernya sendiri.

    overall, ane sangat puas dan nyaman riding dengan wtf ane sekarang, coz masalah2 yg sebelumnya timbul sudah teratasi.
    estimasi biaya item2 yg ane vanti:
    xcs voltage stabilizer : 240000
    kipas vario 110 : 12500
    per : ga tau harganya, dapet di pabrik. dimisalkan 5000.
    total : rp 257500.

    semoga bermanfaat… :-D

    ini ceritaku, apa ceritamu?

    • thanks om. nah ini hampir sama dengan hipotesis (hehehe) yang masih dipikiran. ndut2an atau ngempos mungkin pengaruh pengapian. ntar AMI tulis tentang solusi vario ini.
      nah,,, varionya dah josss kan peformanya, ntar klu ketemu AMI dijalan, godain aja ya, pasti tak kejar kok. hehehe.

      • oke masbro….
        joss banget performanya wtf ane.
        next project mo masang FR (flying roller).
        tambah joss kayanya :-)
        dijamin kalo ketemu xeon masbro, pasti kalah ma wtf ane
        wakakakak

        note : ane bukan fb apapun, ane kerja di yamaha motor group tp motor ane wtf & satu lg vespa pts taun 79
        hihihi

  16. vario 125 saya keluara bulan 3. juga mengalami mslh yg sama. hari ini saya klaim busi (syarat kupan servis gratis ada sisa+fc stnk) dan diberi tipe CPR9EA 9 ( mirip punya beat fi) performa tanjakan tadi mentok sekitar 100-105 kpj (rumah saya di gunung) kalo ngorok entahlah. yg penting keselamatan saya udah terjamin. salut banget sama respons ahass Kota Batu, Jatim
    benar2 merasakan performa terbaik vario 125 setelah berbulan2 gigit jari

  17. Mas bro, kalau mau black campaign motor Honda jangan terlalu lebay dong! Oke, taruhlah ada seribu motor Honda yang bermasalah seperti yang mas bro bilang, sekarang bandingkan dengan produksi motor Honda yang sudah tembus 30 juta unit lebih. Berarti perbandingannya dari setiap 30 ribu konsumen yang puas banget dengan kualitas motor Honda yang terbukti dan teruji paling baik dikelasnya, cuma ada satu konsumen yang mengeluh motornya bermasalah, padahal cuma akibat malas merawat aja. Masak gara2 satu dua kasus per puluhan ribu orang aja terus mau dibesar2in?

    • di atas saya ga punya vario125 pasti.
      karena semua unit vario125 pasti mengalami. tinggal ke user pemilik mendiskripsikannya seperti apa?,

  18. Saya pengguna VARIO TECHNO keluaran November,
    Masalah saya cuma satu yaitu: Kalau Manasinnya tu motor kurang Lama(kurang dr 3 menit-an lah)Memang ditarikan awal Nyendat2,and Ngempos.
    Tapi kl dah panas g ada Probem.
    Kalau Soal Ngorok sih masih,,,tapi No Problem Lah,,,,,Itung2 Bonus,Heehee,,,,,,,

  19. Saya punya vario keluaran bulan juni. untuk masalah yg paling menggangu yang tersendat2 itu pas bukaan gas awal. bener2 gak nyaman kalo lg pas gitu, and biasanya kalo udah mulai jalan lama udah mulai hilang. dulu pernah di setting injectionnya dan hilang tapi skrng kejadian lg sepertinya ini terjadi lg setelah mau di stater lampu injection kedap-kedip. abis itu jadi tersendat terus. masa harus bolak balik setting injection terus. BTW yg injection ke reset itu tandanya kampu injection kedap-kedip bukan ya?

    kalo power loss sy rasakan pada saat mesin dingin saja. kalo udah jalan beberapa menit, gak pernah ngerasain loss power lg.

    sekian share dr saya.

    salam buat semua.

  20. Hi Bikers,

    Tampaknya banyak ya permasalahannya vario 125. Tapi pernahkah kita membalikkan pemikiran seandainya kita bisa lebih memahami motor… jangan motor mulu yang maunya ngikutin kemauannya kita. Perlakuan pada vario 125 saya rasa cukup simpel. namun sedikit berbeda karena vario memang dibuat dengan sistem injeksi dan berbagai sensor elektronik.

    hmm.. begini saja dah, dari pengalaman saya memakai motor injeksi. ada beberapa pertanyaan simpel yang ingin saya utarakan disini.

    1. apakah sebelum menggunakan vario 125 kita sudah melakukan pemanasan mesin motor yang sesuai..?? saya kira memang perlu untuk melakukan hal itu dengan tujuan agar semua sensor dalam keadaan stabil sebelum motor diajak berlari… (biar gak ndut-ndutan). ya nggak usah lama2 lah 3-5menit cukup.

    2. cara mlintir gas apakah sudah sesuai dengan karakteristik motor injeksi yang notabene pengapian dan campuran bahan bakar diatur oleh prangkat elektronik.? cobalah jangan membuka/mlintir gas terlalu dalam ketika pertama kali menjalankan motor (terlebih jika motor dari keadaan mati dalam jangka waktu lama, misal pagi hari) .. slow aja.. jangan kayak pembalap kesiangan.

    3. bahan bakar (BBM) jenis apa yang digunakan ? sudah menjadi rahasia umum jika semakin tinggi kompresi, semakin butuh bahan bakar beroktan tinggi. Motor saya terdahulu juga memakai oktan RON 92 atau diatasnya meskipun kompresi masih dibawah vario 125. Meskipun lagi, pabrikan tetap membolehkan memakai oktan RON 88.

    Paling tidak, perlakuan ini saya pakai untuk vario 125 sekarang, dengan berkaca pada motor injeksi saya terdahulu yakini Yamaha Vixion. Hasilnya Vixion 2010 saya masih awet. Vario 2012 saya juga blom ada masalah, ganti busi aja belom. Tanya kenapa..??!!!

    akhir kata; meskipun motor benda tak bernyawa, cobalah untuk memahami mereka… apapun merk motornya. Semakin maju teknologinya, harus semakin bagus juga SDM yang menerapkannya di lapangan.. biar sinkron.

    Nyupir E class berbeda perlakuan dengan nyupir bis. Walau sama-sama Mercy’nya… heheheheeeee..

    Wassalam..

  21. Assalamualaikum wr wb…
    Vario 125 saya pembelian september 2012, masalah utamanya getaran di body depan terutama di batok depan sama tutup aki…lumayan kenceng! pernah compain geter di batok tapi hasilnya tetep juga, akhirnya di ganjel pake selotip, hilang! tapi jujur, kurang keren…servis ke dua di ahass daya bandung…abis servis tarikan enak, geternya malah nambah sama tutup aki! masih di biarin aja lah…belom ada waktu benerinya!
    ngendut n ngempos dah teratasi, udah ganti busi gratis soalnya, cuma memang sebelum di pake perlu di panasin dulu!
    ngorok ga terlalu kedengeran…lagian saya anggap aja karakternya begitu!

    • sama bro. Punyaku batoknya gak enak banget, pdhl dah kenceng semua murnya tp tiap lwt jalan gak rata, bunyi deh, glodak glodak glodak.. -_-

  22. 1.Nyendat.
    saya share sedikit trik yg saya pakai dn rekomendasi teman saya mekanik ahass …,kalo mslah nyendat it mmang urusan kompresi dn bahan bakar dgn kompresi 11:1 mmg hrus pke prtamx plus. Pada dasarnya mesin vario 125 it serupa sma pcx cm perbedaannya di ignition timing. After top dead vario 125 ad di posisi 15″ sedangkan PCX ada di posisi 12″ .Kalo service ke ahass bilang aja ubah after top dead nya jadi di angka 12″. Dan ganti businya sama punya CS 1. Dan ada baiknya memang menghindari konsumsi premium.
    2.ngorok
    Posisi roller disinyalir jadi penyebab suara ngorok. Roller Vario 125 dimensinya lebih besar dan lebih berat daripada vario tipe sebelumnya. Terdapat marking kuning pada salah satu sisi roller Vario 125. Awalnya sisi marking kuning tidak berhadapan. Jadi kalo service ke AHASS minta posisi nya diubah menjadi berhadapan. Lakukan hal yang sama pada ke 4 roller lainya,

    • mas masegner, sebaeknya bs dibantu upload posisi roller, jadi biar clear sekalian :)
      sy pemake vario 125i nov’12, yg dialami saat ini :
      – ngorok, ga terlalu kencang sih, cuek lah ga ganggu…
      – pakenya pertamax+, so far so good
      – start awalan rada nyendat, ini curiganya si honda pake taktik irit, otomatis warm up butuh lebih lama…
      – saya bukan penyuka merk ini, secara … well… kalo denger omongan/gosip temen2 ni merk rada2 deee hehehehe, cuman berhubung ni maticnya bodinya pas, akhirnya saya beli…
      dipake ya keluhannya diatas, tapi masih oke…ya ga masalah…

  23. thanks infonya saya yg juga pembeli vario 125 banyak kecewanya ketimbang senengnya. masak orang awam disuruh mikir sana mikir sini kalau gitu gak usah dijual mahal jual aja yang murah

  24. saya jga pngguna vartec 125
    nopol K 4567 TZ
    no mesin JFB1E-1050915
    no rangka MH1JFB111CK050639
    pembelian Maret 2012 bbm pertamax ron 92, busi ngk platinum CPR8EAGP-9,
    dri pmbelian sampai skarang 8000km,ada suara ngorok tpi prosentasenya kecil skali,smpai2 beres aja heran ni vario kog alus bnget,busi sampai skrang blum ganti,gjala ndut2an tdk ada gan,cma kalo pagi emng btuh 1-2 mnit manasinya..
    Bulan april 2012 seting klep in 0.10 ex 022, (karena terlalu irit mnurut saya) slang pmbuang panas yg msuk ke box filter di cabut, untuk d vario 110 slang hwa panas msuk ke ruang bkar sbelum filter,klo d vario 125 sesudah filter jdi asumsi saya kadng uap oli bsa masuk k ruang bkar lgi..trnyata malah enak tarikanya,msin lbih adem..roller substitusi suzuki skydrive 15gr.per cvt 1200rpm..
    sampai skrang enjoy gan gak ada msalah…saya bkan fbh ato apapun saya hnya konsumen..

  25. ak beli vario bln des,tetep ngorok tp dikit ce,, pd wktu mulai 0+60 an tp slnjutnya halus nyuzz..
    ak jg kcwa busi yg ktanya sharga 120r b an pun kandas,motor los power pd 3000kl,baru kmr ta ganti busi ymh vixion,huumm,,
    maxyus,brow harga cuma 25rb,nanti ane beri tahu kthan busi vixion smpai kilo mter brp,
    ok,

  26. bro endros# busi yg saya pke di atas jg spek untuk vixion sama jg untuk PCX 125, smpai skarang 8000an km blm ada gjala ndut2an bro..

  27. Saya baru saja membeli (28 Januari 2013) Vario Techno 125 PGM-FI di Astra Bantul. Saya sudah curiga setelah setelah saya coba kendaraannya di rumah. Suara mesin atau mungkin suara di radiator NGOROK, besok harinya saya komplain ke pihak Astra nya kemudian dibawalah kendaraan saya ke ASTRA Jombor Yogyakarta. Setelah saya tanya ke pihak teknisi katanya ada penggantian pada “GIGI Timing” nya. Apa menyelesaikan masalah setelah dilakukan pergantian spare part tersebut? Ternyata mengecewakan sekali sob. Suara ngoroknya masih saja. Saya sangat kecewa sekali, rencananya hari ini saya akan komplain lagi ke pihak ASTRA nya…

    • Astrea Star thn.92 ane jg maknyus smp skrg :D ane pk astrea star 92,legenda 2003,vario 2008, maknyus :D apalagi RR 2011 ane :D joss pisaaan

  28. Salam kenal,
    Saya beli Vario125 di bulan November 2012 (Nopol B 3222 SHE, putih).Pada mulanya, setelah membaca di beberapa blog tentang banyaknya keluhan2 dari para vario125 oleh para pengguna vario125, saya jadi agak keder dan waswas juga. Gimana nggak?! Ni motor baru jangan sampe ngasih masalah.Saking penasarannya saya selalu menyempatkan diri untuk ngobrol dengan
    sesama pengguna vario125 yang saya temui di pencucian motor dan SPBU…duh!! keluhan mereka macam2, tapi sebagian besar mengatakan “masalahnya pada busi!”. Ada juga beberapa pengguna vario125 lainnya yang mengatakan bahwa motor mereka fine-fine aja.

    Sehari-hari motor saya pakai sebagai transportasi ke tempat kerja.Saat ini odometer di vario 125 saya sudah menunjukkan angka 5162. Alhamdulillah…sekali pun belum pernah mengalami masalah; busi belum pernah ganti, tidak ndut-ndutan apalagi sampai kehilangan power.
    Well…ada dua hal yg tidak saya sukai dari motor ini; mutu MATERIAL BODI sangat jelek dan JOK suka terbuka sendiri.
    Masalah jok ini saya atasi dengan cara memotong batang plastik yg menempel pada besi cantolan jok, sekarang udah nggak pernah terbuka lagi.

    Bisa jadi vario saya merupakan 1 diantara 1000, he…he..he. Atau juga bisa jadi karena riding style dan perlakuan yg saya berikan pada motor sedikit berbeda:

    – setiap pagi motor saya panaskan selama 5 menit.
    – BBM ron 95.
    – oli mesin ganti setiap 1500km (bukan MPX)
    – Top speed?! Belum pernah ngetes. Di jakarta sulit mau dapat top speed, tapi saya sering kalau lagi lewat di jalan Asia Afrika geber sampe 90. Kalo dilihat dari sisa gas mungkin vario saya bisa mentok di 110 – 115 km.

    Mengenai masalah-masalah yg ditemukan para pengguna vario125, terutama yg bisa membahayakan pengguna, maka sudah menjadi kewajiban AHM untuk memberikan solusi.
    Jika memang ada tak perlu kalian malu memperbaiki kesalahan!

    Salam Bikers!!!

  29. saya membeli vario Plat no. B3783 BRP sekarang sudah KM 1380 masalah ngorok dsb gak pernah saya alami malah nih motor stabil and top speed 120 km/j, sudah dimodif macem2 sebelumnya saya punya yamaha mio dan yamaha vixion (B3741 bbz) secara review keseluruhan honda tetep paling ok, Mio dan vixion saya belum dipakai sudah karatan smua keliatan kalo partnya kacangan belum lagi vixion dipaki baru 3 bulan komstir sudah kena…dikomplain harus ganti komstir baru dan bayar pula………akhirnya vixion saya lego beralih ke honda lagi…….

    VArio 125 saya bensin pentamax gak pernah ganti busi oli bawaan dari AHASS, jok dulu sering buka sendiri setelah beberapa lama(karetnya bantalannya sudah lentur kale) sekarang tidak sama sekali.

    Awal naik motor saya sudah pake honda GL 100 trus ke GL pro neotech 9, pindah ke tiger 2000 lari ke mio vixion balik lagi ke Vario.
    sampai sekarang tetep puas ke honda walau untuk variasi sedikit susah drpd motor yamaha(ampe sekarang variasi vario 125 terbatas).

  30. Beli Vario 125 seminggu setelah Lauching Maret 2012, memang awal awal seperti gejala loss power, tapi segera diganti dengan busi yg lebih dingin Denso U 24 atau NGK CPR 08 gejala itu hilang, setelah bulan september AHM menganti busi resmi free off charge dengan Denso U 27 atau NGK CPR9 … jadi tidak usah dibesar besarkan juga ngorok saya rasa biasa aja ngak ada yg aneh yg penting tidak mempengaruhi performance… kesimpulan saya sangat puas dengan Vario 125 kalau ngak puas silahkan beli merek lain aja….

    • Betul boss…setuju..ini baru bener…saya juga owner Vario 125..km..3000 lebih lom pernaH ganti busi..nga ada tuh yg namanya ngorok,..ndut2an…malah..manztab…saya juga puassssss…dengan tunggangan saya VARTECH 125…

  31. ane pk vertech kluaran bln februari 2013…ngoroknya parah bnget….dah cb ke ahass katanya ciri khas vertech…vertech parah bngeeet…mekanik ahass jg ga ngerti cara ngatasinya krn ga ada perintah dr AHM katanya…..jdi ga brani kutak katik mesin nya

  32. Saya pemakai vario 125 keluaran 2013 bulan februari,

    Selama ini saya pakai, ngorok masih sangat terdengar keras,
    Dan penyakit loss power sering terjadi di saat saya manuver dan membuka gas agak dalam,

    Mohon pencerahannya, jika ada yang sudah bisa mengatasi masalah loss power ini.

    Thanks

  33. mas bro mau nanya donk kalo ada bunyi nging di bawah jok vartech 125 pgmfi tuh knp ya? abis pasang angel eyes n saklar buat mati nyala lampu utama jadi timbul suara nging di bagian bawah jok blakangnya. sebelom pasang variasi begituan ga ada muncul suara nging tersebut.. ada yg bisa share ato kasih solusi? thx b4

  34. vartech saya keluaran Maret 2012, 6 bulan pemakaian pertama gejala ngempos sama loss power,
    setelah servis berkala dan ganti busi loss power hilang sampai sekarang tapi gejala ngempos masih ada bila mesin masih dalam keadaan dingin dan ditambah getaran yang cukup kuat saat putaran awal,
    ketika saya coba vartech 125 milik teman keluaran bulan september gejala ngempos sudah tidak ada
    rencana sih coba mau ganti busi yang ngk cpr9ea-9
    nb : ganti busi sudah pernah dilakukan selama 1 kali saat kurang lebih mencapai km 2000,

  35. motor ane vario keluaran januari 2013, masalah ndut2an emang ane alami tp cuman klu sebelum pemakaian gak dipanasin. Ane saranin tiap kali mau pakai panasin dulu 2-3 menit aja dah cukup.
    bahan bakar ane campur premium-petamax. Sejauh ini pke ngebut aman terkendali.

    • Permisi boss AMI, mau share juga nih .. tetangga sebelah rumah pake vario125, kendalanya lampu injeksinyaa kedapkedip .. setelah itu ga bisa di starter by hand maupun kick.. lalu langsung dibawa ke ahass terdekat .. kata teknisinyaa injeksinya kena “VIRUS” (ane baru denger nih motor bisa kena virus) .. pernah ada yg ngalamin juga ga yaa ? Solusinya di reset doang .. dan biaya cuma 10 rb .

  36. Vario saya baru datang 4 hari yang lalu, keluaran april 2013 dan masalah2 seperti ngorok, ngempos, power standar dll. Saya sudah membandingkan dengan 3 motor vario 125 teman2 saya dan ketiganya tidak bermasalah seperti vario saya padahal produksi 2012

  37. Saya beli Vario 125 Desember 2012, masalahnya sama: bunyi ngorok, busi cepat mati & tersendat2…
    Tapi saya pelajari karakter umum motor injeksi, kesimpulannya setingan injeksi utk bahan bakar vario 125 kebasahan/keborosan(sy pengguna Premium). Awalnya melalui beberapa uji coba akhirnya busi cocoknya pke CPR6EA-9(tipe panas), klo dipikir secara logika ada benarnya..klo seting injeksi kebasahan otomatis mesin jd terlalu dingin, tentunya bikin pembakaran yg pas butuh waktu sampai pada tempratur yg sesuai.Sejak ganti busi itu sampe sekarang gk pernah mati tuh busi.
    Tp dg catatan: sy jg menambahkan alat tambahan di kabel busi & Tangki bahan bakar.Di kabel busi sy ksi tambahan 3 buah ferit magnet merk TDK, sedangkan di tangki sy masukkan alat Peningkat Kualitas+Penghemat BBM merk BROQUET/BRQ.
    Intinya, sejak mengganti busi tipe tsb&menambahkan 2 jenis alat itu busi gk pernah mati lg& gejala tersendat hilang.
    Tp saat ini ada pilihan lain, busi tetap ganti tipe panas seperti diatas& ganti koil merk PROTECH yg tipe Hi-performance. Cukup ganti busi n koil ini hasilnya JUOSS GANDOSSSS!!!Power motor terasa beda bgt, mulai tarikan awal yg lebih enteng dan Top Speed yg mudah diraih. gejala tersendat Raibbbbbb bin hilang! Bedalah pake koil racing sih heheheee….apinya gede,bkin pembakaran makin sempurna, menutupi setingan injeksi yg kebasahan :)
    Koilnya murah koq, cuma 275rb.Busi cm 12 ribu…total gk nyampe 300rb solusi udh didapat ^_^
    Trus, utk bunyi ngorok…kipas pendingin radiator saya copot sendiri & sy bikin lubang memutar di bagian tengah jumlahnya 6 buah diameter 1cm (letak lubangnya seperti di kipas PCX125), karena gk punya bor sy lubangi aj pke solder hehehe…. yg penting ntr sisinya dirapiin pke pisau cuter…begitu sy pasang kembali dan dicoba, hasilnya suara ngorok hilang…klo di jalan pas ketemu pengguna vario 125 lain, sy suka senyum2 sendiri soalnya beberapa dari mereka vario nya terdengar ngorok sedangkan punya sy suaranya senyap tanpa ngorok & punya sy powernya lebih ngaciirrr, hehe…

  38. Sy user v125 dgn plat nmr B 6853 CUS,v125 memang bnyk masalah spt ngorok,ngempos,cat gampang kelupas,parameter bensin error dll.
    Sbg org awam dan ekonomi pas2an jelas ga mgkin sy hrs menambah/mengganti part2 mtr utk mengatasi masalah2 tsb. Stlh membeli produk sehrsnya konsumen ya tinggal memakai tnp dipusingkan mslh pd mtr,boleh pusing tp kl kerusakan wajar krn umur pemakaian bukannya msh baru udh ada masalah pd mtr.
    Sebaiknya honda meRECALL v125.

  39. saya punya vario lama setelah buka saringan karbunya ,, knpa motor saya suka ngegas sendiri ..??? ada apa dengan vario saya ..??

  40. sudah ganti busi yg khusus(kty org ahass) buat wtf, motor saya tetap sj ngempos waktu dingin,lari cm |00 km/jam(mentok),mumet ngrasakne VARIO,vario ane bln februari nmrmu belinya

  41. bener tu. ane di kasih tau temen ane kalo mau beli Vario jangan tahun 2012. tunggu yang tahun 2013. (berharap lebih baik dari yang keluaran pertama) eh. ternyata tetep gak da perubahan. masih ngorok dan yang bahaya itu tadi ndut2an n ilang (seperti yang dibilang tadi “Power Loss”. cuma untuk masalah ndut2an bisa sedikit teratasi dengan “Sabar menunggu” beberapa detik sampai suara mesin normal waktu dihidupkan. ndut2an jarang terjadi bila awalnya mau “Sabar Menunggu”. tapi klo Power Loss n ngorok tetep ada.

  42. semua tergantung perawatan dan perilaku pribadi masing2 pemakai, ane sendiri jujur memang ngorok di vario 125 memang sangatlah susah di hilangkan, tapi klo soal ngempos itu ane g pernah ngerasain sama sekali, padahal vario 125 milik teman saya ngempos, entah karna perawatan setiap motor atau memang perilaku pemakainya, saya selalu rutin service vario setiap 3minggu- 1 bulan sekali, saya selalu bilang kepada mekanik hondanya untuk cek semua komponen, service ,ganti oli ( saya pakai motul ) , dan cek air radiator, karna saya ga mau sampai kecolongan kering air radiatornya biar suhu mesin stabil, saya pakai pertamax setiap mengisi, jarang pake premium, bukannya sombong, tapi klo kompresi 11:1 itu menurut saya terlalu tinggi untuk di pakaikan premium, jadi untuk amannya saya memilih pertamax atau pertamax plus untuk oktan yg lebih tinggi dan pembakaran lebih sempurna, karna lebih baik merawat kendaraan harian dan ringan ketika perawatan besar daripada menghemat perawatan harian dan berat di perawatan besar, semua tergantung bagaimana pribadi masing-masing, yang penting keep safety riding di jalan, keselamatan diri sendiri lebih utama. salam brotherhood

    • belom tentu mas,, mungkinmasih baru kaliii,,, cb ntr udah 8 bulan ke atas deh,, saya rasain gtuu.. saya pake shell v-power bahkan, ga mau pake pertamina jika udah kepepet tempat pom bensin sheel masih jauh tp lampu bensinnya udah kedap kedip br deh kepaksa pake pertamax.. kelistrikan motor saya konslet keqnya,, ga bisa lg di starter, saya rajin bahkan rawatnya setiap pemakaian 1500km lgsg service.. masalah yang saya rasakan adalah :
      1. paling menggangu adalah pas di gas rada tersendat2 di awal2 larinya, abis itu udahlancar lagi..bener2 gak nyaman
      2. masalah kelistrikan, skrg motor saya ga bisa di kick starter ga tau kenapa tiba2 td pas balik kantor nyalain teken kick starternya lgsg bunyi aneh lampu “check engine”kedip kedip.. lampunya langsung ngedroop cahayanya.. Fix keqnya Aki nya kena.. ga tau kenapa..
      Besok baru mau ke bengkel,, ngeselin abiz kl udah kayak gini.. saya dari dl pake yamaha bagus2 aja, dari Jupiter Z, ganti ke jupiter MX bagus2 aja,, gara2 udah kerja pengen yang santai yang matic tertarik vario jujur karena design nya bagus, dan cocok buat kantoran ga ngerusak sepatu pentofel..hahahaa

      sekian share dr saya…makasih

  43. saya sendiri pengguna vartek125 bulan6-2012,menurut saya vario125 ngorok,akibat program ECM/ECU yg sedikit kurang menyesuaikan timing(derajat) pengapian yg kurang advance n kurang menyesuaikan dgn kompresi ruangbakar dan oktan bensinnya,program ECM terkesan terlalu mengejar performa utk menaklukan performa standar skubek merk lain,terbukti walau banyak kekurangan disanasini tp vartek125 tetap banyak dipakai anakmuda/yg lainnya, karena performa dan desainnya yg lebih, menutupi kekurangannya disanasini,kalau saya pribadi utk mengurangi suara ngoroknya dgn cara menambah ring busi dr standarnya1 menjadi2,dgn cara ini kompresi diruang bakar berkurang,sehingga suara ngorok menjadi sangat berkurang,klu dipantau pakai takometer mkn ngoroknya terjadi pada………rpm saja,sehingga dr eksperimen ini saya menyimpulkan,suara ngorok berasal dr bantingan piston diruang bakar,akibat terjadinya pembakaran dini yg jg disebabkan kompresi tinggi diruang bakar,klu dimobil istilahnya ngelitik(pre ignitision)tp dimobil bensin yg belum menganut sistem EFI/VVT-I,/yg mensinnya msh menganut sistem pengapian platina,demikian dulu dr saya,selamat mencoba.

  44. Bro motor saya kok terasa greg grek, saat akselerasi rendah, itu masalah apanya? Tpi klu udah perjalanan kira kIra 40 KM udah gak kerasa, apa kemungkinan itu rollernya apa V beltnya? Makasih

    • Bro motor saya kok terasa greg grek, saat akselerasi rendah, itu masalah apanya? Tpi terasa sampai setang…. Tpi kerasanya cuma dkit….Tpi klu udah perjalanan kira kIra 40 KM udah gak kerasa, apa kemungkinan itu rollernya apa V beltnya? Makasih

      • vartek aku jg mengalami hal demikian,malah wkt stasionernya direndahin bunyi klek klek klek disekitaraku konsultasi sama mekanik Ahas katanya memang bawa’an vartek katanya,lalu aku punya ini siatif sendiri,aku buka bagian CVT disblah kiri,aku pelajari dulu apa penyebabnya,setelah aku pelajari,ternyata bunyi n getaran itu timbul akibat penahan rumah drive pulley yg berbentuk plastik fiber ada 3buah n diposisikan segitiga samasisi dr pabriknya telahterjadi jarak (cleareanc) yg cukup banyak terhadap penahannya/tempat tumpuan drive pulley tsb,sehingga tinbullah bunyi,bahasa kasarnya akibat oblak yg terlalu banyak,mkn klu baru jaraknya sekitar seper skian milimeter saja,seiring pemakaian n beban yg maksimal maka jarak tersebut bertambah,pernah aku bawa ke ahas aku tunjukin satu set drive pulley yg bermasalah tersebut dgn mekanik ahas,malah komen lohkok vartek125 baru sdh dibongkar bongkar cvtnya?dlm hati,”habis diahas ngak ada solusinya”cuma bisa bilang bawa’an mtrlah karakter varteklah,setelah panjang lbr aku jelasin pokok masalahnya,baru sangmekanik ngeh/ngerti,dia nyaranin 3buah plastik fiber yg diposisikan segitiga samasisi dilempeng penahan drive pulley harus diganti sbab jaraknya dgn batang penahan drive pulley sdh terlalu longgar,hrgnya sekitar 25rban,krn barangnya ada n murah langsung aku beli n pasang,ternyata hilang suara klek klek kleknya wkt stasioner,tp stlh 3bln dipakai timbul lg suaranya,trus aku pelajari lg utk dimodif sendiri utkmenyelesaikanproblemtsb,n berhasiltpagakribet kludijabarkandisini,lainkali sayauploudgambarmodifannya difacebook saya,biarsemuangerti,nah klu utkmenanganikasusgetar sampekesetangsewaktu vartek125maudiajak bergerak/dikecepatan rendah,syjgpnysolusi,mknmsh bsdimengertilahnya dijabarkan disini,caranyake6roller vartecdilepas/klungakmau ketukerposisimarka/lingkaran warnakuningdisalahsatusisi roller,dibongkarsatupasang satuistilahnya,nahdilingkaran kuningsalahsatusisidiroller tsbakutambahkanguntingan karpetygdibentukbulatcincin,trusdilemaibon,jgutkke6rollerlainnyajksdhtggalpasang.

  45. saya baru beli bulan 11/12. msh ngorok sih. tapi sekrg stirnya kalo mo belok kayak meleot (seperti ban kempes) pdhl ban ok2 aja. ada yg bilang komstirnya. apa emang begitu? pdhl tuh motor umur br 7 bln :(

  46. Vario 125 ane sudah berulang tahun, ngga’ ada ngorok”an, nda ada endut”an. manado-kotamobagu sempat top speed 120km/jam. masalah yg terjadi sekarang adalah pagi tadi (16/6/2013 pukul 5:30 WITA) waktu ane on kunci kontak, d starter tangan kaga hidup, engkol berkali-kali ngga hidup (standara samping udah di angkat). kira” menurut agan” d sini, apanya yg bermasalah ? (lampu dashboard menyala, sekring smuanya dalam keadaan ok)

  47. Ah gimana sih pade lu orang…. Pusing2 amet ngomongin soal kekecewaan… Namanya jg motor harian… Dipake ya pasti ada susutnye… Namanya jg buatan manusia… Orang aja bisa luka, buatan manusia apalagi, bro… Kl pengen awet & ga banyak masalah mah jalan kaki atau naek angkot aja, beres….

  48. to All : jangan terlalu fanatik borr!!!
    buka mata., jangan pandang sebelah mata., buka pikiran., tambah jam terbang tambah pengalaman., buka hati., pilih motor menurut kata hait., resiko tanggung sendiri.. hhe.. :d xx x salam dami dari kami :) x

  49. saya pengguna vario 125 keluaran april 2013, awal pke premium suka nyendat” dan sangat sulit mncapai top speed, lalu disaranin sama mekanik AHM suruh ganti busi, busi udh di ganti pemakain 2 minngu balik lagi nyendat” lagi, bawa ke bengkel ahm lain katanya mesti pake pertamax ato pertamax plus dan ganti busi sesuai pabrikan honda yang baru” ini memang di khususkan untuk pengguna vario 125 dg cara mengklaim busi tsb, dan alahsil vario ane aman” wae gk ada lagi nyendat bahkan suara yg awalnya ngorok jadi hilang dan sangat cepat mencapai angka 80 km/jam..top speed mncapai 115km/jam bahkan saat ane make ring 17 pelek TDR ER, top speed bisa mncapai 120km/jam… makanya bro” sekalian pake pertamax buat si vario 125 kalian….

  50. Saya Pengguna Vario 125 CBS ISS keluaran bulan juni 2013. Semua masalah yang agan2 sebutin bener2 enggak ada di vartech ene. Mungkin yang keluaran sekarang udah diprbaikin ahas gan.

    • variss ane jg gan belum ada masalah sampe sekarang, tapi krn banyaknya keluhan ane was-was n hati-hati pake variss ane jgn sampe kena kyk yang lain. mudah2an variss ane ngk termasuk gagal produk diantara yang lain..

  51. Jangan beli vario saya korbannya dapat motor ga beres baru 2 hari beli sudah masalah solusi dari bengkel cuma diperbaiki tidak diganti komponennya habis itu setelah beres baut baut tidak lengkap dan lecet lecet jadi niatnya beli motor baru tapi dapat seken jadi waspadalah semua rekan rekan daripada ketipu.

  52. seandai nya vario 125 sy mau sy ganti busi nya dngn busi beat injeksi,apakah harus d setting dulu injeksi pada vario 125 saya…….???
    tolong cepet d bales ya mas bro,,soalnya udh gk enak bngt nie vario 125 ane !!! :(

  53. saya pengguna varteck 125 beli bulan april tp ga ada masalah ampe sekarang buat tanjakan atau lurus bagus di adu sama metic lain jg mnang . .

  54. milik istri saya vario techno 125, baru 2th udah 2x ganti aki, WTF, yang terakhir ini baru beberapa bulan ganti aki skrg udah ganti lagi, WTF HONDA, btw ini kenapa ya ? q searching2 di google kayaknya cuma ane yang ngalamin masalah kya gini, perasaan pemakaian normal no modiv, apa gara2 pake BBM PREMIUM ? tolong pencerahannya dari AMI :)

    • sebelumnya apa ada pernah kena benturan keras, jika pernah berarti sama kayak vario saya, penyebab ngga bisa kebuka padahal kunci udah diputar2 tapi los ga nyangkut, itu artinya kunci jok terturun, karena posisi kunci nempel ama spatboard belakang, solusinya, mau ga mau harus nyungkil jok secara kasar agar bisa dibenerin itu kunci, dan naikin keposisi semula spatboard yg terturun.

  55. gk cuman ndut2tan n ngorok..baru 2hri beli aja jok suka ngebuka sendiri,,trutama lari kenceng atau jalanya kriting,,tanya montir selaluuu jwabanya ngawur gk nyambung..nyesel aq beli vario 125..pdahal tu hasil tbungan kringatq sendiri,,n prtama beli motor,,baru msu genap 10 bulan nie aq beli tu motor,,tpi masalah dah bnyak bngt,,bhkan plat no pun blum keluar,,pdahal aq beli cas,,montir2 nya pun payah,,,!!khususnya di di dieler honda singkawang kalbar tempat aq beli vario 125…nyesellllllllllllllll

  56. Saya mengalami hal yg lebih parah dari pada yg disebutkan diatas. Vario 125 pgm fi beli tahun 2012 mengalami masalah pada rem cakram depan. Sering ngunci tiba-tiba. Sudah bolak-balik ke ahas tapi tetep muncul lagi. Dan kemarin puncaknya ibu saya jatuh akibat rem yg tiba-tiba mengunci. Udah capek komplain, gak pernah bisa dibenerin, mendingan dijual saja motornya. Bikin masalah, naiknya juga gak tenang.

  57. Bro mo tnya ni kmrn ane bru gnti per CVT 1000rpm vario n roller 14gr pada vario 125 ane,,,trikannya pada putaran awal qo ttep lemot ya???n pada CVT nya da suara kya “klek,klek,klek” gtu,,,,,,pa tu gara2 rollernya atw per CVT nya 1000rpm milik vario 110 bro???mohon infonya bro mklum msih nubie hehehehe

  58. Bro mo tnya ni kmrn ane bru gnti per CVT 1000rpm vario n roller 14gr pada vario 125 ane,,,trikannya pada putaran awal qo ttep lemot ya???n pada CVT nya da suara kya “klek,klek,klek” gtu,,,,,,pa tu gara2 rollernya atw per CVT nya 1000rpm milik vario 110 bro???mohon infonya bro mklum msih nubie hehehehe

    • per cvt pke yg standarnya ja,,karet peredam yg berbentuk u diganjal plat tipis sampai pres dengan dudukannya ..dijamin hilang bunyi klek2..nya

  59. Saya punya vario 125 bulan 3 taun 2012 ,awal beli kalo ngorok memang ga bisa ilang tapi masalah lost power setelah di seting ulang sama ahas masalah teratasi kok ga usah ganti busi. buat geber saya baru mentok di 100 . memang dari 0-ke 60 agak lambat kalah sama mio tapi pas 60 ke atas kalau jalur kosong cepet tuh kita geber sampe 100

    • Masalah ngorok.ngorok. ganti kipas radiator pcx..
      Masalah ngempos .. ganti busi pake original honda cs1 , pake oli yang lebih encer . Ane pake ahm flicker matik

  60. bro gue tanya nie, gue punya vario thn 2013 awal, tiba2 mesinnya mati trus double staternya ikut mati, tapi kelistrikan lainnya nggk pa2, seperti klakson, lampu sein,..
    padahal posisi standar samping udah bener, sekarang gue tinggal dibengkel udh 2hri belum jadi,
    mungkin ada yang bisa bantu……..????????

  61. vario ane bln 3 2013,,g da mslh dng mesin,,klo ngorok dan cat body tipis memang harus diakui honda bahwa itu benar…utk mslh loss power dah g lagi,,yg jelas vario 125 memang harus warming up sebelum jalan dan itu perlu dilakukan apaila berhenti terlalu lama misalnya 6 jam lebih..itu untuk mengoptimalkan kerja sensor,,busi dah diganti sama honda dng type yg lebih dingin,,bbm pake pertamak lebih bagus karena ramah lingkungan dan menjaga kebersihan mesin(ruang bakar) tp klo gk bsa pke premiun jg boleh,g pengaruh bnyk sama perform mesin…

  62. Saya baru beli vario bulan september 2013, keluhan yang saya rasakan: 1. Masih ngorok di kecepatan rendah, 2. Saat tuas rem belakang ditekan ada bunyi tek tek tek yang cukup mengganggu

  63. saya beli vario 125 non cbs bulan agustus 2013.. gak ada cerita ngorok, …pagi2 hidupin motor panasin cukup 1 menit motor tokcer gak ndut2an (kadang2 panasin cuma 10 detik langsung jalan), selama pake skrg sdh berjalan 600km gak ada gejala loss power kalo dibesut, top speed pake pertamax 105kpj, kalo pake pertamax plus 110kpj ( rasanya bisa lebih). , cuma satu yang kurang, rem nya kurang pakem, beda wkt pake yamaha, rem nya nge gigit..Tp dan budget 15jt an dap skuter 125cc dengan desain keren dan fitur yang keren juga. Intinya saya puas……

  64. Saya pemakai vario 125 bulan agustus 2013..ga ada masalah,tu motor oke,mantap dibawanya,kalo ada kekurangan tu relatif.motor merek lain juga pasti ga ada yg sempurna,pasti ada kurangnya.kalo pun kekurangan honda vario 125 sepertinya jadi bahan perbincangan tu wajar karena honda vario sedang memimpin pasar.

  65. memang betul kata orang vario 125 bermasalah,dan masalahnya bukan satu atau dua tapi banyak masalah , tadinya aku nggak percaya setlh aku beli vario 125 thn 2013 yg baru aku pakai sekitar4 bln maslah mulai timbul – 1 bunyi aneh di gardan stlh dicek oli gardan tercampur air radiator – 2 digital petunjuk bensin susah menujukan full walau tangki udah full- ya ahm arus besar diri menghentikan produksi sementara, krn sangat merugikan konsumen (tolong diperhatikan oleh ahm)

  66. Ane punya vario techno125 fi udh nempuh jarak 1800km,tapi gak ada masalah,top speed 120kpj,padahal semua masih standart,cuma ane pkek shell vpower

  67. Ane pake vario 125 cbs iss ngorok nya ilang power nya enak bensin cuma pertama tama pake pertamax tapi sekarang pake premium terus,suara halus dari putaran rendah hingga tinggi

  68. Masih benar” ngorok + getaran dari body motor smpai k stang kemudi . Baik d putaran awal maupun akhir ,
    Montir honda sudah d komplen , masih suka” buatnya .
    Gmn bro ? Cara hilangkan getaran tersebut ?

  69. Pertama mau beli vespa yg baru, eh setelah lihat reviewnya ngeri juga lihat ada barang baru gear nya udah karatan. Gw pikir mahal musti berkualitas. Ternyata gak selalu juga.

    Mengalihkan pilihan ke vario WTF…Eh lihat banyak keluhan kok jadinya urung niat ane buat beli. Gw yakin yg nulis ga sekedar BC tp pengalaman mereka.

    Trus gw mau beli yg mana ya….

  70. apakah panas mesin sampai tangki bbm,, sebab setelah dipakai dan di raba d tangki bbm berasa panas malah sampai ke handle belakang,. normalkah ??

  71. Tks infonya,sy bAru cari info mengapa honda beat f1 baru beli 2 bln sdh sering sekali macet saat jln,,bener jelas membahayakan pengendara ,mengapa honda tdk peduli..kmrn saya marah marah di ahas krn motor yg macet hanya disuruh ninggal utk dicek

  72. Engga ah.. Vartech ane engga ngorok kok.. Kompresi 11: 00 itu emang makanan nya pertamax.. Kalau 9:00 emang makananya premium.. Ane ganti busi iridium malah makin enteng tarikanya..
    Ane dari awal engga pernah isi premium..
    Kalau emang masih mau pake premium ya nyari nya kompresi 9.. Jangan pake kompresi 11..

  73. Vario iss ane jg gak kenapa2 tuh, kompresi vario emg tinggi 11;1, pake pertamax / RON 92 pun jg menurut gw gak enak, berat dan berasa agak ngempos. Skrg pake Shell V-Power, oli mesin ganti Shell Advance AX-7 Scooter, nggak ada kendala sama sekali,mesin pun getarannya berkurang, emang gak bisa ngebetot gas sih, buat sampe ke 105km/jam mesti ngurut gasnya. Pasti ada plus dan minusnya lah tiap motor, buat gw vario iss udh pas. Tips ane pake bensin RON95,plus ganti oli yg sama merknya.

  74. ane udh pake vartec 125 setahun, loss power alhamdulillah belum pernah,…klo ngorok n ndut ndut an sering,…..ngorok terutama klo pas lgi cekak ga kuat beli pertamax,….makin kenceng tuh suara ngoroknya,….klo pke pertamax agak halus,…tapi yg ane heran knapa tiap habis ganti oli suara ngoroknya makin berasa yah,…oli yg ane pake masih bawaan AHM MPX2,..karena masih gratis ganti oli,…klo udh bbrapa hari ganti oli bru alus lgi suara ngoroknya,…ndut ndutan terutama klo mesin baru2 nyala,…diputer gas dikit ngempos bukannya narik,…abis itu ane tarik dikit doi malah kelewat kenceng kaya kuda ngamuk,…suka ngagetin,…biasanya ane akalin klo udh ngempos gtu,…ane biarin dlu bbrapa meter jalan pke tarikan gas yg sama spt saat ngempos,..abis tu tarik dikit,…biasanya nyentaknya cuman dikit n normal lgi tarikannya,…ada saran dri suhu suhu sekalian? oli yg recomended apa yah gan?trus patokan ganti oli itu berdsarkan jarak tempuh (brapa KM?) atau parameter waktu (tiap berapa bulan),..thanks

  75. gw baru beli vario tanggal 26 oktober 2013 dan baru jalan kira-kira 500km. setiap berhenti dan mau jalan lagi, mesin terasa bergetar terus dan suaranya agak kasar. bensin pake shell super apa kurang mahal bensinnya?? ada yang bisa kasih saran, kayanya kalo bawa kebengkel honda gak ada jalan keluarnya nih. tolong saran dari agan2 yang sudah penah mengalami? kalo begini caranya terus bisa menyesal membeli motor honda techno 125

    • coba nt pke per kopling beat bro..katanya sih berhasil…
      klo mw coba yg gk modal coba atur gap businya bro sambil dirasa-rasain..ane sih dah coba atur gap dan lumayan lah…

  76. Trima kasih mas bro untuk informasinya, motor vario 125 saya barusan mati pet gak mau distarter, untungnya pas di rumah. Baru kali ne ngrasain motor baru kwalitas palsuuuuuu……

  77. Numpang nimbrung….
    Ane baru aja maret 2013 beli tunggangan jepang merek honda klasifikasi vario teckno,,ampun dah baru ane gunain 10.000km maslah muncul bergantian,mulai tenaga ngempos,busi sering mati,ngebrebet,ngorok kaya bapak ane pas tidur ditambah lagi tunggangan yg satu ni skrng dr bagian gerbox mencerit2 alias kemlotak.gmana dong???tanggung jawab ke costumer mana??ditambah lagi biaya servis yg mahal..masak service ma buka gear bok trus di sembur pake kompresor aja 75) jasanya,blm busi ma oli yg tiap 2000km hrs ganti..bangkrut klo begini trus boss..service kalau beres gitu gpp,lha ini servis tp kemlotak di gearbox tetep ada.kesimpulan ane tukang servis alias mekanik blm handal.klo cuma kemlotak trus disembur ala kompresor aja,tukang tambal ban aja bisa dong.bener gak boss???

  78. Gue tinggal dijaksel pernah jalan jauh mulai dari rangkas bitung, sukabumi, bogor, sampai bangkalan madura modal beat karbu tahun 2010 itu pun duit paspasan
    disitu gue merasa begitu luasnnya pulau jawa, hutan, gunung ,pulau dan hamparan kosong.
    gue servis ringan aja jarang, terakhir 2010 itupun yg gratis doang… ganti oli,bersihin saringan udara gue lakuin sendiri…bensin ya premium

    Pertannyaaan gue buat motor injeksi adalah

    1. Seandainya motor injeksi mati Jalan ditengah hutan / perkebunan karet / perkebunan sawit / diatas gunung / daerah terpencil dimana bengkel resmi tidak menjangkaunya…
    sedangkan bengkel umum tidak bisa memperbaikinnya,,, WADUHhhhh,,???
    2. Harga Suku cadang mahal dan belum tentu ada dibengkel resmi,, itupun hanya dikota besar,,, Harus bagaimana????
    3. Niat ngirit ??? ,,Masa sihhh,,Kenapa kita harus dipaksa pakai pertamax????,,, Kalau mobil aja masih banyak yg pakai premium ???
    4. Kalau mogok bisa kebengkel terdekat kalau (Motor Karbu),, kenapa harus bengkel resmi kalau (Motor injection) yang mungkin jaraknya puluhan kilo

    Mungkin untuk pemakainan diperkotaan tidak mejadi masalah,,, namun ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh sebaiknya dipikirkan lagi jika hendak menggunakan motor injection

    Salam

  79. pengalaman dgn vartech125i saya dan semua kawan2 saya yg pake vartech125i, masalah timbul setelah 10.000km, di gas ndut2an km10, handling buang kanan dan kiri, tidak nyaman lagi dikendarai, sdh di bawa ke ahass sana sini jawaban tdk menyelesaikan masalah, sudah ganti busi jg tdk bertahan lama, bahan bakar pertamax terus

  80. Ane pake Vario 125 CBS sejak Juli 2012 gak ada masalah tuh sudah sampe skrg januari 2014 sdh jalan 18.600 km aman2 aja, sampe skrg gak pernah ganti busi yg masih original dari dealer hanya baru 2x dibersihkan, belum pernah mati mesin saat mengendarai, rata2 1x starter langsung hidup sangat jarang skali starter sampe 2x baru hdup, klo ndut2an ya bialasah pagi atau malam mesin masih dingin tanpa pemanasan dan langsung jalan sesudah start terjadi ndut2n pada speed konstan 40km/jam sampe sekitar 300m dan selanjutnya oke2 saja, klo speed dibawah 40 atau diatas 40 sampe jalan dari start sekitar 300m tidak terjadi ndut2an sampe sterusnya, klo ada pemanasan 1 menit hampir tdk ada masalah ndut2n. kesejariannya kecepatan rata2 skitar 60 s/d 80 km/jam dgn bbm premium aja.

    Ke servis Ahass sejak beli hanya 2x dan selanjutnya gak pernah lagi, karena ane kesal sama manajemen menerima anak2 STM praktek lapangan di ahass tanpa dibimbing oleh teknisinya, hampir 50% tenaga teknisi digantikan oleh siswa praktek, mungkin jg penghematan biaya operasional ahass sehinga quality control yg sering loss, akhirnya ane service di bengkel dkat rumah ane, dan mengikuti buku manual pergantian saringan udara, oli mesin/gear. hanya busi yg belum sempat ganti karna belum ada masalah, belum pernah tune up injeksi dan masih bersegel.

    ngorok ya relatif bila dibandingkan matic lainya, lampu head lamp baru mati sebalah pd 16.000 km

    klo test bbm premium dari speedometer 0km s/d 755km menghabiskan premium 13,22 liter jadi rata2 perliter = 755km / 13,22 liter = 57,1 km/liter

  81. mas, mau nanya vario CBS saya tahun 2010, udh 19000 km, masalahnya pada saat boncengan melewati polisi tidur atw gundukan ada bunyi hentakan “jeduk” sperti suara sok yg mati, kemudian saya membawa ke dealer dan mengganti sok belakangnya, tetapi tetap saja suara itu masih ada dan gak ada perubahan, terasanya saat ban belakang memantul saat lewat polisi tidur atau gundukan, saya membawa kembali ke dealer menanyakan hal ini, tetapi belum ada solusinya, tolong dibantu ya mas, siapa tau ada yg pernah mengalami seperti ini. trims :)

    • para owner vario 125,sy pengguna vario 125 bln 8 th 2012.dan kilometer sy udh 31rb.kebanyakan touring :).sy disini mau berbagi pengalaman.katanya dl klu mau naik gunung hrs ganti mode,itu tdk perlu krn klu sy touring tmn2 udh ke pegunungan beberapa kali,g.bromo,g.ijen,g.kelud,trs ke danau sarangan,cemorosewu udh semua.kebetulan sekali tmn2 di komunitas sy (surabaya) vario mereka tdk ada yg merubah modul.tanjakan dilahap oleh vario ini.perubahan yg di motor kami cuma di sektor cvt dan ganti kipas vario 110,selang hisap injection diganti agak gede.insyaallah ngorok atau kehilangan tenaga bs teratasi.klu pengen tau lbh lanjut dpt hub sy via whatapp di 082225259556.senang sy berbagi,salam satu hati dr surabaya

      • saya juga pernah mendapat saran, kalo kipas diganti dengan kipas pcx125/pcx150 suara bisa lebih halus..
        kalo masalah dengan kehilangan tenaga vario 125 itu kan 11:1 memang porsinya pertamax.. selama saya pakai pertamax tidak ada keluhan kehilangan tenaga

    • saya juga baru saja mengalaminya.. dan kata mekanik yang gak tau itu mekaniknya terlalu pintar atau bagaimana,,, katanya “itu dari pompa bensinnya.. kalo gak ada bunyinya, berarti pompa bensin gak jalan terus motornya mau gak hidup(mogok)”….
      suara yang mirip dengan suara saat posisi kunci kontak,, yang pada saat motor dihidupkan masih terdengar terus.. saya juga belom menemukan solusinya…

  82. saya beli vario techno bulan juni 2013
    sudah beberapa hari ini mesin tiba2 mati di tengah jalan pada saat kecepatan tinggi,dan sudah bbrapa kali juga hampir tertabrak karena mesin tiba2 mati itu.saya bawa ke bengkel,dan diganti oli pertamax(sesuai saran mekanik),sempat lancar di awal tp ttp saja bgitu,saya smp nyesel bl motor ini,blm ada setahun sudah bermasalah

  83. motor vario 125 injec saya padahal seminggu kemaren service dsn motor skarang bunyi deg-deg saya balik lagi ke ahas untuk service kata ahas harus turun mesin ganti stang seher motor saya baru satu tahun

  84. ga perlu saling berdebat… sebenarnya semua masalah pada vario 125 gampang mengatasinya.. contoh untuk masalah brebet bisa diatasi dengan merubah setelan klep agak renggang dari speknya terus lakukan reset altitudenya…

    • betullll…. semua itu sudah hasil pemikiran, dan beberapa kali penelitian dari AHM dan lisensinya. ko banyak komen si, ngeluh si ngeluh ! tapi jngn menjelek2an bro…

  85. Loss power..alkisa seperti sahabat ku..dia mau nyalip mobil di depannya…na as dtenga2 dia khilangan power alhasil dia tertabrak mobil dr arah depan…slamat tinggal kawan

  86. saya masih menggunakan astrea grand 95, sampai kini masih oke oke aja…..kayaknya vario semakin canggih semakin banyak keluhan aneh aneh

  87. Gan mtr ane ko akhir” ini gasnya suka gg mau turun sendri yy mlahan bisa jl sendri ampe kcepatan 20km lebihh itu apanya yy gan mon kasi pencerahannya dunk…?
    Maksi sebelumnya

  88. Sudah waktunya honda recall vario 125 pgm fi.jauh dr kata layak dan nyaman.dr 100km dah trobel…..sebulan 2kali ganti busi.servis di ahass 2hari mulus,habis itu bergetar……masa spidometer 19rb dah mau ganti cvt,roler,vbelt???????cacat lah produk ini……..

  89. Vario w hilang power waktu kena lobang kecil yg lebih tragis waktu nanjak mau k puncak ….. Sudah d tanganin sama kepala mekanik’a akhirnya dy nyerah juga dan terpaksa dari puncak harusdi naikin ke mobil

  90. vario 125 pgm fi saya baru 6 bln pake.mogok total.kata mekanik ahhas sensor injektor rusak.dah gitu ga bsa di klaim.part injektornya inden 3minggu hatus bayar beli injektor 150rb.motor dah 1bln dibengkel.masih blm dateng injektornya.mpe bosen nanyain….nyesel bgt beli vario pgm fi 125…kampret

  91. Mohon pencerahannya vario ane maret 2012, bru kena penyakitnya skrg 2014. penyakitnya ya itu, ndut2an, loss power, bahkan klo gas mendadak kadang suka mati kya mtr keabisan bensin. pdhal sebelumnya ga ngalamin apa? sudah ke ke AHASS beberapa kali, ke bengkel biasa jg udah, tp masih belum terselesaikan. solusi awal mekanik adalah saringan udara dan penggantian busi, ternyata? masih tetep. apa busi nya ga cocok atau dr apanya? klo pun iy busi ga cocok, lantas busi apa yang bisa menyelesaikan masalah? busi yg dipakai saat ini NGK CPR9EA9 (atas saran mekanik Ahass). mhon pencerahannya para agan-agan yang terhormat. mohon solusinya yg akurat dan serius ya, thx. ditunggu

  92. saya penguna vario 125 th 2013 pemakaian baru 8 bulan, km sudah sampai 20.000 lebih dikit, pk masalah yang pernah saya alami :
    1. bagasi pada jok suka kebuka sendiri, pada saat motor berjalan pada kondisi jalan yang bergelombang , motor saya sering kebuka sendiri jok nya. Solusinya ganti per yang ada dibawah jok pada saat mengunci dengan per yang lebih kaku.
    2. reflektor lampu meleleh karena diganti lampu aftermarket osram yang allseason, bisa terjadi karena bahan bahan plastik yang digunakan sebagai reflektor kekuatannya bda dengan motor motor pada umumnya sehingga tidak bisa menahan panas yang berlebih. Solusinya karen audah meleleh dan ga bisa dipasang lampu lagi, saya bobok aja reflektornya trus saya ganti menggunakan luxeon yang 20 watt.
    3. tenaga motor kurang greget ga bisa diajak stop n go. Solusinya saya cman main di sektor cvt aja part yang diganti pun cmn per cvt 1000rpm sama roller punya skydrive 15 gr. Pertama ganti akan langsung kerasa perbedaan nya gas akan terasa berat dan digas sedikit motor udah langsung ngacir.
    4. filter udara yang cepat kotor, trus setiap servis disarankan harus diganti, sempet sebel juga kenapa belum sampai 3000km filter udah disarankan diganti, ternyata pas diliat emank tu filter ada perekatnya kaya oli jadi debu emang nempel terus, nah kalo tempat kita misalnya jalanannya banyak debunya masa harus sering sering diganti ? Solusinya karena udah bosen gonta ganti filter yang harganya 45 ribu, akhirnya ane bobokin filter lama ane trus saringannya diganti pake bekas mobil yang aftermarket , dibikin kaya model ferrox versi murmer nya…
    5. Pertamax mesin lembut, Premium mesin kasarya itu mah emk dah dari sono nya mesin uda di kasi kompresi tinggi jadi mau ga mau kudu make pertamax kalo pengen suara mesin ga terlalu ngeraung raung. tapi bagi yang masi menggunakan premium disarankan lebih hati hati karena vartech 125 punya temen ane tba tiba mogok karena kesumbatnya saluran bensin yang menuju ke injector karen dia make premium terus dari awal beli, ya klo masi make premium lebih sering dicek aja.
    6. Busi vartech 125 cepet minta ganti, balik lagi sama kompresi tinggi tadi sih, kompresi semakin tinggi otomatis mesin semakin panas dan komponen pada busi juga semakin cepet ausnya jadi kerasa sering nembak gtu padahal belum sampai 5000km. Solusi coba make busi denso iridium iu27 saya pakai udah 10000km masi yahud belum ada gejala nembak.

    paling cman segitu masalah masalah yang ane temuin selama ane make vartech 125 ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu….thx

  93. kang kemarin vario 125 saya diganti lampu senja nya pakai lampu led
    keluar asep dari soket lampu nya
    terus stater, klakson, sein, spido meter ga bisa nyala
    tapi kalo di kontakin nyala injektor nya dan bisa maju kaya biasa, tapi dengan keluhan seperti yang saya sebutkan.
    kira kira kenapa yah?
    dan ada yang harus diganti

    #terimakasih

  94. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu
    ane pengguna Vario 125 FI tahun pembuatan 2012 warna Orange punya kendala juga, masalahnya sering ngempos” bgitu kalau ga dipanasin, terus sama bola lhamp jg sering di ganti karena hangus, mohon petunjuk sama agan” agar ga ngempos” lagi sama ga ganti” bola lhamp, oh iya motor ane udah 2th tapi masalahnya hanya dua jenis tuh.
    wasalam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s